Mengenal Lebih Jauh Tentang Kereta Api Eksekutif, Argo Bromo Anggrek

Untuk anda yang kerap kali mengunjungi kota Jakarta dan Surabaya, pastinya akan sangat akrab dengan jenis kereta api satu ini. Argo Bromo Anggrek merupakan salah satu jenis kereta dengan model eksekutif yang bisa untuk anda jadikan pilihan ketika sedang mengunjungi kota Jakarta maupun Surabaya. Untuk mengetahui selengkapnya mengenai kereta api satu ini, maka anda pun bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Sejarah Dari Kereta Api Satu Ini Yang Perlu Untuk Anda Tahu

Ketika anda pergi ke kota Jakarta melalui kota Surabaya dengan jalur kereta api, pasti anda pun akan akrab dengan nama kereta satu ini. Kereta ini pun memiliki asal usul nama yang unik. Dimana kata Argo sendiri merupakan nama yang digunakan sebagai citra bagi layanan kereta api eksekutif. Sedangkan untuk kata Bromo sendiri merupakan kata yang diambil dari sebuah nama gunung yang berada di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Anda pun bisa mengunjungi gunung yang masih aktif dan berada di wilayah Jawa timur tersebut dengan paket wisata Bromo yang disediakan oleh beberapa pihak travel yang ada di Indonesia. Sedangkan untuk Anggrek sendiri diambil dari turunan produk sebelumnya. Dimana nantinya di dalam kereta tersebut akan memiliki paduan warna yang mirip dengan bunga anggrek. Itulah sekilas tentang asal asul nama dari kereta Argo Bromo Anggrek.

Kereta api ini sendiri pun mulai beroperasi di Indonesia sejak tanggal 24 September 1997. Dimana kereta satu ini juga pernah mengusung hargon yakni JS – 852 yang dapat diartikan bahwa perjalanan dari kota Jakarta menuju kota Surabaya yang ditempuh dengan waktu kurang lebih selama 8 jam 30 menit. Dan untuk angka 52 nya sendiri dapat berarti bahwa kereta ini dioperasikan ketika Indonesia berumur 52 tahun.

pexels.com

Rute Dari Kereta Satu Ini Yang Perlu Untuk Anda Tahu

Seperti yang disebutkan bahwa kereta satu ini melayanai rute keberangkatan dari kota Jakarta menuju Surabaya maupun sebaliknya, kereta ini pun juga menempuh jalur utara. Sehingga ketika anda ingin menaiki kereta satu ini dari kota Surabaya, maka anda pun perlu untuk menaiki kereta Argo Bromo Anggrek melalui stasiun kereta api Pasar Turi yang berada di kota Surabaya.

Selain itu, untuk rute yang melintasi jalur kereta api satu ini adalah melewati beberapa stasiun yang berada di kawasan jalur utara dari pulau Jawa. Dimana ketika berangkat dari Surabaya, nantinya anda akan berhenti di stasiun Lamongan. Selain itu, anda pun juga akan berhenti di stasiun Bojonegoro selama beberapa saat untuk mengangkut penumpang.

Tak hanya itu saja, anda pun nantinya juga akan berhenti di stasiun Cepu yang berada di Jawa Tengah. Barulah setelah itu, anda berhenti di stasiun Semarang Tawang dan juga stasiun Pekalongan. Selain itu, kereta ini juga akan mengangkut penumpang yang ada di stasiun Tegal sebelum akhinya melanjutkan perjalanan menuju Jawa Barat dan berhenti di stasiun Cirebon.

Setelah melewati stasiun Cirebon, kereta api ini pun akan berjalan lurus hingga sampai stasiun Jatinegara. Bagi anda yang bertempat tinggal di sekitaran Jakarta Timur dan juga Bekasi, maka anda pun bisa turun dan berhenti di stasiun satu ini. Perhentian terakhir dari kereta api Argo Bromo Anggrek adalah di stasiun Jakarta Gambir yang berada di pusat kota Jakarta, tepatnya berdekatan dengan Monas. Sehingga ketika anda telah sampai pada stasiun ini, maka anda pun akan melihat Monas.

pexels.com

Kereta Sleeper Sebagai Layanan Dari Kereya Api Satu Ini

Bagi anda yang ingin melakukan perjalanan yang berbeda ketika mengunjungi kota Jakarta ke Surabaya maupun sebaliknya, maka anda pun bisa coba untuk menaiki kereta sleeper yang ada di kereta api eksekutif Argo Anggrek ini. Dimana kereta dengan konsep satu ini menjadi salah satu bentuk inovasi yang dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia di dalam  meningkatkan layanan untuk penumpangnya.

Ketika anda menggunakan layanan Luxury Class ini, maka anda pun akan menjadikan kereta api eksekutif satu ini akan memiliki banyak pilihan kelas perjalanan yang bisa untuk anda pilih. Untuk kereta jenis satu ini pun melajari 2 kali pelayanan untuk jurusan stasiun Gambir menuju ke stasiun Surabaya Pasar Turi yakni pukul 9.30 pagi dan 21.30 malam. Sedangkan untuk jalur dari stasiun Surabaya Pasar Turi menuju stasiun Gambir juga terdapat dua rute yakni pukul 8 pagi dan 20.00 malam.

Untuk tiketnya sendiri yakni dibanderol dengan harga sekitar 900 ribu rupiah. Kereta Argo Bromo Anggrek Luxury ini kaan menyediakan layanan layaknya pesawat kelas bisnis. Dimana terdapat kursi yang bisa direbahkan hingga 170 derajat secara elektrik. Selain itu, terdapat pula sandaran untuk kaki secara elektrik yang bisa untuk anda nikmati hingga bantal dan juga penyangga tangan ketika anda sedang duduk.

Selain itu, anda pun juga bisa menikmti layanan berupa private entertainment yang tersedia jika anda menggunakan kereta api satu ini. Dimana anda pun akan mendapatkan LCD TV yang memiliki besar yakni 12 inchi dan juga lengkap dengan headset. Dimana fasilitas ini dapat anda kontrol sendiri dengan menggunakan remote control untuk multimedia yang tentunya akan sangat nyaman untuk anda gunakan.

Tak hanya itu saja, kereta api Argo Bromo Anggrek ini pun juga menyediakan USB charging power yang terdapat pada bagian kanan kursi. Dimana anda pun nantinya bisa mengisi daya dari ponsel anda. Selain itu, di sisi kanan juga terdapat foldable food tray , selimut, dan juga tempat sampah pribadi untuk anda. Kursinya pun juga dilengkapi dengan tempat untuk meletakkan botol ataupun gelas atau cup holder sehingga akan membuat anda bisa minum tanpa tumpah.

Untuk gerbongnya sendiri juga akan terdapat fasilitas CCTV yang akan memonitor aktifitas dan keamanan di dalam gerbong anda. Dan juga pendingin ruangan di tempat ini pun cukup baik sehingga anda pun dijamin tidak akan merasa kepanasan. Untuk itu, kereta api ini pun cukup nyaman dan aman untuk anda gunakan ketika sedang bepergian ke wilayah Jakarta maupun ke Surabaya dengan melintasi jalur utara kota Jawa.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.