Kabupaten Karo

Kabupaten Karo (Tanah Karo Simalem), terletak di dataran tinggi karo, bukit barisan di Propinsi Sumatera Utara. Ibukota kabupaten berada di Kabanjahe.  Dari kota Medan, Kabupaten Karo  bisa ditempuk dengan jarak sekitar 77 kilometer.

Tentang Kabupaten Karo

Goeografis

Secara geografis, wilayah karo merupakan dataran tinggi. Ketinggianya mencapai 600-1.400 meter. Berada di dataran tinggi, suhu disana cukup dingin. Di Karo, terdapat pegunungan bernama bukit barisan. Pegunungan ini terdapat beberapa gunung.

Sibayak dan Gunung Sinabung merupakan yang cukup dikenal lantaran dua-duanya masih aktif.  Selain itu, juga terdapat beberapa gunung lainya yakni gunung barus, gunung sibueten, gunung macik, gunung sipiso-piso dan gunung sembah balala dan beberapa gunung lainya belum diukur ketinggianya.

Tanah karo juga dikenal dengan danaunya, yakni danau Toba dan Danau Lau Kawar, yang dijadikan sebagai objek wisata. Danau Lau Klawar, tidak kalah indah, lantaran dikelilingi alam pegunungan dan hutan ropis. Disana, juga terdapat tempat perkemahan.

Sejarah

Menurut beberapa sumber, Karo dahulu menjadi bagian dari kerajaan Aru. Di tanah karo juga pernah terdapat beberapa kerajaan antara lain Kerajaan Sukapiring Seberaja, Kerajaan Sebayak Barusjahe, Kerajaan Sebayak  Kutabuluh, Kerajaan  Sebayak Sarinembah dan  Kerajaan Sebayak Lingga  serta kerajaan Sebayak Suka. Kabupaten Karo saat ini, lebih banyak ditinggali oleh Suku karo, disamping suku lainya yang minoritas.

Batas WIlayah

Kabupaten Karo berbatasan dengan wilayah disekitarnya. DI utara, berbatasan dengan Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Langkat. Kabupaten Samosir dan Kabupaten Simalungun di sebelah Timur. Berbatasan dengan Kabupaten Dairi di sebelah Selatan dan di sebelah barat dengan Kabupaten Aceh Tenggara.

Desa dan Kecamatan

Kabupaten Karo memilik sebanyak 248 desa dan 10 Kelurahan yang tersebar di 17 Kecamatan, meliputi Kecamatan  Dolat Rayat, Kecamatan Berastagi, Kecamatan Juhar, Kecamatan Kabanjahe, Kecamatan Kuta Buluh, Kecamatan Laubaleng, Kecamatan Merdeka, Kecamatan Merek dan Kecamatan Mardining.

Selain itu, yakni Kecamatan Munthe, Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Payung, Kecamatan Tigabinanga, Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Tiganderket dan Kecamatan Tigapanah serta kecamatan Barusjahe.

Wisata

Objek wisata di Kabupaten Karo antara lain gunung Sibayak, Gunung Sinabung, Danau Lau Kawar, Air Pans Lau Debuk-debuk dan Bukit Gundaling. Selain itu, terdapat wisata lainya yakni Air terjun Tongging, Air terjun Sikulikap, Air terjun Sipiso-piso dan Putri hijau.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.