List Desain Masjid Paling Mengagumkan di Dunia

Desain masjid dibawah ini kami rangkum berdasarkan keindahannya yang mengagumkan. Sekarang ini memang banyak masjid di dunia yang sarat sejarah dan memiliki desain arsitektur yang indah yang akan membuat nyaman siapapun yang beribadah di dalamnya.

Tentu menjadi keinginan setiap muslim untuk sekali sakali saja merasakan beribadah di masjid-masjid indah di bawah ini. Karena tidak bisa dipungkiri, kenyaman yang dirasakan jama’ah dalam masjid menentukan tingkat ketenangannya dalam salat. Penasaran mana saja masjid-masjid tersebut? Yuk langsung saja disimak ulasannya di bawah ini.

Desain Masjid Paling Mengagumkan di Dunia

pixabay.com

Masjidil Haram

Berbicara tentang desain masjid paling indah dan mengagumkan di dunia tentu tidak bisa lepas dari Masjidil Haram. Masjid ini merupakan saksi syiar islam pertama kali pada zaman dahulu. Jadi selain memiliki desain arsitektur yang indah, masjid ini juga sarat akan nilai historis yang tidak akan pernah pudar hingga akhir zaman.

Masjidil Haram merupakan masjid paling besar di dunia yang juga menjadi tempat paling disucikan oleh umat islam. Tidak ada satu pun muslim yang tidak ingin mengunjungi masjid ini, meskipun hanya sekali. Tentu tidak salah menyebut masjid ini sebagai masjid paling besar, karena memang dapat menampung sekitar 6 juta jama’ah.

Masjidil haram juga menjadi salah satu lokasi umat muslim melakukan ritual ibadah haji dan umrah, misalnya saja thowaf mengelilingi Ka’bah. Dengan desain arsitektur yang indah dan juga faktor ibadah haji menjadikan masjidil haram masjid yang wajib dikunjungi sekali dalam hidup.

Masjid Nabawi

Masjid dengan desain yang indah berikutnya adalah Masjid Nabawi yang terletak di Kota Madinah. Masjid ini sangat indah karena memiliki arsitektur yang memang menakjubkan. Misalnya saja mulai dari kaligrafi, pilar bangunan yang kokoh dan megah, lampu gantung berlapiskan emas dan masih banyak lagi.

Keindahan masjid ini akan semakin tampak ketika payung-payung raksasa di halaman masjid mengembang. Payung-payung ini untuk tameng dari panas dan hujan yang terbuka setelah subuh dan menutup kembali saat menjelang maghrib.

Selain merupakan masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram, Masjid ini juga termasuk dari 2 tempat paling disucikan oleh umat islam. Masjid ini seakan menjadi saksi peristiwa hijrah dan penyebaran agama islam. Soal kapasitas, Masjid Nabawai mampu menampung hingga 1 juta jama’ah.

Masjid Agung Syeikh Zayed

Masjid dengan desain menakjubkan berikutnya adalah Masjid Agung Syeikh Zayed yang terletak di Abu Dhabi. Masjid yang dibangun pada tahun 1996 oleh Yousef Abdelky ini merupakan salah satu masjid terindah di dunia.

Pembangunan masjid ini diprakarsi oleh mendian Presiden UAE saat itu, yaitu Syeikh Zayed bin Sultan Al-Nahyan. Keindahan yang ditawarkan masjid ini bisa dilihat dari dindingnya yang terbuat dari marmer putih yang mewah. Jangan lupakan juga lampu gantung masjid yang terbuat dari kristal dan emas 24 karat.

Belum lagi karpet masjidnya yang terbuat dari hasil tenun tangan, tidak main-main, luasnya mencapai 5.630 m². Masjid ini juga memiliki kapasitas ruangan yang besar yaitu dapat menampung hingga 40 jama’ah lebih.

The Blue Mosque

Masjid dengan desain mengagumkan berikutnya adalah masjid The Blue Mosque yang terletak di Turki. Masjid ini juga sering disebut sebai Masjid Sultan Ahmed. Selain sebagai pusat peribadatan umat islam, masjid yang bangunannya didominasi warna biru ini juga dijadikan destinasi wisata religi.

Ada alasan kenapa masjid ini berwarna dominan biru, yaitu untuk menandingi kemegahan bangunan Aya Sofia peninggalan kekaisaran Bizantium. Masjid yang dibangun oleh Kesultanan Ottoman ini dibangun mulai tahun 1609 M dan selesai pada tahun 1616 M.

Masjid Paling Indah di Eropa

pixabay.com

London Central Mosque

Ada masjid indah di Eropa merupakan suatu kebanggan karena penyebaran islam telah begitu pesat. Salah satu masjid tersebut adalah London Central Mosque yang terletak di Inggris. Masjid indah ini dibangun oleh pemerintah Inggris untuk menghargai muslim yang membela Inggris pada Perang Dunia Ke 2.

Akhmad Kadyrov

Masjid indah di terletak di kota Chechnya, Rusia dan dapat menampung hingga 10 ribu jama’ah. Masjid yang dulunya bekas markas komunis ini memiliki menara setinggi 63 meter sekaligus fasiltas yang beragam. Mulai dari asrama, sekolah islam, badan kajian islam dan masih banyak lagi.

Demikianlah ulasan tentang desain masjid paling indah dan mengagumkan di dunia. Dapat dipastikan, bahwa daftar masjid-masjid indah di atas memiliki fasilitas karpet masjid berkualitas yang nyaman dan membuat jama’ah tenang dalam beribadah. Hal penting yang wajib diperhatikan terkait dengan segi estetika serta kemegahan sebuah mesjid raya tentunya.

 

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.