Cara Menanam Buah Pir di dalam Pot

Bagi para pecinta tanaman buah, tentunya tidak akan lengkap rasanya jika Anda tidak mengetahui tata cara menanam buah pir di dalam pot. Sementara untuk buah pir ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat karena rasanya yang manis dan memiliki kandungan air yang sangat banyak. Buah pir ini sangat cocok apabila ditanam di daerah tropis. Sehingga beruntunglah bagi Anda yang tinggal di daerah tropis karena bisa membudidayakan buah pir dengan baik.

Berikut ini tata cara menanam pir yang bisa dilakukan menggunakan media pot, yaitu:

  1. Proses pembibitan

Jika Anda menanam buah pir berawal dari bibit atau benih, maka hal utama yang perlu di perhatikan yaitu waktu menanam pembibitan. Untuk waktu yang tepat dalam proses pembibitan ini yaitu pada bulan Desember awal sampai dengan Maret awal. Hal ini dikarenakan pada bulan tersebut cuaca akan berada dalam musim hujan atau dingin. Sementara buah pir ini membutuhkan cuaca ataupun temperatur lingkungan yang dingin supaya bisa tumbuh dengan baik.

  1. Proses penanaman

Proses penanaman ini bisa dilakukan apabila proses pembibitan sudah dilakukan. Untuk penanaman harus dilakukan pada tanah yang subur dan tanah berada dalam kondisi yang kering. Meskipun Anda menanamnya di dalam pot namun pastikan bahwa buah pir ini mendapatkan sirkulasi udara yang baik dan juga sinar matahari yang cukup.

  1. Kebutuhan nutrisi

Kebutuhan nutrisi harus terpenuhi dengan sebaik mungkin yaitu dengan memberikan pupuk dan penggunaan tanah gembur supaya buah pir dapat tumbuh dengan sempurna. Anda harus menggunakan tanah gembur yang ditambahkan arang, sekam maupun kompos. Tidak ada salahnya jika Anda juga menambahkan unsur hara yang dicampurkan dengan ketiga bahan tersebut.

  1. Tahap pemeliharaan

Pada tahap pemeliharaan ini Anda selalu disarankan untuk melakukan penyiraman secara rutin yaitu pada sore hari dan pagi hari. Bibit buah pir ini membutuhkan perairan yang sempurna agar bisa tumbuh secara sempurna. Selain itu Anda juga harus melakukan pemupukan, karena untuk proses pemupukan inilah bibit buah pir dapat ternutrisi. Sehingga bisa tumbuh lebih cepat dan juga berbuah lebih banyak.

Proses cara menanam buah pir ini memang dapat dikatakan susah-susah gampang karena membutuhkan keahlian khusus agar proses penanaman bisa berjalan sebagaimana mestinya. Apabila terjadi kesalahan dalam melakukan penanaman tentu hal ini akan berpengaruh terhadap tumbuh dan kembang buah pir. Sebab itu sebelum melakukan penanaman cari tahu terlebih dahulu dan ikuti beberapa langkah yang ada di atas.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.