Sukses IUP Medicine UGM

merupakan universitas yang paling banyak melahirkan mahasiswa terbaik negeri. Semua fakultas yang ada merupakan fakultas terbaik yang menjadi percontohan untuk kampus lainnya. Seleksi masuk UGM selain melalui jalur reguler seperti  SNMPTN, SBMPTN, UTUL ataupun mandiri.

Hadir pula program Internasional Undergraduate Program (IUP) yang memiliki keunggulan khusus. Untuk masuk kelas IUP harus melalui beberapa tahapan tes seleksi. Tidak semua fakultas yang ada menyediakan program ini. Adapun fakultas yang menerapkan program IUP antara lain Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dengan Prodi Hubungan Internasional, Komunikasi serta Manajemen dan Kebijakan Publik, .

Fakultas lain seperti Ekonomi dan Bisnis pada program studi Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi. Pada fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) untuk  program studi Ilmu Komputer dan juga Kimia. Tidak lupa pada IUP Medicine UGM.

Fakultas Kedokteran UGM memang yang paling banyak diminati sebagai fakultas kedokteran terbaik. Fakultas yang berdiri pada tahun 1946 merupakan fakutas kedokteran pertama di Indonesia. Selain itu, fakultas ini menduduki peringkat ke 12 sebagai fakultas terbaik se Asia Tenggara.

Karena persaingan tidak hanya dari sesama warga Indonesia tetapi juga taraf Internasional, membuatnya akan lebih sulit. Seleksi reguler untuk masuk pada perguruan tinggi ini juga cukup sulit ditambah dengan jalur masuk IUP yang penuh dengan tantangan serta persaingan.

pxhere.com

Syarat Mengikuti Seleksi IUP Medicine UGM

Syarat-syarat yang harus ditempuh sama dengan seleksi IUP pada fakultas lain, yaitu sebagai berikut:

  • Telah lulus SMA/SMK/MA sederajat dengan periode kelulusan tiga tahun terakhir. Misalnya lulus SMA tahun 2018, maka pesaingnya tidak hanya dari lulusan SMA angkatan 2019 di seluruh Indonesia, tetapi juga lulusan SMA angkatan 2017, 2016. Selain di Indonesia juga dengan lulusan dari negara luar.
  • Dalam keadaan sehat, baik jasmani maupun rohani dengan menunjukan bukti keterangan sehat dari dokter.
  • Mengikuti seleksi IUP dengan beberapa tahap. Bagi yang berasal dari dalam negeri, tahapannya berbeda dengan yang berasal dari luar negeri.
  • Untuk yang berasal dari dalam negeri, tahapan seleksi meliputi seleksi tes potensi akademik meliputi pelajaran fisika, kimia, biologi dan matematika, tes psikologi atau uji Gramedia Gadjah Mada, uji kemampuan bahasa Inggris seperti TOFFEL serta tes MMPI dan Situasional Tes Penghakiman. Kemudian, yang terakhir adalah wawancara.
  • Sedangkan untuk calon mahasiswa dari luar negeri, harus mengikuti jalur seleksi seperti tes potensial akademik sama seperti dari dalam negeri, uji Psikologi dan wawancara. Karena pada umumnya mereka yang berasal dari luar negeri sudah mahir dalam berbahasa inggris.

Untuk memenuhi berbagai syarat tersebut tentu tidaklah mudah. Oleh kerenanya, perlu ada bimbingan khusus untuk bisa lolos secara baik. Biasanya mereka yang mengikuti seleksi, terlebih dahulu mengikuti bimbel IUP Medicine UGM. Walaupun banyak juga yang memilih untuk fakus belajar sendiri.

pxhere.com

Perbedaan IUP dengan Reguler

Selian proses masuknya yang berbeda, IUP Medicine UGM juga memiliki keungulan lebih jika dibanding jalur reguler. Oleh karena itu, kebanyakan mahasiswa menyebutnya sebagai mahasiswa emas dengan fokusnya bertaraf internasional. Berikut beberapa perbedaan antara sistem IUP dengan reguler.

  1. Pada program internasional, bahasa pengantar ataupun kesehariannya selama pembelajaran adalah dengan menggunakan bahasa Inggris, fokus belajar pada kesehatan Internasional. Kemudian wajib untuk mengikuti pembelajaran dengan cara keluar negeri untuk dijadikan pengalaman sekaligus menambah ilmu baru.
  2. Besarnya biaya untuk jalur IUP juga lebih mahal dibandingkan dengan jalur reguler. Namun demikian, juga terdapat beasiswa yang mampu meringankan beban kuliah..
pxhere.com

Tips Lulus IUP Fakultas Kedokteran UGM

Beberapa tips yang dapat dijadikan untuk bisa lulus IUP Kedokteran UGM antara lain yaitu meminta restu orang tua dan belajar dengan sungguh-sungguh. Pembelajaran bisa melalui bimbel IUP Medicine UGM atau dengan belajar sendiri. Kemudian selain memahami materi juga harus mengerti atau memperbanyak belatih.

Caranya adalah dengan mendownload atau membeli buku IUP Medicine UGM. Dengan begitu maka akan lebih mudah untuk mengetahui tipe soal yang mungkin akan muncul ketika tes. Belajar dari pengalaman kakak tingkat yang telah masuk, terutama untuk bagian tes psikologi dan wawancara.

Tetap tenang dan jangan panik ketika mengerjakan soal atau tes yang lainnya. Hal tersebut dimaksudkan agar lebih percaya diri serta lebih luwes ketika menjawab dan menerima soal. Setelah menjalankan serangkaian tes maka berdo’alah semoga apa yang sudah dilalui mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah beberapa penjeasan terkait IUP UGM khususnya di fakultas Kedokteran. Saat ini, tidak hanya UGM saja yang menerapkan banyak kampus unggulan di Indonesia juga menerapkan program yang sama. Akan tetapi IUP UGM memiliki passing grade yang tertinggi dibanding yang lainnya. Termasuk untuk semua jurusan yang menggunakan sistem ini.

 

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.