Data Statistik Pengguna Media Sosial Di Indonesia 2019

Sosial media sekarang ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup manusia. Tidak bisa dipungkiri bahwa media sosial sekarang ini sudah sangat merajalela dan hampir digunakan oleh setiap orang di seluruh dunia. media sosial sendiri merupakan sebbuah sarana meedia online yang berguna sebagai tempat berkomunikasi, bersosialisasi dan berinteraksi di dunia maya.

Dengan menggunakan media online maka kita bisa berhubungan dengan lebih banyak orang di dunia maya. Sekarang ini terdapat banyak sekali media online yang bisa digunakan oleh masyarakat salah satunya yaitu Hack fb online. Tentunya jika melihat dari trend yang berkembang jumlah media online ini akan terus bertambah setiap harinya dan hal tersebut pastinya juga di iringi dengan peningktan jumlah penggunanya.

Sekarang ini selain bisa digunakan untuk bersosialisasi tapi penggunaan media sosial sendiri juga berguna sebagai sarana promosi dan transaksi. Karena dengan jangkauan pasar yang lebih luas membuat media sosial menjadi tempat yang sangat strategis untuk sarana pemasaran. Oleh sebab itu penting sekali bagi kamu para pengguna untuk mengetahui trend penggunaan media sosial agar bisa mengikuti perubahan zaman.

pixabay.com

Data Statistik Digital Penggunaan Sosial Media Di Indonesia

Sebagai salah satu pengguna media sosial penting bagi kamu untuk mengetahui perkembangan media sosial salah satunya yaitu mengetahuiu jumlah pengguna media sosial dan trend media sosial saat ini. Dengan kemudahan akses sekarang ini kamu bisa mendapatkan berbagai informasi dengan mudah melalui bantuan internet.

Sekarang ini sudah banyak situs yang menyediakan berbagai informasi mengenai perkembangan dunia digital salah satunya yaitu situs hootsuite. Situs hootsuite sendiri merupakan sebuah situs layanan manajemen konten yang menyediakan media during yang akan terhubung dengan berbagai media sosial seperti facebook, instagram, whatsapp, youtube dan yang lainnya.

Situs hootsuite ini secara berkala akan menyajikan berbagai data dan trend yang kamu butuhkan yang berkaitan dengan internet, media sosial, mobile dan perilaku para e commers setiap tahunnya. Biasanya situs hootsuite ini akan menampilkan data dan trend seputar perkembangan dunia internet dan sosial media setiap akhir bulan pertama di awal tahun. Di tahun 2019 ssendiri hootsuite mengeluarkan data di akhir bulan januari.

Menurut data dari situs hootsuite sekarang ini jumlah penduduk dunia mencapai 7.676 milliar penduduk. Sedangkan untuk pengguna mobile unik jumlahnya sudah mencapai 5.112 milliar, untuk pengguna internet jumlahnya mencapai 4.388 milliar. Sedangkan untuk pengguna media sosial aktif jumlahnya mencapai 3.484 milliar dan untuk pengguna media sosial mobile jumlahnya mencapai. 3.256 milliar.

Jika dilihat dari tampilan data di atas maka bisa dilihat bahwa lebih dari 50 persen penduduk bumi menggunakan media sosial. Sedangkan untuk indonesia data trend internet dan media sosialyang di tampilkan oleh situs hootsuite antara lian sebagai berikut.

  1. Indonesia memiliki totol penduduk mencapai 268,2 juta jumlah tersebut naik 1% atau sekitar 3 juta penduduk dari tahun
  2. Pengguna mobile unik di indonesia mencapai 355,5 juta jumlah tersebut turun 19% atau sekitar 83 juta dari tahun 2018.
  3. Jumlah pengguna internet di indonesia sudah menyentuh angka 150 juta, angka tersebut lebih banyak 13% atau sekitar 17 juta dibandingkan dengan tahun 2018.
  4. Pengguna media sosial aktif mencapai 150 juta naik 15% dari tahun 2018
  5. Pengguna media sosial mobile sebanyak 130 juta naik 8,3% atau sekitar 10 juta pengguna dari tahun 2018

Jika melihat data tersebut tentunya bisa dilihat bahwa indonesia menjadi salah satu negara dengan konsumsi media sosial dan internet yang besar. Oleh sebab itu tidak heran apabila banyak negara dan perusahaan yang melihat bahwa indonesia merupakan sebuah pasar yang potensial untuk perkembangan media sosial.

pixabay.com

Alasan Masyarakat Menggunakan Media Sosial

Perlu diketahui bahwa menurut data yang disajikan oleh situs hootsuite indonesia berada di urutan ketiga dalam hal jumlah audience iklan di media sosial berada di bawah india dan amerika. Jumlah audience di  indonesia sendiri sama dengan negara brazil yaitu sekitar 120 juta. Mungkin selama ini banyak yang bertanya mengapa masyarakat sekarang lebih suka menggunakan media sosial.

Oleh sebab itu, berikut ini akan kami paparkan alasan orang menggunakan media sosial antara lain yaitu sebagai berikut.

  1. Mengikuti trend

Mayoritas orang menggunakan media sosial adalah karena mengikuti trend dimana sekarang ini banyak orang yang menggunakan media sosial. Sehingga segelintir orang lainnya ikut ikutan untuk menggunakan media sosial.

  1. Ajang menjalin pertemanan

Alasan lain mengapa masyarakat menggunakan media sosial adalah karena media sosial merupakan sebuah alat untuk menjalin pertemanan sekaligus untuk menjalin hubungan kekerabatan. Dengan menggunakan media sosial kamu bisa menemukan teman baru dan bisa tetap berhubungan dengan teman lama.

pixabay.com
  1. Sebagai sarana promosi dan transaksi

Media sosial sekarang ini juga menjadi salah satu media promosi dan transaksi yang sangat potensial. Karena dengan menggunakan media sosial maka jangkauan pasarnya akan lebih luas dan produk yang di jual akan lebih dikenal oleh masyarakat.

Selain ketiga alasan tersebut tentunya masih banyak lagi alasan yang melatarbelakangi orang orang lebih suka menggunakan media sosial.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.