Ciri Khas dan Jenis Kabudayaan Jawa Yang Harus Diketahui

Berbicara mengenai kebudayaan jawa terlalu luas dan membutuhkan banyak ulasan jika ingin secara lengkap dan tuntas. Sebab, Jawa sendiri terbagi lagi menjadi Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan juga Yogyakarta dan bahkan Jakarta juga masuk dalam zona pulau Jawa. Karena itulah pulau Jawa tidak bisa disebut secara seragam dengan jawa tengah dan lain sebagainya.

Kebudayaan Jawa sendiri sudah terbentuk dari zaman terdahulu. Pada artikel kali ini kami akan mengulas secara singkat mengenai kebudayaan jawa agar kamu mengingat kembali apa yang mungkin pernah kamu pelajari ketika sekolah. Berikut ini adalah ulasan lengkap yang dikutip dari laman web Hidupsimpel.com tenang kebudayaan jawa yang harus kamu tahu. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

Kebudayaan Jawa

Secara sederhana, budaya jawa bisa diartikan sebagai suatu budaya yang di miliki dan di jalankan oleh masyarakat yang berasal dari pulau jawa seperti jawa tengah, jawa timur,  dan yogyakarta. Jakarta, meskipun masih dalam wilayah pulau jawa, akan tetapi budaya dari jakarta bukanlah budaya jawa. Melainkan budaya betawi.

Dan jawa barat juga bisa di bilang bukan penganut budaya jawa. Sama halnya seperti jakarta yang punya budaya betawi, provinsi jawa barat juga memiliki budaya tersendiri. Karena mereka dari segi bahasa saja sudah berbeda. Budaya masyarakat yang tinggal di wilayah provinsi jawa barat adalah budaya sunda. Bahasa yang digunakan sehari-hari kebanyakan juga bahasa sunda.

pxhere.com

Kebudayaan di Jawa Tengah dan DIY

Kembali ke topik utama kita yaitu budaya jawa. Jika di kelompokan, budaya jawa terbagi atas tiga sub kategori utama yaitu budaya banyumasan, budaya jawa tengah-DIY dan juga budaya jawa timur. Dari kesemua budaya tersebut tentu memiliki ragam ciri dan karakteristik yang unik dan identik.

Budaya jawa lebih cenderung menunjukan nilai keseimbangan, keselarasan dan juga keseraian. Tak hanya itu saja, budaya jawa juga menjunjung tinggi nilai-nilai sopan dan santun. Karena itulah budaya jawa menjadi salah satu budaya yang paling banyak diminati untuk di pelajari oleh bule-bule luar negeri.

Sebenarnya budaya jawa tidak hanya di jalankan oleh masyarakat yang tinggal di lingkup wilayah jawa tengah, DIY dan jawa timur saja. Para perantau di kota jakarta misalnya, terkadang masih menjalankan budaya-budaya jawa. Sebut saja perantau asal banyumas yang membentuk komunitas ebeg di Jakarta.

Selain Jakarta, banyak juga masyarakat asli jawa yang menentap di sumatera melalui program transmigrasi dan orang-orang dari negera suriname yang sampai hari ini masih berbahasa jawa. Cerita mengenai orang suriname yang berbahasa Jawa adalah ketika dulu orang jawa di bawa oleh belanda ke negeri tersebut. Mereka hidup disana dan mempunyai keturunan sampai sekarang.

pxhere.com

Ciri Khas Budaya Jawa

Budaya jawa memang selalu menarik minat orang-orang mancanegara. Ada banyak budaya jawa yang di gandrungi oleh orang luar, semisal Wayang kulit, Keris, Batik, Kebaya, dan Gamelan. Beberapa diantaranya bahkan pernah di klaim menjadi hak milik dari negeri tetangga.

Mungkin orang-orang dari luar negeri ingin mengklaim budaya jawa atau lebih luasnya budaya nusantara karena orang-orang sini tidak peduli dengan budaya sendiri. Hal-hal seperti ini perlu menjadi pembelajaran dan evaluasi yang serius agar tidak terulang lagi.

Salah satu budaya jawa yaitu keris, di dua negara tetangga seperti Malaysia dan Filipina juga mengenalnya. Orang-orang di wilayah negara malaysia dan filipina mengenal keris karena terpengaruh oleh kerajaan majapahit yang dulu menguasi wilayah-wilayah tersebut.

Budaya wayang juga mengantarkan salah satu lembaga swadaya masyarakat asal jogjakarta mendapat penghargaan. Lembaga swadaya masyarakat tersebut bernama LSM Kampung Halaman. LSM Kampung Halaman meraih penghargaan seni dari Amerika Serikat dan LSM Kampung Halaman merupakan satu-satunya dari Asia yang meraih penghargaan bergengsi tahun 2011 lalu.

Budaya jawa yang lain, seperti gamelan jawa, juga memiliki pengaruh yang luar biasa bagi dunia. Sebut saja di negara singapura, amerika serikat dan selandia baru, di sekolah-sekolah negara tersebut memiliki mata pelajaran wajib gamelan jawa. Dan di beberapa negara amerika serta eropa selalu rutin mengadakan acara gamelan jawa.

Masih ada banyak budaya jawa yang mendunia, seperti Sastra Jawa Negarakretagama. Sastra Jawa Negarakretagama ini telah di akui oleh Unesco sebagai memori dunia. Dunia saja mengakui Sastra Jawa Negarakretagama, tentu hal itu sangat mengagumkan. Namun, apabila diantara kamu belum tahu tentang Sastra Jawa Negarakretagama yang mendunia ini, pastilah kita sangat malu.

John N. Miksic yang merupakan guru besar arkeologi di asia tenggara, yang mengajar di universitas negeri singapura menerangkan bahwanya kerajaan Majapahit memiliki cakupan wilayah kekuasan mencapai sumatera, singapura dan sampai ke thailand. Pernyataan tersebut tidak asal-asalan. Ada bukti yang konkret ketika terdapat banyak corak bangunan, candi, patung, dan seni dari negara tersebut seiras dengan pengaruh kebudayaan dari jawa.

Kesimpulan

Nah itulah ulasan lengkap tentang budaya jawa yang mendunia. Begitu banyak pengakuan dan kekaguman dari mereka, orang-orang luar negeri, terhadap budaya dari jawa yang mempesona. Kita sebagai orang Indonesia, lebih khusus lagi orang jawa haruslah lebih bangga lagi dari pada mereka. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.