Faktor Penyebab Naiknya Harga Cabai Keriting

Cabai keriting adalah salah satu buah yang masuk dalam kategori sayur atau bumbu dapur rasa pedas yang berada dalam genus Capsicum. Cabai keriting ini bagian dari cabai baik berwarna merah maupun hijau. Cabai hijau yang memiliki rupa keriting adalah cabai merah keriting yang belum matang. Untuk harga cabai sendiri, berbeda-beda sesuai kondisi area tanaman maupun kondisi cuaca.

1. Harga Cabai Keriting

Harga cabai keriting pada tahun 2020 sendiri untuk daerah Bengkulu diperkirakan melonjak hingga RP 55000 dari yabg semula seharga RP 25.000 saja perkilo gramnya. Sementara untuk harga cabai di daerah Jakarta mencapai RP 70.000. Tidak hanya di daerah Bengkulu saja, daerah Padang pun mengalami kelonjakan harga serupa. Namun, keberlangsungan naiknya harga cabai ini tidak berlaku secara terus-menerus, melainkan setelah petani mampu menghasilkan buah cabai seperti biasa, harga cabai di pasaran pun akan kembali normal.

2. Faktor naiknya harga Cabai

Untuk segi penyebab naiknya suatu barang terutama cabai, termasuknya sangat beragam. Mulai dari cuacanya yang terus-menerus hujan, hingga terserangnya hama. Kenaikan harga cabai yang disebabkan oleh bberapa faktor ini dapat dipengaruhi oleh permintaan pembeli yang tetap stabil sementara stok barang sedikit atau semakin berkurang. Serangan hama seperti lalat kebun juga dapat merusak tanaman atau buah cabai ini sendiri. Meski dari luar tampak baik-baik saja, tanaman cabai yang terserang hama lalat kebun akan mengalami kerusakan pada buah bagian dalamnya. Lain dari pada itu, musim penghujan juga dapat membuat tanaman cabai serta cabainya cepat busuk maka petani tidak bisa menghasilkan panen cabai yang maksimal dan berkualitas.

Faktor lainnya berupa sulitnya akses jalan menuju pasar. Karena tanaman yang ditanam biasanya berada di daerah pedesaan, karena curah hujan yang tinggi maka akses kendaraan pun lumayan sulit. Hal ini bisa dipengaruhi oleh jalanan licin atau banjir. Selain itu, faktor seperti buahnya yang masih muda juga mudah sekali rontok apabila hujan terus-menerus tuun deras.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.