Kerupuk Rambak

Kerupuk merupakan salah satu makanan tambahan alias pelengkap dalam setiap makan. Banyak orang kecanduan makan dengan kerupuk karena menganggap tidak nikmat makan tanpa kerupuk.

Rasa yang cenderung asin membuat kerupuk cocok sebagai teman nasi putih hangat tanpa sayur atau lauk lainnya. Paduan rasa asin kerupuk ditambah manisnya kecap atau pedasnya sambal membuat orang-orang merasa tak masalah makan kerupuk dengan nasi putih saja.

Tak hanya dapat dijadikan makanan pendamping dari makanan berat, kerupuk juga cocok dijadikan cemilan saat menonton televisi maupun mengobrol bersama teman. Kerupuk sangat erat dengan budaya Indonesia meski makanan ini tergolong dalam junk food tradisional. Kerupuk tidak memiliki nilai gizi yang mencukupi karena proses pembuatannya dengan cara digoreng.

Meski demikian, peminat kerupuk di Indonesia tidak surut. Banyaknya jenis kerupuk di Indonesia membuat orang tak perlu bosan memilih. Salah satu jenis kerupuk yang peminatnya cukup banyak ialah kerupuk rambak. Kerupuk yang berbahan dasar kulit sapi atau kerbau ini memiliki cita rasa unik yang membuat orang ketagihan.

Kerupuk dari Kulit Sapi atau Kerbau

Kerupuk rambak ini terbuat dari kulit sapi atau kerbau. Pemanfaatan kulit sapi maupun kulit kerbau biasanya dijadikan bahan bedug maupun barang-barang yang berbahan dasar kulit lainnya. Selain itu biasanya kulit pada bagian kaki dijadikan kikil.

Cara Pembuatan

Bahan dasar kulit sapi ini akan direbus terlebih dahulu. Perebusan ini berfungsi untuk menghilangkan kuman dan mematangkan kulit sapi. Kemudian kulit dikeringkan di bawah sinar matahari. Proses pengeringan ini dapat memakan waktu 2 hingga 3 hari, tergantung pada cuaca. Setelah itu, kerupuk kering ini akan digoreng untuk proses pematangan yang sesungguhnya,

Memiliki Nilai Ekonomis

Harga kerupuk rambak per kilogramnya dapat dibandrol hingga Rp 80.000,00 sampai Rp 150.000,00. Harga yang lumayan ini sesuai dengan lamanya proses pembuatan. Selain itu bahan dasarnya yang berupa kulit sapi atau kulit kerbau ini memiliki harga mentah yang lumayan. Faktor lain yaitu bahan dasar berupa kulit mentah juga cukup sulit untuk diperoleh.

 

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.