Cara Berenang Untuk Pemula Agar Bisa Beranang

Berikut ini adalah cara berenang untuk pemula agar bisa berenang dengan baik dan benar. Yuk, simak step by stepnya dari awal untuk bisa berenang untuk pemula.

1. Awali dengan Memulainya dari Kolam Dangkal

Ketika anda baru saja ingin belajar berenang atau belum pernah berenang sebelumnya dan ingin belajar berenang. Maka anda bisa mengawalinya dengan kolam renang yang dangkal. Hal ini tentu saja akan memudahkan anda serta menghindari potensi tenggelam atau terdapat kejadian yang tidak diinginkan.

Dengan belajar renang di kolam yang dangkal juga akan meningkatkan kepercayaan diri anda dan menghindari dari ketakutan berlebih. Di kolam dangkal tersebut anda  bisa mulai mengenal air, anda bisa berjalan- jalan, duduk, berendam, atau basah basahan dalam rangka mengenalkan diri anda pada kolam. Setelah itu baru anda belajar bagaimana caranya mengapung.

2. Lanjutkan dengan Perlahan Pada Kolam yang Lebih Dalam

Apabila anda sudah lebih dalam mengenal medan air dan bisa mengapung. Selanjutnya anda bisa meningkatkan kedalaman kolam untuk latihan selanjutnya. Pastikan kedalaman kolam yang anda pilih tidak langsung besar, namun anda perlu berangsur-angsur dalam memilihnya.

Anda bisa memilih ketinggian kolam sebahu ataupun se ketiak. Nah anda harus menstabilkan tubuh saat mengapung. Pastikan tubuh kamu jauh lebih rileks dan tenang saat berada di kolam. Hindari perasaan takut tenggelam. Anda bisa mulai belajar berjalan dan berpegangan di sisi kolam.

3. Atasi Ketakutan dengan Latihan Bernapas di Dalam Air

Langkah selanjutnya merupakan salah satu langkah yang cukup penting, dimana bernafas merupakan kunci kekuatan dalam berenang. Anda harus belajar bernafas dengan baik jika ingin melakukan gerakan renang selanjutnya. Cara pertama yang bisa anda lakukan cukup sederhana.

Pertama anda bisa mencelupkan seluruh badan ke dalam air dengan menahan nafas sekuat kuatnya. Setelah itu lepaskan badan perlahan lahan ke dalam air. Ulangi langkah tersebut hingga rentang waktu pengambilan nafas menjadi lebih panjang. Untuk anda yang masih takut dengab air maka disarankan untuk melakukannya di kolam yang tidak terlalu dalam, anda bisa mulai dengan berpegangan pada sisi kolam saat melakukan penyelaman.

Anda juga bisa melakukan pernafasan dengan meletakkan wajah ke permukaan air dimana kalian akan menghembuskan nafas hingga terdapat gelembung air. Teknik tarikan nafas dan hembuskan harus diatur sedemikian rupa agar berkesinambungan.

4. Belajar Lebih Mengapung

Mengapung juga merupakan kunci utama agar anda bisa berenang. Semakin anda bisa dengan mudah mengapung anda jadi lebih cepat mahir dalam berenang. Cara mengapung juga tidak terlalu sulit. Pertama tama anda perlu berada di kolam renang yang minimal kedalamnya setengah badan.

Setelah itu anda bisa mulai berpegangan pada pinggir kolam. Selanjutnya anda harus menarik napas sekuat kuatnya sembari mengangkat kaki. Sandarkan badan ke belakang dan mulailah untuk mengapung. Dalam belajar mengapung badan Anda harus tetap rileks dan tidak takut. Nikmati arus air dan dorongan gaya apung ke atas.

Apabila anda mulai terbiasa, anda bisa mulai belajar mengapung tanpa berpegangan di sisi kolam. Percobaan ini harus anda lakukan secara terus menerus hingga anda bisa mengapung minimal 15 hingga 30 detik saja.

5 .Berusaha Berenang Sejauh Lintasan dengan Bantuan Pelampung

Apabila anda semakin mahir dalam mengapung dan mengambil nafas, langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan gerakan renang kecil kecilan dengan bantuan pelampung. Dengan bantuan pelampung tersebut anda akan lebih mudah dalam bergerak di air.

Rasakan bahwa tubuh Anda telah lebih ringan dari massa jenis air agar bergerak jadi lebih maksimal pastikan juga anda sudah terbiasa untuk tidak berpegangan pada sisi kolam. Cara Memulainya cukup mudah, Anda bisa mencoba latihanmemutar kepala ke samping untuk mengambil nafas. Anda bisa mulai bergerak bolak balik satu lintasan renang dengan gerakan sebisanya. Lanjutkan terus latihan tersebut agar anda Semakim terbiasa dan pergerakan jadi semakin cepat.

6. Terus Membiasakan Berenang Tanpa Pelampung

Jika Anda sudah semakin mahir bergerak di dalam air langkah selanjutnya yang anda lakukan adalah meninggalkan pelampung tersebut dan mulai bergerak tanpa dengan alat bantu. Anda juga bisa mulai melatih gerakan tangan caranya adalah dengan menggerakan lengan seolah olah sedang mendayung di air secara bergantian untuk selanjutnya kamu letakan di posisi semula. Dalam melakukan gerakan tangan secara bergantian tadi anda harus mengatur ritme agar tetap stabil. Anda bisa memutar kepala ke samping untuk pengambilan nafas. Lakukanlah hingga gerakan tangan bisa lebih cepat dan dorongan kedepan jadi lebih mudah

7. Berenang

Jika anda sudah semakin mahir dan percaya diri, langkah selanjutnya anda bisa mulai melakukan gerakan teknik renang. Teknik renang yang kamu pilih sangatlah beragam ada gaya dada gaya punggung gaya bebas gaya kupu kupu dll. Pada saat melakukan teknik ini anda harus terbiasa tidak menggunakan pelampung.

Namun jangan jauhkan pelampung dari keberadaan anda untuk berjaga-jaga. Papan pelampung juga masih berguna untuk latihan dorong. Yaitu dengan cara mendorong papan tadi ke arah depan tanpa memegangnya.

Anda bisa memulai teknik berenang dengan mengayuh tangan secara bergantian sembari mengombinasikannya dengan gerakan kaki menendang lembut bergantian. Jangan lupa untuk terus memutar kepala ke samping untuk pengambilan nafas. Lakukanlah hingga anda mulai terbiasa dan bisa bergerak dengan leluasa.

Pastikan juga anda belajar di kolam yang lintasannya tidak terlalu jauh. Pembuatan kolam dengan kontraktor kolam renang yang baik bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jadi pastikan anda membangun kolam renang yang sesuai dengan karakteristik anda.

 

 

 

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.