Sudah Tahu Keistimewaan Surat An Nasr?

Surah An Nasr merupakan surat ke 110 dalam Al Qur’an, yang berisi 3 ayat dan termasuk dalam surat Madaniyah. Sesuai arti kata pada namanya yang diambil dari ayat pertama, kandungan An Nasr (pertolongan) membicarakan tentang pertolongan pertolongan Allah SWT. Surat An Nasr ini juga disebut surat At Taudi (perpisahan), karena Rasulullah SAW wafat pada 80 hari setelah surah ini diturunkan.

Isi Kandungan Surah An Nasr

  1. Ayat pertama: “Apablia telah datang pertolongan Allah dan kemenangan.”

Melalui ayat pertama pada surat ini telah disampaikan sebuah kabar gembira, yaitu akan janji datangnya pertolongan Allah SWT dan sekaligus kemenangan bagi Rasulullah SAW. Pertolongan dan kemenangan yang dimaksudkan Allah SWT di dalam ayat ayat An Nasr ini adalah, pembebasan atau penaklukan kota Makkah (Fathul Makkah) pada tahun 8 H.

  1. Ayat kedua: “Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong bondong.”

Kabar gembira lainnya juga disampaikan di ayat kedua surat ke 110 ini, bahwa manusia akan berbondong bondong memeluk agama Islam. Kemenangan yang disebutkan dalam ayat ini  dibuktikan dengan pembebasan kota Makkah, yang kemudian membawa hampir seluruh penduduk Makkah dan penduduk Arab segera memeluk agama Islam.

  1. Ayat ketiga: “Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepadaNya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.”

Surat An Nasr mengingatkan bahwa kemenangan merupakan sebuah pertolongan yang datangnya dari Allah SWT. Untuk memperoleh kemenangan dan pertolongan dari Allah yang tidak terbatas, maka kita harus selalu bertaubat dengan sungguh sungguh, memperbanyak istighfar, bersyukur, tasbih, serta tahmid. Surah ini hendaknya juga menjadi pengingat, agar tidak berbangga diri dan sombong dengan kemenangan yang telah diraih.

Keistimewaan Surah An Nasr

Setiap surah di dalam Al Qur’an memiliki fadhilah atau keutamaan yang berbeda-beda. An Nasr, yang berarti pertolongan, banyak menyiratkan keistimewaan akan janji datangnya pertolongan dan kemenangan dari Allah SWT dalam kondisi apapun. Berikut ini adalah beberapa keistimewaan An Nasr yang akan diperoleh, jika anda rutin membacanya setiap hari sesering mungkin.

1. Memohon agar segera dikabulkan keinginan

Hendaknya surah ini dibaca di dalam sholat jika anda ingin Allah SWT mengabulkan sejumlah keinginan. Karena barang siapa yang membaca An Nasr di dalam sholat, atau pada waktu selesai sholat sebagai wirid, maka keinginannya akan segera dikabulkan. Bukan hanya itu, Allah SWT juga akan menambah keimanan dan keyakinannya.

2. Membaca separuh Al Qur’an

Meski hanya berisi 3 ayat pendek, Surat An Nasr memiliki fadhilah yang luar biasa. Keutamaan surah ini ditujukan bagi siapapun yang rutin membaca An Nasr, sebagai bacaan di dalam sholat atau wirid seusai sholat. Barang siapa yang membaca surah An Nasr, maka ia seakan akan telah membaca separuh dari keseluruhan isi Al Qur’an. Jika masih merasa kesulitan membaca surat ini, manfaatkan mp3 surat An Nasr untuk membantu anda menghafal ayat An Nasr.

3. Membantu penerawangan ghaib

Ketika anda merasa ragu dan ingin mengetahui suatu keadaan yang masih ghaib (belum jelas), atau apa saja yang ingin diketahui, maka anda bisa menuliskan ayat ayat suci An Nasr dalam bentuk wifiq khusus. Ambillah wudhu terlebih dahulu, sebelum menuliskan An Nasr pada selembar kertas. Bungkus tulisan tersebut dan letakkan di bawah bantal atau dekat tempat tidur. Pastikan anda tidur dalam keadaan badan dan pakaian suci.

4. Mendapat kemenangan dalam melawan musuh

Surat An Nasr juga sering digunakan sebagai jimat yang ampuh, untuk melawan musuh dan meraih kemenangan. Caranya adalah dengan menuliskan ayat ayat An Nasr pada selembar kain sutra, lalu kain tersebut dipakai sebagai ikat pinggang. Dengan demikian, anda akan memperoleh kemenangan ketika berhadapan dengan musuh. Perlu diingat, bahwa anda harus dalam keadaan suci dari hadats ketika menuliskannya.

5. Memperoleh hasil tangkapan ikan yang berlimpah

Keistimewaan An Nasr berikutnya adalah mendapat hasil tangkapan ikan yang berlimpah. Ayat ayat An Nasr dituliskan pada sebuah kepingan timah, yang kemudian diikatkan pada jaring, pukat, atau alat lain yang digunakan untuk menangkap ikan. Ketika dipakai menangkap ikan, maka insya Allah akan memperoleh hasil yang cukup banyak. Jangan lupa untuk selalu berwudhu sebelum menuliskan surat An Nasr.

5. Mendapat kemenangan di meja hijau

Segala urusan yang anda ajukan di meja hijau akan dimudahkan oleh Allah SWT, jika anda membaca An Nasr setiap hari sebanyak banyaknya. Tuliskan juga wifiq An Nasr pada selembar kertas, dan bawalah kemana pun anda pergi agar mendapat barakah diberi kemenangan. Selain kemenangan yang berkaitan dengan pengadilan, rutin membaca An Nasr juga akan membuat orang lain mudah menerima dan menyambut baik saran saran dari anda.

Surah ini tergolong dalam deretan surah surah yang mudah dihafalkan, karena hanya terdiri dari 3 ayat pendek. Melalui surah Madaniyah ini, Allah kembali mengingatkan bahwa tidak ada pertolongan yang tidak mungkin diberikan, karena pertolongan Allah pasti datang. Memohon taubat dan memperbanyak tasbih memuji Allah merupakan bentuk pernyataan syukur, yang akan menjamin datangnya pertologan Allah SWT.

Yono