Cara Jualan di Bukalapak Agar Laris dan Sukses

Tren berjualan online semakin tinggi. Hal tersebut ditandai dengan ramainya produk-produk yang diperjualbelikan setiap harinya. Tidak menutup kemungkinan, akan membuat industri di Indonesia semakin berkembang. Diharapkan hal tersebut menjadi pemicu terciptanya peluang kerja bagi masyarakat.

’Malas-nya’ Masyarakat

Indikasi lain yang membuktikan bahwa online shop menjadi bisnis yang diminati adalah permintaan yang tak pernah habis. Contoh nyata yang hadir di sekitar kita yakni makanan. Sekarang bukan hal tabu jika saya katakan masyarakat semakin ‘malas’. Tahan dulu emosi Anda. Maksudnya dengan maraknya jualan online pada masa ini membuat para penjual rela mendekatkan produk mereka. Lain halnya dengan masa terdahulu, dimana para pembeli-lah yang mendatangi penjual. Dari hal itulah saya menyebut masyarakat semakin ‘malas’.

Sang Pendiri BukaLapak

Bagi para manusia cerdas, indikator tersebut mereka jadikan sebagai peluang usaha. Achmad Zaky melihat adanya potensi prospek bisnis online lebih dari 10 tahun lalu. Dengan berbagai pertimbangan akhirnya beliau memutuskan untuk mendirikan BukaLapak.

Marketplace BukaLapak

Dengan adanya marketplace sekaligus sebagai perantara antara seller dengan konsumen, tentu akan meminimalisir bahkan menghapus kasus penipuan yang kemungkinan dapat terjadi. Dan dari berbagai pemikiran-pemikiran, BukaLapak kini menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia.

Berminatkah Menjadi Penjual?

Nah, bagi Anda yang memiliki intelektual tinggi, apakah Anda tidak tertarik untuk menjadi penjual online? Sebab Anda bisa mengerjakan pekerjaan harian Anda dan berperan ganda (sebagai penjual) tanpa saling mengganggu satu sama lain. Keduanya dapat berjalan beriringan. Hanya saja pintar-pintar kita dalam membagi waktu.

Cara Mendaftar Akun BukaLapak

Jika Anda sudah mengumpulkan niat dan berminat menjadi penjual online di BukaLapak, maka silakan simak cara mendaftar akun BukaLapak. Berikut langkah-langkah mendaftar akun BukaLapak :

a)      Buka Website Resmi Bukalapak

Untuk mendaftar di BukaLapak tentu Anda harus masuk web resmi BukaLapak, yakni “ https://www.BukaLapak.com/ “, lalu tekan enter atau OK.

b)      Klik Tombol Daftar

Setelah Anda masuk ke homepage/halaman utama BukaLapak, maka selanjutnya Anda men-tap tombol ‘Daftar’ yang ada di sebelah kanan atas.

c)      Isi Formulir Pendaftaran Akun BukaLapak

Setelah itu, Anda akan dihadapkan pada beberapa form isian yang sudah disediakan oleh BukaLapak. Isi kolom-kolom tersebut sesuai dengan kenyataan. Atau ada alternatif lain yang bisa menjadi opsi bagi Anda, yakni mendaftar dengan akun Facebook atau Google. Jika Anda mendaftar dengan akun yang sudah ada, tentu Anda tidak perlu repot-repot mengisi form isian tadi.

d)      Masukkan Nomor Telepon yang Masih Aktif

Jika Anda tidak memiliki akun atau akun-akun Anda sudah terdaftar sebelumnya, maka Anda tetap melakukan pengisian data pada formulir pendaftaran BukaLapak. Di dalam form-form tadi, Anda diharuskan pula mengisi nomor telepon seluler serta email yang tervalidasi. Sebab nantinya akan ada kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor atau email Anda.

e)      Tentukan Nama Toko

Setelah proses-proses diatas berhasil Anda lewati, maka selanjutnya Anda diminta mengisi nama toko Anda. Pilih nama yang simpel dan tidak berlebihan. Akan tetapi tetap harus memiliki keunikan tersendiri. Misal “ Hanafi’s Gadget “.

