Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Menarik

Di era serba modern seperti sekarang ini menjadikan aktifitas sebegai blogger semakin banyak diminati. Meski demikian, kegiatan tulis menulis bagi sebagian orang adalah hal yang mudah dan sebagian lagi beranggapan menulis adalah kegiatan yang sulit. Terlebih jika diminta untuk menulis artikel SEO friendly.

Bagi Anda yang saat ini sedang belajar menulis artikel, khususnya artikel SEO, ada beberapa panduan cara menulis artikel SEO yang akan memudahkan Anda menulis sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Google.Dengan mengikuti panduan ini, tulisan atau artikel Anda akan mudah dilacak mesin pencari dan tetap enak dibaca.

Site Title

pixabay.com

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah judul atau site title dari artikel yang akan Anda buat. Judul sangat penting untuk untuk dapat merangkin artikel di mesin pencari. Yang perlu diperhatikan dalam penulisan judul artikel SEO adalah dengan memasukkan kata kunci ke dalam judul. Anda dapat meletakkan kata kunci secara acak atau berurutan.

Lalu, mana yang lebih baik, menulis judul dengan kata terpisah atau secara berurutan? Sebenarnya keduanya sama saja, tergantung situasi dan kondisi saat Anda membuat judul. Sekalipun kata kunci yang ada tulis terpisah, Google akan tetap dapat melacak dan menemukan kata kunci dari artikel yang Anda buat.

Namun jika Anda menggunakan pugin Yoast SEO, sebaiknya menggunakan kata kunci yang diletkkan berurutan. Pada dasarnya, Anda dapat memilih meletakkan kata kunci secara berurutan atau terpisah disesuaikan dengan kebutuhan. Penulisan judul merupakan cara menulis artikel SEO yang fundamental.

Keyword Density

Selanjutnya adalah dengan memperhatikan jumlah kata kunci atau keyword density. Jumlah kata kunci dalam sebuah artikel SEO merupakan hal yang sangat penting untuk menghasilkan artikel yang berkualitas. Artikel yang baik adalah jumlah kata kunci muncul dalam jumlah yang pas, tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Hal ini terkadang luput dari perhatian penulis artikel. Tidak sedikit yang memasukkan kata kunci tanpa menghitung jumlah keyword setelahnya. Perlu Anda perhatikan, artikel yang terlalu banyak kata kunci nantinya dapat dianggap spam oleh Google. Hal ini dapat menyebabkan artikel susah menaikkan posisi, bahkan kemungkinan terburuknya adalah dapat menyebabkan artikel Anda hilang dari mesin pencari.

Penempatan Kata Kunci

pixabay.com

Setelah menentukan jumlah kata kunci yang pas dalam artikel, selanjutnya adalah penempatan kata kunci. Penempatan kata kunci yang tepat sangat penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Terkesan sepele memang, tetapi penempatan keyword akan menentukan artikel enak dibaca atau malah membingungkan.

Artikel yang baik adalah artikel yang penempatan keyword-nya tersebar merata di seluruh artikel. Namun bukan berarti keyword harus muncul di setiap paragraf. Anda dapat menyesuaikan dengan jumlah kata kunci yang telah ditetapkan. Pastikan untuk menempatkan kata kunci pada paragraf pertama. Meski demikian, jika memang tidak bisa, tidak perlu dipaksakan.

Paragraf dan Kalimat

Hal yang sering diabaikan dalam penulisan artikel adalah paragraf dan kalimat yang juga merupakan bagian penting dalam sebuah tulisan. Dalam penulisan artikel SEO, paragraf yang baik adalah yang terdiri dari 3, 4 dan maksimal 5 baris. Namun untuk idealnya, sebaiknya terdiri dari 3-4 baris saja. Hal ini perlu diperhatikan, terutama bagi Anda yang saat ini membuka jasa penulis artikel.

Untuk kalimat, idealnya terdiri dari 20 kata. Artikel dengan kalimat yang pendek akan mudah dibaca. Sebaliknya kalimat yang panjang akan membuat pembaca bosan. Selain itu kalimat yang panjang membuat pembaca kesulitan menemukan inti dari kalimat. Pastikan kalimat dan paragraf tidak terlalu panjang untuk memudahkan pembaca.

Kata kunci turunan dan sinonim juga merupakan bagian penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Kata kunci turuan adalah kata kunci yang masih berhubungan dengan kata kunci utama. Sedangkan sinonim merupakan persamaan dari kata kunci utama. Dalam menulis artikel, pastikan untuk memasukkan kata kunci turuanan dan sinonim. Hal ini dapat memudahkan pembaca untuk menemukan artikel dengan kata kunci turunan.

Heading

Hal yang sangat penting dalam penulisan artikel SEO adalah heading. Jika Anda menulis artikel yang panjang, penggunaan heading akan sangat membantu dalam readability artikel. Selain itu, heading akan membantu menunjukkan poin-poin yang ditulis dalam artikel sehingga dapat memudahkan pembaca memahaminya.

Tips bagi Anda untuk membuat heading sebaiknya mengandung kata kunci atau kata kunci turunan. Meski demikian, tidak semua heading atau pun sub heading harus mengandung kata kunci. Usahakan penempatannya senatural mungkin agar tetap enak dibaca. Hal-hal tersebut diperhatikan bagi Anda yang bergelut di bidang jasa penulis artikel.

Untuk memudahkan Anda dalam menulis artikel SEO, ada beberapa tools yang dapat Anda gunakan. Salah satunya yang bisa Anda gunakan adalah Google Keyword Planner yang berfungsi memabntu Anda untuk riset kata kunci. Dengan menggunakan tools ini, Anda dapat mengetahui kata kunci apa yang sering dicari melalui mesin pencari.

 

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.