Cuaca Palembang

Ketahuilah meskipun sudah memasuki musim hujan ternyata wilayah Sumatera Selatan masih sangat terik.  Jadi, dapat dipastikan cuaca Palembang masih memberikan nuansa terik matahari yang panas yang kurang memberikan kenyamanan dalam beraktivitas. Tentunya, hal tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor sehingga hawanya sangat panas yang disebut dengan “panas badengkang”.

 

Faktor Cuaca Palembang Panas

Tentunya, kita ingin mengetahui kenapa cuaca di Palembang masih panas padahal sudah memasuki musim hujan? Yuk ketahui penjelasannya di bawah ini:

 

  1. Tropical Siklon Nakri

Ketahuilah salah satu faktor yang menyebabkan cuaca di Palembang masih panas dengan terik matahari yang menyengat itu disebabkan oleh Tropical Siklon Nakri di Laut China Selatan yang berdampak pada konsentrasi uap tersedot sehingga membuat cuacanya masih sektar 30 derajat.

 

Tetapi, setelah Tropical Siklon Nakri berakhir maka akan mengakibatkan hujan dan angin lebat sehingga warga Palembang sebaiknya jangan banyak melakukan aktivitas di luar ruangan.

 

  1. Kelembaban Udara Rendah

Berikutnya, faktor yang menyebabkan cuaca Palembang menjadi panas yaitu dikarenakan kelembaban udaranya yang cukup rendah sehingga fenomena tersebut membuat kondisi di sekitar menjadi kering. Bahkan, di daerah Palembang tersebut juga tidak tertutup awan hingga dapat membuat suhu udaranya mencapai sekitar 36 derajat setiap harinya.

 

Akan tetap, ketika sudah datang angin maka bisa membuat kelembaban udara menjadi naik sehingga malah bahaya bisa membuat angin yang besar. Dengan demikian akan membuat cuaca di Palembang menjadi bersuhu dingin.

 

  1. Posisi Matahari di Selatan Equator

Kemudian posisi matahari juga berada di selatan equator sehingga menjadi indikator dari cuaca terik yang sangat panas pada waktu terakhir ini. Tentunya, dari posisi matahari tersebut maka membuat wilayah selatan mendapatkan radiasi yang lebih besar dibandingkan dengan daerah yang lokasinya di bagian radiasi matahari sebelah utara equator.

 

Tentunya, cuaca di daerah tersebut memang dapat berubah-ubah sesuai dengan posisi matahari.

 

Nah, jadi Cuaca Palembang akhir-akhir ini memang lebih sering memiliki cuaca panas. Tetapi, sebaiknya waspadalah ketika musimnya sudah berubah justru malah akan membuat nuansanya menjadi lebih dingin dari biasanya.

 

 

 

 

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.