Apa Itu IELTS?

Secara umum untuk tes IELTS Akan secara resmi diterima institusi di negara Inggris, Australia bahkan hingga Selandia Baru. Jenis tes yang satu ini menjadi cara untuk menguji kemampuan diri seseorang dalam berbahasa Inggris. Lalu apa itu IELTS? Perlu untuk diketahui dengan baik, bahwa untuk tes yang satu ini akan diselenggarakan oleh IDP Education Australia dan Universitas Cambridge, British Council.

Untuk peserta tes IELTS diperbolehkan untuk melakukan pemilihan pada modul akademik bagi peserta yang ingin melakukan pendaftaran di pendidikan tinggi yang lainnya ataupun Universitas lain. Sementara untuk Anda yang berencana ingin mengikuti pelatihan non akademik bisa memilih modul pelatihan supaya mendapatkan pengalaman kerja maupun untuk kebutuhan tujuan imigrasi.

Penilaian yang dilakukan pada tes IELTS yaitu pada setiap bagian dalam skor 0-9. Setelah itu nantinya akan diratakan pada skor di akhir, yaitu dalam skala 0 sampai 9. Hal ini berbeda pada tes yang lainnya, seperti tes TOEFL. Untuk jenis tes IELTS untuk seluruh jawabannya akan ditulis secara manual, yaitu menggunakan tulisan tangan.

Pengertian IELTS

Sumber Gambar: Pixabay.com

Bagi Anda yang tidak mengetahui apa itu IELTS, maka sudah saatnya apabila Anda mengetahui pengertian dari tes IELTS. IELTS adalah singkatan International English language Testing System yang mana untuk IELTS telah diselenggarakan dan didirikan sejak tahun 1989. Di dalam tes IELTS terdapat dua versi, yaitu untuk versi akademik dan juga versi general atau umum.

Pada versi akademik ini akan ditujukan pada seseorang yang ingin melakukan pendaftaran di lembaga pendidikan tinggi atau Universitas yang lainnya. Hal ini berlaku pada seorang profesional seperti perawat atau dokter yang berkeinginan untuk praktek atau belajar di negara luar yang menggunakan bahasa Inggris.

Untuk pelatihan dari IELTS umum atau generall akan ditunjukkan bagi peserta yang untuk melakukan latihan non-akademis. Tujuannya hanya untuk mendapatkan pengalaman kerja atau bisa juga untuk tujuan imigrasi. Sebagian besar dari lembaga yang ada di Inggris, Australia, Irlandia, Kanada, Selandia Baru bahkan sampai dengan Afrika Selatan sudah menerima IELTS.

Tips Sukses Saat Tes IELTS

Sumber Gambar: Pixabay.com

Apabila memiliki rencana untuk bekerja atau belajar di luar negeri maka Anda akan diwajibkan mempunyai sertifikat IELTS. Jika dilihat, untuk tes yang satu ini memang terlihat cukup sulit. Akan tetapi dengan persiapan dan latihan yang baik maka Anda pun bisa menaklukan tes IELTS dan bisa mendapatkan skor nilai yang tinggi sesuai harapan.

Di dalam  tes IELTS mempelajari mengenai serangkaian tes yang sengaja dirancang untuk melakukan pengujian pada kemampuan diri seseorang. Terutama dalam mendengarkan, berbicara, menulis menggunakan bahasa Inggris dan membaca. Di dalam sesi tes IELTS terdapat 4 langkah yang harus dilakukan para peserta, yaitu mulai dari tes menulis, membaca peta bahkan sampai dengan tes diagram.

Supaya Anda bisa sukses ketika tes IELTS dan mendapatkan skor yang sempurna, maka Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut:

1. Pasang telinga Anda dengan sebaik mungkin

Ketika harus melewati tes listening, maka hal utama yang harus diperhatikan yaitu Anda harus benar-benar memasang telinga sebaik mungkin. Untuk tes resmi ini pada biasanya akan mendengarkan sebuah rekaman dan Anda harus mendengarkan rekaman tersebut.

Cara untuk rekaman tersebut menggunakan bahasa Inggris dari orang Amerika, New Zealand, Australia bahkan orang Inggris. Sebab itu penting bagi Anda untuk memahami kosakata bahasa Inggris dari berbagai negara. Untuk solusi yang dilakukan yaitu Anda dapat berlangganan podcast yang berbahasa Inggris atau bisa juga dengan TV kabel.

2. Jangan lupa untuk membaca petunjuk

Petunjuk yang ada di dalam tes harus diperhatikan dengan baik dan benar. Apabila Anda tidak membaca petunjuk dengan baik, maka sudah bisa dipastikan Anda tidak akan menemukan jawaban yang tepat.

Perhatikan pada setiap jumlah kata yang disyaratkan pada setiap tugas karena apabila Anda tidak memenuhi syarat minimal kata, jangan harap Anda mendapatkan nilai skor yang tinggi.

3. Terus berlatih

Saat tes kemampuan berbahasa Inggris, Anda tidak hanya menguji kemampuan Anda perihal berbahasa Inggris saja. Akan tetapi Anda juga harus piawai dalam mengatur waktu sesuai pada tes.

Karena untuk tes IELTS akan diberi waktu sehingga apabila Anda tidak memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin, sudah dipastikan Anda akan kehilangan nilai sempurna yang sudah diharapkan dari awal.

4. Buatlah strategi

Strategi yang Anda buat tersebut maka secara tidak langsung bisa membuat waktu lebih efektif. Pada saat melakukan tes untuk strategi tersebut harus dibuat sebaik mungkin dan sesuai dengan kebutuhan, kemudian terapkan strategi yang telah Anda buat tersebut.

Selain itu di dalam tes ini juga terdapat empat bagian seperti writing, speaking, reading, dan listening. Pada bagian speaking section ini pihak peserta tes diminta untuk berbicara pada seorang penilai pada durasi 12 sampai 14 menit.

Untuk berbicara tersebut dilakukan secara langsung. Selain itu untuk pihak peserta juga akan ditanya pertanyaan pribadi ataupun menggunakan sebuah topik tertentu. Untuk tes IELTS memang memiliki durasi yang jauh lebih lama dibandingkan dengan TOEFL.

Untuk mempersiapkan semua itu, anda bisa belajar tentang tes IELTS di Kampung Inggris. Keopin aja Kampung Inggris di internet.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.