4 Kerajinan Dari Kain Perca Yang Wajib Anda Tahu

Kain perca merupakan kain yang berasal dari sisa produksi pakaian, tas ataupun sandang lainnya. Meskipun memiliki asal dari kain sisa, namun kain ini ternyata banyak manfaatnya. Kerajinan dari kain perca adalah salah satu bentuk kerajinan yang terbuat dari potongan kain yang telah tidak terpakai lagi. Melalui tangan-tangan kreatif, maka kain tersebut disulap menjadi sesuatu yang berharga. Berikut adalah beberap jenis kerajinan tangan yang terbuat dari kain perca.

Berbagai Bentuk Kerajinan Tangan Yang Berasal Dari Kain Perca

  1. Boneka

Boneka merupakan salah satu hasil kerajinan tangan yang berasal dari kain perca. Untuk membuatnya, anda memerlukan referensi gambar, kain flanel yang berwarna-warni untuk hiasan, kain perca sesuai dengan yang anda butuhkan, lem tembak, dakron untuk isian boneka, jarum pentul, alat tulis dan gunting. Anda bisa membuat polanya terlebih dahulu lalu menggunting dan menjahitnya sesuai selera.

Kerajinan dari kain perca ini bisa anda gunakan sebagai pajangan di kamar ataupun ruang tamu. Selain itu, boneka ini juga dapat diberikan sebagai kado untuk orang yang anda sayangi. Dengan menggunakan kain perca, maka tentunya boneka ini bisa untuk anda buat sendiri sehingga akan terasa lebih eksklusif.

  1. Bros Bunga

Bagi anda yang sering menggunakan bros, ada baiknya anda juga mulai mencoba untuk membuatnya sendiri. Dengan memanfaatkan kain perca, maka anda bisa menggunakan bahan-bahan sisa kain yang tidak terpakai dan membuatnya menjadi sebuah bros yang indah. Keuntungannya adalah anda tak perlu mengeluarkan biaya yang lebih untuk membeli bros. Anda hanya tinggal menjahitnya dan pastinya anda bisa untuk memiliki bros yang cantik.

  1. Keset

Salah satu jenis kerajinan tangan yang terbuat dari kain perca ini merupakan jenis kerajinan yang sangat bermanfaat. Selain berfungsi untuk mengurangi sampah kain yang terbuang, keset yang terbuat dari kain perca ini akan berguna agar ruangan anda tetap bersih. Selain itu, anda pun dapat dengan mudah berkreasi dan membuatnya sesuai dengan keinginan anda.

  1. Tas

Selain ketiga barang diatas, kerajinan dari kain perca selanjutnya adalah tas. Kain ini tentunya akan terlihat beda karena anda bisa membuatnya sendiri berdasarkan kreatifitas dan model yang and inginkan. Selain itu, anda juga hanya membutuhkan sedikit modal dan keterampilan saja, sehingga semua orang pasti bisa membuatnya. Oleh sebab itu, anda juga bisa menambahkan kantong pada bagian dalam tas untuk tempat khusus ponsel anda ataupun alat tulis agar terlihat lebih rapi.

Dengan memanfaatkan kain perca yang tidak terpakai ini, tentu saja kan lebih menghemat sampah. Sehingga anda bisa memanfaaatkan kembali barang-barang yang sudah tidak terpakai dan dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan anda. Selain itu, anda juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain untuk membuat kerajinan ini dan anda juga bisa mendapat keuntungan dengan kerajinan tangan dari kain perca ini.

 

 

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.