Dibalik Warna Kunyit yang Menarik, Ini Dia Kandungan Zat yang Ada Didalamnya

Termasuk dalam marga curcuma, kunyit memiliki beragam sisi menarik yang perlu untuk diulas secara detail. Salah satu hal yang menarik adalah kandungan dibalik warna kunyit yang menarik. Dalam setiap ruas kunyit mengandung setidaknya empat zat kimia yang memiliki nilai positif untuk tubuh. Lantas apa saja zat yang dimaksud tersebut? Selengkapnya dapat Anda simak dalam pembahasan berikut ini.

Sekilas Tentang Tanaman Kunyit

Kunyit atau kunir merupakan jenis tanaman semak yang memiliki tinggi sekitar 70 cm. Mempunyai jenis akar serabut, tanaman tersebut bunga majemuk dan berdaun tunggal, memanjang. Tanaman ini sering digunakan sebagai toga (tanaman obat keluarga), disamping fungsinya sebagai rempah-rempah dapur. Banyak dijumpai di berbagai daerah di nusantara, kunyit ternyata memiliki kandungan zat aktif yang bermanfaat bagi tubuh.

Zat Aktif dalam Setiap Ruas Kunyit

Terdapat zat kimia aktif yang ada dalam tanaman kunyit khususnya dari warna kunyit tersebut. Berikut adalah kandungan zat yang ada pada setiap ruas kunyit.

1. Zat Warna Kurkuminoid

Memiliki warna kuning yang khas, ternyata warna kunyit tersebut mengandung zat warna kurkuminoid yang terdiri atas 3-4% diarilheptanoid, yakni curcumin, desmetoksikurkumin, dihidrokurkumin dan bisdesmetoksikurkumin. Kesemua zat tersebut dapat Anda rasakan manfaatnya baik dalam hal kesehatan, kecantikan maupun penambah cita rasa masakan.

2. Mineral

Selain warna kunyit yang khas, terdapat kandungan lain berupa mineral yang ada dalam setiap ruasnya. Diantara beberapa jenis mineral tersebut, ada magnesium, mangan, kalsium, zat besi, timbal, seng dan lain sebagainya.

3. Minyak Atsiri

Kandungan minyak atsiri dalam setiap ruas kunyit sekitar 2-5%.  Adapun unsur penyusunnya terdiri atas seskuiterpen, kurlon kurkumol, atlanton, bisabolen, dan jenis turunan dari fenilpropana tumeron (aril-turmeron, alpha turmeron, dan juga terdapat beta turmeron).

4. Zat Aktif Lainnya

Selain zat yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat zat aktif lainnya berupa arabinosa, gula dan fruktosa, pati, tannin, dan terakhir dammar.

 

Kandungan zat kimia dalam setiap warna kunyit yang khas memiliki manfaat lebih yang jarang Anda ketahui secara lebih. Untuk itu, semoga pembahasan tersebut daapt membantu Anda memperdalam khasanah seputar kunyit si bumbu dapur yang memiliki warna menarik.

 

 

 

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.