Pentingnya Membuat Jurnal Penjualan Dalam Sebuah Bisnis

Kemajuan bisnis salah satunya bisa ditengok melalui jurnal penjualan. Pembuatannya sangatlah krusial. Meskipun kenyataannya Anda saat ini menekuni bisnis dalam skala kecil.

Bisnis yang berkaitan dengan perdagangan butuh pencatatan seluruh transaksi. Anda yang melepas salah satu transaksi akan mengalami kebingungan. Tak jarang jika hal ini akan berujung pada boomerang yang bisa membuat bisnis tersendat.

Sekecil apapun bisnis Anda, pencatatan seluruh transaksi harusnya dilakukan. Dari pencataan inilah Anda akan memahami trend penjualan produk. Misalnya apakah mengalami peningkatan atau tidak dari bulan pertama ke bulan kedua.

Dari informasi ini, pebisnis bisa membuat keputusan. Salah satunya adalah menambah permodalan. Penambahan modal ini dilakukan untuk meningkatkan stok produk dan hal-hal yang berhubungan dengan bisnis semisal promosi dan lain sebagainya.

Seberapa Penting Jurnal Penjualan Untuk Pebisnis?

Bicara mengenai penting tidaknya, Anda perlu memahami apa saja manfaat dari jurnal penjualan itu sendiri. Dari manfaat yang diberikan, Anda pastinya akan memahami seberapa penting jurnal tersebut bagi pebisnis. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

pxhere.com
  1. Memahami Aktivitas Transaksi Real Time

Dalam membuat jurnal ini, pebisnis biasanya memanfaatkan micosoft excel dalam pencatatannya. Pembuatannya dibuat dengan memasukkan beberapa kategori. Salah satunya adalah jenis barang, tanggal penjualan dan harga maupun jumlah.

Membuatnya secara manual akan membutuhkan waktu. Tapi jika pebisnis memanfaatkan aplikasi penjualan, pebisnis tinggal memasukkan datanya saja. Kemudian tinggal memantau aktivitas harian dari penjualan produknya.

  1. Mempercepat Proses Transaksi

Manfaat lainnya adalah mempercepat proses transaksi. Betapa tidak, jurnal ini difokuskan untuk mencatat kegiatan penjualan saja. Artinya, elemen dalam sistem akuntansi lainnya tidak dimasukkan.

Biasanya, pebisnis hanya memasukkan sejumlah aktivitas penjualan produk saja sesuai kategorinya. Jadi, aktivitas ini akan terlihat jelas dari pencatatan yang dilakukan setiap waktu.

  1. Mempermudah Pemeriksaan Transaksi Sebelumnya

Manfaat lainnya adalah bisa diperiksa kembali transaksi dari awal. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan untuk mengetahui aktivitas bisnis secara akurat. Yakni melihat seberapa baiknya penjualan produk di bulan sebelumnya.

Dari pemeriksaan ini, pebisnis tinggal membuat buku bulanan. Begitupula dengan buku tahunan yang mencatat seluruh aktivitas dalam bisnisnya. Dari sini, pebisnis akan memahami maju tidaknya bisnis yang sedang dijalankan.

pxhere.com

Apakah Pebisnis Baru Perlu Membuatnya?

Beberapa orang yang baru menekuni bisnis, kadang seseorang masih mengabaikan pencatatan ini. Pebisnis hanya akan membuatnya jika dirasa bisnisnya sudah maju. Pilihan seperti ini agaknya kurang tepat. Kenapa?

  1. Gambaran Transaksi Penjualan Tidak Diketahui

Memang benar jika Anda akan mendapatkan keuntungan jika mampu menjual produk. Selisih dari nilai pembelian itulah yang menjadi laba Anda. Namun apakah Anda mengerti secara pasti berapa besar laba yang didapatkan?

Cukup rumit jika Anda tidak melakukan pencatatan dari awal. Kalaupun memperoleh hasilnya, Anda hanya memprediksi saja. Misalnya menyetok barang sekian dengan nilai pembelian sekian, kemudian dihitung dengan jumlah penjualan di akhir bulan.

Masalahnya, cara seperti ini sangat rawan. Catatan tentang aktivitas yang melibatkan diskon dan lain sebagainya biasanya kelupaan. Akhirnya, Anda akan menerka-nerka tentang kemana hasil penjualan tersebut di akhir bulan.

  1. Rawan Kebocoran

Jika Anda memperkerjakan orang lain, kemungkinan ada beberapa transaksi yang hilang. Kalau tidak ada pencatatan setiap aktivitas, otomatis Anda akan kehilangan banyak barang/keuntungan.

Anda tidak menebak apakah orang yang dipekerjakan sedang berlaku curang atau tidak. Karena menuduh hanya akan membuat Anda kehilangan partner kerja yang membantu dalam mengakomodir seluruh aktivitas penjualan.

Berbeda jika Anda memiliki aplikasi penjualan. Seluruh aktivitas ini bisa dicek setiap harinya. Sembari melihat berapa besar penjualan produk harian, Anda juga bisa memeriksa jumlah stok dengan mudah tanpa khawatir ada kebocoran.

pxhere.com
  1. Kesulitan Membuat Langkah Maju

Setelah beberapa bulan berbisnis, tentunya Anda butuh penyegaran dalam bisnis. Penyegaran ini bisa berupa penambahan modal ataupun penambahan produk baru. Namun hal ini akan sulit dilakukan jika Anda tidak mengetahui keuangan bisnis.

Keuangan ini harus diketahui pasti untuk pengambilan keputusan. Kalau produknya laris dan nilai laba cukup besar di akhir bulan, Anda bisa mengambil keputusan untuk memperluas/memperbesar bisnis.

Sebaliknya jika mengalami kerugian semisal belum mampu menjual produk sesuai target, Anda bisa membuat keputusan untuk melakukan promosi. Tujuannya jelas untuk meningkatkan penjualan. Meskipun Anda perlu menambah modal, tapi modal itu tidaklah akan mempengaruhi keuangan yang terlalu membebani.

Kesimpulannya, pencatatan seluruh transaksi sangat dibutuhkan dalam bisnis. Fungsi utamanya untuk mengetahui keseimbangan keuangan dari bisnis yang dijalankan. Makanya, sangat tepat jika Anda saat ini membuat jurnal penjualan dalam bisnis Anda.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.