Sudah Tau Beda Sepak Bola Dan Futsal ? Cek Disini

 

Sepak bola termasuk jenis olahraga yang banyak diminati masyarakat, tidak terkecuali bagi wanita sekalipun. Meski penggemarnya cukup banyak, sayangnya masih ada yang merasa kesulitan membedakan mana sepak bola dan mana yang disebut futsal. Meski aktifitas menggiring bola terlihat sama, namun keduanya sebenarnya berbeda. Untuk mengetahui beda sepak bola dan futsal, mari simak bersama ulasan berikut.

Beberapa Perbedaan Sepak Bola dengan Futsal

  1. Jumlah Pemain

Sekilas memang tidak ada yang berbeda dari keduanya, namun ada beberapa perbedaan mencolok dari kedua jenis olahraga bola tersebut. Benar, jumlah pemain sepak bola terlihat lebih banyak yaitu 11 orang dan sudah termasuk kiper yang akan menempat beberapa posisi. Jumlah pemain tersebut, masih belum terhitung dengan banyaknya pemain cadangan yang telah bersiap di pinggir lapangan sembari menunggu gilirannya bermain.

Berbeda halnya dengan jumlah pemain futsal yang hanya beranggotakan 5 orang saja dan sudah terhitung dengan kiper. Selain dari jumlah pemain di lapangan, uniknya jumlah pemain cadangan futsal ternyata tidak terhitung karena sifatnya yang fleksibel. Berarti berapapun jumlah pemain cadangan bukanlah masalah. Meski jumlah anggota yang bermain lebih sedikit, namun tidak menuyurutkan keseruan dan kepuasan saat bermain.

  1. Jenis Bola yang Digunakan

Sama sama menggiring bola, namun siapa sangka beda sepak bola dan futsal dapat terlihat dari jenis bola yang digunakan. Perbedaan tersebut hanya bisa diketahui ketika dilihat lebih teliti, sehingga wajar jika masyarakat awam yang baru menyukai jenis olahraga ini masih belum mengetahuinya. Agar tidak salah memilih bola, kenali dahulu ciri cirinya bola khusus sepak bola dan mana bola khusus futsal.

Dilihat dari ukurannya, bola khusus futsal dan sepak bola memang tidak jauh berbeda. Namun ketika didekati, ternyata ukuran bola futsal jauh lebih kecil yaitu sekitar 62 hingga 64 cm sedangkan bola sepak memiliki keliling sekitar 68 hingga 71 cm. Selain dari segi ukuran, berat bola sepak dan futsal terasa berbeda ketika dicoba untuk diangkat. Benar, bola sepak memiliki berat sekitar 396 hingga 453 gram sedangkan bola futsal hanya sekitar 400 hingga 440 gram.

Masih belum paham beda sepak bola dan futsal ? Cobalah memantulkan bolanya sebagai cara sederhana dan mudah mengetahuinya. Sebab bola sepak akan memantul sekitar 60 cm ketika dijatuhkan dari ketinggian sekitar 1 meter, sedangkan bola futsal hanya memantul sekitar 55 cm hingga 65 cm. Begitu pula dengan tekanan bolanya sendiri, dimana bola sepak memiliki tekanan 8 hingga 12 psi sedangkan bola futsal sekitar 0.4 hingga 0.6 atmosfir.

  1. Jenis Lapangan

Dilihat dari jumlah pemainnya, Anda sudah bisa membayangkan kebutuhan jenis lapangan yang memadai untuk kedua jenis olahraga tersebut. Sesuai seperti yang bisa diduga, sepak bola umumnya diadakan di sebuah tempat terbuka dan luas. Dengan kata lain, lapangan dengan rerumputan hijau tampak membentang seluas mata memandang adalah tempat ideal bermain sepak bola. Diliat dari jenis lapanagnnya saja, beda sepak bola dan futsal sudah terlihat.

