Cara Mengubah Kelistrikan Motor Honda dari AC ke DC

Biasanya pada mesin motor jenis lama untuk sitem kelistrikan masih menggunakan arus AC. Namun semakin berkembangnya zaman, maka muncul teknologi baru yang sebagian besar sudah menggunakan arus DC. Yang masih menggunakan kelistrikan AC biasanya akan menggunakan aksesoris penambah arus listrik yang lebih besar.

Namun cara ini akan beresiko pada kerusakan aki atau baterai motor. Sebab, aki tidak bisa mensuplai listrik yang terlalu besar. Oleh karena itu perlu mengubah arus listrik dari AC menjadi DC. Pada motor jenis Honda keluaran lama masih banyak yang menggunakan arus AC.

Oleh karena itu, perlu melakukan perubahan pada arus AC ke DC. Namun sebelumnya, perlu diketahui untuk kelistrikan AC motor itu sendiri merupakan kelistrikan lampu motor yang mengikuti perputara mesin. Dengan begitu, jika mesin dinyalakan, maka lampu akan ikut menyala.

Berbeda dengan kelistrikan DC pada motor dimana pada saat kunci motor di masukan pada tempatnya, secara otomatis lampu langsung menyala tanpa menunggu perputaran mesin. Itu artinya pada saat mesin belum dinyalakan lampu bisa menyala dengan cahaya stabil asalkan kunci masih di tempatnya.

Untuk mengbah arus AC ke DC buakan sesuatu yang rumit tertama pada motor Honda keluaran lama. Beikut ini cara mengubah kelistrikan motor Honda dari AC ke DC, sebagai berikut:

Dengan menggunakan alat Isolasi

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Untuk mengubah dari AC ke DC tidak perlu untuk mengganti spul dan regulator atau kiprok. Hanya saja, Anda perlu memindahkan arus AC yang ada pada lampu utama dipindah ke arus pengisian sepenuhnya. Cara yang pertama yaitu dengan menggunakan isolasi.

Caranya yaitu:

  • Buka bodi motor
  • Carilah kiprok, lalu lepaskan kabel yang berwarna kuning yang terletak di soket kiprok.
  • Matikan kabel dan balut dengan isolasi. Cara sederhana ini bertujuan untuk mengalihkan arus listrik dari spul untuk penerangan menuju ke pengisian aki sehingga sepenuhnya hanya untuk aki. Pemindahan arus listrik ke aki via kunci kontak.
  • Ubahlah jalur kabel pada lampu depan. Carilah kabel kuning yang berada di dalam tempat lampu.
  • Kemudian, jumper dengan menggunakan kabel ke soket kontak kunci motor yang berwarna kecoklatan.
  • ARus AC telah berubah menjadi arus DC.

Cara ini cukup sederhana dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Namun untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa gunakan cara yang ke dua.

Dengan menggunakan bahan Tes Pen DC, Isolasi, Pisau atau Kater, Wiring atau kabel-kabel yang dibutuhkan

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Untuk cara ini maka langkah yang harus ditempuh adalah sebagi berikut:

  • Bongkar body motor dan cari kabel yang mengaliri arus ke lampu bagian depan. Untuk memastikannya maka daapat membuak switch atau saklar yang bisa menyalakan lampu kecil atau law beam dan lampu besar atau high beam. Untuk sepeda motor honda sendiri biasanya berwarna kuning.
  • Carilah soklet yang menghubungkan ke lampu besar dari sisi bagian bawah. Lalu kabel pada bagian lampu depan dilepas dari soklet tepatnya pada bagian sekun.
  • Setelah sekun berhasil untuk dilepas, sambungkan kabel pada bagain saklar on-off lampu menuju ke aki dan jumperkan ke kunci kontak motor. Untuk langkah ini sebaiknya harus berhati-hati dan cermat. Untuk Honda sendiri terdapat dua kabel dan umunya berwarna hitam. Langkah ini jangan sampai terjadi kesalahan dalam memilih sebab akan berakibat fatal.
  • Setelah semua kabel terpasang, maka pasnaglah kiprok ataupun regulator jika diperlukan dan kabel yang telah tersambung di isolasi guna menghindari terjadinya konslet pada sistem kelistrikan motor.
  • Langkah yang terakhir untuk cara yang kedua ini yaitu periksa voltase yanga man setelah dirubah voltase harus mencapai titik diatas 12.4 voltase dengan begitu, dapat dupastikan jika aki sepeda motor tersebut awet dan tidak cepat habis.

Itulah beberapa cara mengubah kelistrikan motor honda dari AC menuju ke DC. Bagi Anda yang tidak mendalami tentang ini, maka alangkah lebih baik jika diserahkan kepada mekanik yang telah profesional. Seperti lulusan HMMC Jogja atau lembaga kursus mekanik terpercaya lainnya. Dengan begitu akan lebih sempurna haslnya.

Oleh sebagia orang, mengubah arus AC menjadi DC adalah untuk memasang lampu HID. Karena dengan arus DC inilah yang membuat daya listrik menjadi lebih stabil. Selain iitu juga tidak boros dan sepenuhnya mendapatkan listrik dari aki sepeda motor. Di samping itu juga akan lebih awet dan bisa bekerja secara optimal

Tidak hanya itu, penerangan ini juga akan sama seperti pada penerangan motor-motor zaman sekarang. Seperti motor injeksi yang tidak perlu menunggu perputaran poros engkol atau mesin dinyalakan. Dengan begitu akan jauh lebih aman terutama di malam hari dan tidak khawatir terjadinya kerusakkan.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.