Mengenal Sistem Organ dalam Anatomi Tubuh Manusia

Tubuh manusia tersusun dalam beberapa bagian dan memiliki fungsi masing-masing. Dalam bahasa ilmiah susunan organ tubuh manusia tersebut dinamakan anatomi. Dulu pada saat sekolah tentu pernah diajarkan dalam pelajaran Biologi tentang anatomi tubuh manusia. Atau ketika mengunjungi dokter dan rumah sakit bisa dilihat gambar ataupun peraga manusia yang memperlihatkan organ tubuh.

Pada anatomi manusia terdapat jaringan, organ, sel dan juga terdiri dari beberapa sistem organ. Beberapa sistem organ dalam anatomi tubuh akan memiliki keterkaitan satu sama lain sehingga bisa berfungsi menjaga kesehatan manusia. Sistem organ sendiri artinya adalah beberapa jenis organ dengan struktur dan fungsi khusus di dalam tubuh.

Agar lebih jelas berikut ini sistem organ yang terdapat di dalam anatomi tubuh manusia.

Sistem Organ Bagian Luar Tubuh

pixabay.com

Sistem Integumen

Ini adalah sistem organ yang terjadi pada bagian kulit kita. Sistem ini tanpa kita sadari merupakan yang terbesar dan memiliki fungsi yang sangat penting. Beberapa fungsi dari sistem ini yaitu :

  • Menjadi pertahanan pertama bagi tubuh dalam melawan virus, bakteri dan patogen lainnya.
  • Melindungi tubuh dari gangguan eksternal.
  • Mengatur suhu dan membuang racun dari dalam lewat keringat.
  • Mencakup pada bagian kuku dan rambut.

Sistem Rangka

Bentuk tubuh kita seperti yang bisa dilihat secara kasat mata disokong oleh rangka yang berupa tulang berjumlah 206. Fungsi dari sistem ini adalah untuk melakukan gerakan, melindungi organ dalam dan untuk melekatnya otot. Fungsi yang paling bisa dilihat adalah menopang dan juga memberikan bentuk pada tubuh seseorang.

Selain itu tinggi badan seseorang juga akan dipengaruhi oleh sistem rangka ini. untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangannya bisa dibantu dengan suplemen seperti tiens peninggi badan.

Sistem Organ Bagian Dalam

pixabay.com

Sistem Otot

Otot adalah apa yang selama ini kita sebut dengan daging yang menempel pada tubuh. Jumlah otot pada anatomi tubuh totalnya adalah 650 buah. Sedangkan fungsi dari sistem otot adalah berperan dalam aliran darah dan membantu gerakan tubuh. Ada 3 jenis otot yaitu otot rangka otot polos dan otot jantung.

Sistem Peredaran Darah

Sistem ini terdiri dari jantung dan pembuluh darah. Sedangkan fungsinya antara lain adalah :

  • Mengedarkan darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh.
  • Melindungi tubuh dari patogen yang masuk yaitu melalui sel trombosit atau darah putih.
  • Mempertahankan keseimbangan kondisi pada tubuh dari beberapa kondisi internal.

Sistem Pencernaan

Ini adalah sekumpulan organ tubuh yang bertanggungjawab dalam mencerna dan mengolah segala makanan yang masuk dan mengeluarkan sisanya. Organ yang termasuk dalam sistem ini adalah rongga mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus hingga sampai di anus. Sistem pencernaan dibantu juga oleh beberapa organ lainnya seperti empedu, pankreas, gigi, lidah dan kelenjar air liur.

Sistem Endokrin

Yang dimaksud dengan sistem endokrin dalam anatomi tubuh adalah sekumpulan organ yang berfungsi menghasilkan hormon. Kelenjar seperti hipotalamus, tiroid, paratiroid, pankreas, gonad, pineal dan pituitari merupakan organ yang bekerja dalam sistem ini.

Sistem Saraf

Otak, organ sensorik, sumsum tulang belakang serta semua saraf yang menghubungkan beberapa organ di dalam tubuh disebut sistem saraf. Fungsi dari sistem ini adalah mengendalikan tubuh dan menjalankan komunikasi antar organ. Inilah mengapa jika terjadi gangguan pada sistem saraf maka kerja suatu organ bisa terganggu.

Sistem Pernapasan

Agar bisa tetap bertahan hidup maka organ tubuh membutuhkan adanya oksigen. Masuknya oksigen tersebut ke dalam tubuh menjadi tanggung jawab dari sistem pernapasan. Selain itu sistem ini juga bertugas untuk mengeluarkan karbondioksida dari tubuh. Organ yang termasuk dalam sistem ini adalah paru-paru, mulut, hidung, faring, trakea, laring, bronkus dan juga bronkiolus.

Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem ini merupakan penjaga kondisi tubuh dari semua penyakit akibat bakteri, virus dan kuman patogen lainnya. Organ yang termasuk dalam sistem kekebalan tubuh adalah kelenjar getah bening, sumsum tulang, limfosit, limpa, timus dan leukosit atau sel darah putih.

Sistem Limfatik

Pada anatomi tubuh manusia, sistem limfatik bertugas untuk menjaga daya tahan tubuh. Caranya adalah dengan membuat serta memindahkan cairan getah bening yang di dalamnya terdapat sel darah putih untuk melawan infeksi.

Sistem Ekskresi dan Urinaria

Sistem ini memiliki tugas untuk mengeluarkan semua zat sisa dalam tubuh yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Sistem ini terdiri dari ginjal, kulit, hati dan paru-paru. Fungsi lain dari sistem ini yaitu mempertahankan tekanan darah, jumlah kalsium dan sel darah merah.

Sistem Reproduksi

Sistem ini yang bertanggungjawab untuk berlangsungnya regenerasi pada manusia. Tanpa sistem reproduksi manusia tidak akan bisa berkembangbiak dan tidak beranak pinak. Pada laki-laki organ reproduksi adalah penis dan testis, sedangkan wanita adalah vagina, ovarium dan rahim.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.