Seiring berjalannya waktu, sayangnya lapangan yang ideal untuk bermain sepak bola semakin sulit ditemui karena telah berubah menjadi bangunan megah. Tidak perlu berkecil hati, pasalnya permainan akan tetap berlangsung ketika Anda mendatangi lapangan bola dengan rumput sintetis sebagai alternatifnya. Meski bukanlah rumput sungguhan, namun keseruan bermain sepak bola tidak akan pernah surut.

Bermain di lapangan dengan rumput sintetis mungkin bisa menjadi solusi tepat bagi mereka yang ingin menyalurkan hobinya semata. Pengecualian satu ini tidak berlaku di permainan resmi, sehingga pertandingan dilaksanakan di sebuah lapangan sepak bola. Jika sepak bola cenderung dilakukan di sebuah lapangan luas berumput, maka futsal dilaksanakan di sebuah lapangan indoor maupun outdoor dengan lapisan beton maupun semen.

Dilihat dari keterangan ini, dapat disimpulkan bahwa ukuran lapangan keduanya jelas berbeda. Ukuran lapangan sepak bola yaitu 90 hingga 120 meter dengan lebar mencapai 45 hingga 90 meter. Khusus untuk lapangan futsal hanya membutuhkan lapangan jauh lebih kecil dengan panjang sekitar 25 hingga 42 meter, serta lebar 15 hingga 25 meter saja. Cukup dilihat dari jenis dan ukuran lapangan, bukankah beda sepak bola dan futsal sudah terlihat jelas ?

  1. Durasi Pertandingan

Selain ketiga perbedaan di atas, ternyata durasi pertandingan antara futsal dan sepak bola juga berbeda. Sepak bola umumnya memiliki durasi pertandingan 90 menit yang dibagi menjadi dua sesi, sehingga hitungannya menjadi 2 x 45 menit. Durasi pertandingan futsal jauh lebih cepat, yaitu 40 menit yang dibagi menjadi dua sehingga menjadi 2 x 20 menit. Apabila skor seri, durasi pertandingan keduanya bisa bertambah khususnya di pertandingan kejuaraan.

Penambahan waktu pertandingan sepak bola yaitu 2 x 15 menit, sedangkan penambahan waktu khusus futsal hanyalah 2 x 5 menit saja. Walaupun penambahan waktunya tidak terlalu banyak, namun sudah cukup menentukan siapa yang keluar menjadi pemenangnya. Bahkan adanya penambahan waktu ini, dianggap sebagai babak paling menegangkan dibandingkan menit menit sebelumnya.

  1. Waktu Istirahat dan Timeout

Selama pertandingan berlangsung, pastinya ada waktu khusus untuk istirahat atau lebih dikenal dengan istilah timeout. Pada pertandingan sepak bola, para pemain akan diberikan kesempatan beristirahat selama 15 menit yang sudah termasuk dari waktu 90 menit pertandingan. Sedangkan pada pertandingan futsal hanya diberikan waktu sekitar 10 menit saja, dimana para peserta hanya diberi kesempatan 1x time out per babaknya.

  1. Jumlah Wasit

Jumlah wasit pada permainan sepak bola maupun futsal ternyata memiliki perbedaan. Dimana permainan sepak bola hanya membutuhkan 1 wait dalam lapangan dengan 2 orang wasit sebagai penjaga garis. Pada permainan futsal akan mengandalkan 2 wasit berfungsi sebagai pemimpin pertandingan dan akan berada di luar lapangan. Hanya dengan melihat jumlah wasit, beda sepak bola dan futsal terlihat jelas bukan ?

Sekilas baik sepak bola maupun futsal memang memiliki gerakan yang sama, yaitu berusaha menggiring bola menuju gawang lawan. Bahkan para pemain sepak bola, umumnya juga tertarik  bermain futsal di waktu senggangnya. Berawal dari hobi semata, tidak banyak pula yang kemudian menekuni hobinya lebih serius. Sebelum melangkah lebih dalam, akan lebih baik mengenali perbedaan keduanya agar tidak salah kaprah di kemudian hari. Untuk mencari Bikin jersey futsal bola atau pun jersey sepeda custom bisa cari garudaprint

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.