Cara Belanja di Alibaba Untuk Pemula Dengan Mudah

Salah satu kalangan tempat jual beli online level Internasional adalah Alibaba. Dalam dunia e-commerce, Alibaba ini merupakan tempat jual beli ternama dan cukup diminati banyak orang.

Kamu mungkin pernah belanja di Alibaba, atau justru kamu pelanggan setia? Pasti sudah tidak asing lagi bukan ketika mendengar kata Alibaba ini. Tetapi bagi kamu yang masih jarang dan belum tahu apa itu tempat jual beli online Alibaba, yuk coba baca ulasan berikut ini.

Alibaba adalah tempat jual beli online yang berada di negara China. Alibaba sebagai perusahaan e-commerce terbesar, memiliki banyak cabang perusahaan.

Di antara cabang perusahaan tersebut adalah Alimama.com, Aliexprees.com, Alibaba cloud (Aliyun.com), Alipay, Alizila.com dan masih banyak lagi. Semua cabang perusahaan tersebut berada di bawah pengawasan Alibaba.com.

Banyak suppiler besar yang bergabung dengan Alibaba. Bahkan kebanyakan pelapak di Alibaba adalah bos pabrik. Mereka menawarkan barang-barangnya dalam jumlah yang besar. Mereka juga membatasi minimal pembelian barang dari produk yang mereka tawarkan.

Jadi, kamu harus belanja dengan batas minimal yang sudah ditentukan, atau bisa dibilang grosiran.

Sebelumnya, jika kamu pengguna pemula Alibaba, alangkah baiknya kamu memiliki akun Alibaba terlebih dahulu sebelum mulai berbelanja.

Cara membuat akun belanja di Alibaba

Membuka Website

Mula-mula, kamu harus membuka website Alibaba.com. Kemudian pilih sign up yang tertera di pojok kanan atas. Setelah itu, kamu akan dibawa pada halaman yang mengharuskan kamu untuk mengisi alamat email.

Jika kamu sudah mencantumkan alamat email, selanjutnya kamu akan menerima email dari Alibaba berupa link konfirmasi. Lalu klik link konfirmasi tersebut.

Mengisi Data Diri

Setelah kamu klik link konfirmasi, maka kamu akan dilanjutkan ke tampilan baru. Pada halaman tersebut, kamu diminta untuk mengisi data diri. Jadi, isilah kolom-kolom yang sudah disediakan dengan lengkap dan benar yah.

Jika sudah, kamu akan lanjut ke halaman selanjutnya. Pada halaman ini akan diberitahukan jika kamu sudah selesai melakukan pendaftaran akun belanja di Alibaba.

Dengan memiliki akun belanja di Alibaba, tentu akan membuat kamu bisa lebih leluasa ketika akan membeli barang-barang yang kamu butuhkan.

Buat kamu yang masih pemula di Alibaba, yukk sekarang simak bagaimana cara belanja di alibaba dengan mudah dan aman.

Cara belanja di Alibaba

Mencari barang sesuai dengan kategori

Langkah awal kamu harus masuk ke Alibaba.com dan mulailah mencari barang sesuai dengan kategori. Mayoritas produk barang yang ditawarkan di Alibaba.com adalah produk China.

Karena memang kebanyakan pabrik dan perusahaan China juga bergabung dengan Alibaba. Meskipun demikian, tentu saja tidak semua produk berasal dari perusahaan China.

Kamu bisa mencari barang-barang yang akan dibeli pada halaman awal Alibaba. Pada bagian sisi sebelah kiri, kamu akan mendapati kategori produk.

Kamu juga bisa langsung mencari barang yang akan kamu beli melalui kolom pencarian yang tertera di bagian tengah atas. Ketik saja barang yang kamu cari, maka kamu akan dibawa pada halaman hasil pencarian. Dan kamu bisa langsung mencari barang buruan kamu.

Menyeleksi barang dan seller atau penjual

Ketika kamu mulai mencari barang, jangan lupa untuk mengecek kualitas barang dan seller. Caranya, klik Gold Supplier yang tertera pada bagian atas hasil pencarian. Di sana kamu akan menemukan seller dengan kualitas barang tinggi yang direkomendasikan oleh Alibaba.

Seller di gold supplier tersebut tentu sudah lama bergabung dengan Alibaba, juga memiliki reputasi yang tinggi. Makanya menjadi seller yang direkomendasikan. Kamu tentu akan lebih merasa puas dengan seller gold dupplier.

Pasalnya di sana kamu bisa mengetahui secara lengkap foto barang dengan deskripsinya, barang export atau lokal, harga barang, metode pembayaran, cara pengemasan dan pengiriman barang, Freight dispatch services, serta biaya ongkir. Bahkan dokumentasi dan profil perusahaan pun bisa kamu ketahui.

Untuk harga barang, sebenarnya tidak semua penjual menyertakan harga barang, sehingga kamu tidak mengetahuinya. Tetapi kamu bisa langsung klik tombol get latest price untuk melakukan penawaran dengan pihak penjual.

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Jika kamu membeli barang dalam kapasitas yang besar dan banyak, otomatis barangĀ  kamu akan dikirim melalui angkatan laut. Dan untuk mengetahui biaya ongkos kirim, silahkan kamu klik tombol get shipping quote.

Jika sudah, kamu akan diminta untuk mengisi beberapa ketentuan seperti meminta penawaran kepada seller melalui contact form, negoisasi dengan seller, dan memilih metode pembayaran.

Ketika kamu melakukan penawaran kepada seller, jangan lupa untuk menyertakan alamat email atau kontak telepon yang aktif. Ini bertujuan untuk mempercepat seller dalam mengirim surat penawaran kepada kamu.

Setelah kamu mendapatkan surat penawaranya dan kamu merasa ganjil dengan penawaran tersebut, kamu bisa melakukan negoisasi dengan pihak seller terkait barang yang akan kamu beli. Kamu bisa memberikan nego secara online, yaitu melalui email atau nomor telepon. Bahkan bisa juga secara ofline, yaitu kamu berkunjung langsung ke kantor seller.

Untuk metode pembayaranya, kamu bisa memilih letter of creditn (LC) atau down payment. Sebenarnya Alibaba menawarkan metode pembayaran yang lainnya, tapi alangkah baiknya kamu menggunakan salah satu dari dua transaksi di atas.

 

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.