f)       Beri Password Akun

Setelah nama toko resmi Anda buat, kemudian Anda diwajibkan mengisi password sebagai keamanan sekaligus akses bagi Anda untuk masuk ke BukaLapak. Dan jangan membuat password yang terlalu rumit, sebab bisa-bisa hal tersebut malah menjadi bumerang bagi Anda sendiri.

g)      Baca S&K BukaLapak

Apa sih S&K? Nantinya Anda wajib menaati aturan dan sistem di BukaLapak, sehingga BukaLapak memberlakukan S&K (Syarat & Ketentuan). Setelah Anda membaca dan mengerti yang diinginkan oleh BukaLapak, maka silakan klik tombol ‘Setuju’.

h)      Daftar

Berbeda dengan tombol daftar sebelumnya, pada tombol daftar ini, tombol berfungs sebagai proses akhir pendafataran.

i)        Kode Verifikasi

Belum cukup sampai disitu, sebab untuk mengaktifkan akun yang telah Anda buat, diperlukan adanya kode verifikasi yang akan dikirimkan oleh BukaLapak. Jika Anda menggunakan nomor telepon maka kode tersebut akan dikirimkan melalui SMS, begitu pula dengan email.

Melengkapi Profil Toko

Setelah Anda berhasil membuat akun, maka Anda bisa mengambil nafas secara teratur. Hehe. Sebelum Anda menjual barang dagangan di BukaLapak, Anda perlu mengisi kekurangan-kekurangan yang ada. Karena, salah satu faktor peningkatan penjualan adalah lengkapnya data profil seller.

Beberapa hal yang harus Anda lengkapi guna kebutuhan profil Anda, yaitu :

  1. Syarat pengiriman;
  2. Sistem pembayaran;
  3. Jumlah Stok;
  4. Foto Produk.

Kiat-kiat menjadi Top Seller di BukaLapak

Jika Anda ingin menaikkan rate Anda sebagai penjual di aplikasi BukaLapak, maka ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Cara menjadi Top Seller BukaLapak, antara lain :

1.      Unggah Foto Produk Sebanyak Mungkin

Hal terpenting yang akan menaikkan rate Anda sebagai penjual ialah seberapa foto produk yang Anda punya. Selain itu, dengan banyaknya foto tentu akan memudahkan pembeli untuk menentukan pilihan barang yang mereka cari / memperbesar peluang pembeli untuk meng-order produk Anda.

2.      Deskripsikan Produk Anda

Apabila Anda ingin menjadi top seller, maka cara selanjutnya yakni melengkapi deskripsi produk yang Anda jual. Misalkan Anda menjual aksesoris motor, maka deskripsi yang mungkin Anda tulis adalah terbuat dari apa (bahan), cat apa yang Anda gunakan, seberapa kuat, awet berapa lama.

Selain berkaitan dengan produk, Anda juga perlu memberikan deskripsi mengenai pengiriman. Misalnya,

 

  1. Tidak ada return barang.
  2. Barang akan dikirim setelah proses pembayaran selesai.
  3. Kerusakkan ditanggung pembeli.
  4. Barang dikirim sesuai keinginan penjual.

3.      Menjawab Pertanyaan Calon Konsumen

Sebagai penjual Anda wajib melakukan pelayanan prima. Contoh sederhana yaitu menjawab pertanyaan calon konsumen. Berikan respon sebaik dan sesegera mungkin.

4.      Pelayanan After Sales

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, penjual memang harus memberikan pelayanan dari proses sebelum pelanggan membeli bahkan setelah barang dibeli atau sampai di tempay pembeli. Jangan menjadi penjual yang cuek dan kurang simpati terhadap konsumen.

5.      Fitur Push

Dengan adanya fitur push ini, produk Anda dapat mencapai puncak penjualan. Cukup dengan membayar Rp2.000,00 untuk sekali push. Sangat murah bukan? Dan feedback maksimal yang akan Anda dapatkan adalah banyaknya pembeli yang mampir di toko Anda.

Demikian artikel mengenai cara jualan di BukaLapak. Dengan adanya artikel ini, diharapkan dapat memacu semangat kita untuk menjadi penjual yang sukses dan berkepribadian baik. Maksudnya, jadilah penjual yang jujur. Jangan sampai antara produk di foto dengan produk aslinya kontras perbedaannya. Semangat berjualan ^_^.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.