Cara Menjaga Kesehatan Kucing Persia Himalaya

Seperti jenis lainnya, Kucing Persia Himalaya ini juga memiliki banyak peminat. Pecinta kucing menyukainya lantaran bentuk fisiknya yang menggemaskan. Bulunya juga berpola, menambah nilai dari kekhasan penampilannya.

Warnanya biasanya cokelat tua dan hitam. Kebanyakan, warna ini dikombinasikan dengan warna putih yang tidak dominan pada area tubuhnya. Sementara pola pada bulunya hanya terlihat pada bagian wajah, telinga, ekor dan ujung kakinya.

Kucing jenis ini juga sangat memerlukan perhatian ekstra. Pemberian pakan sampai penjagaan kandang yang bersih menjadi hal yang tidak terpisahkan. Karena keduanya akan berdampak pada keaktifan serta kesehatannya.

Jika Anda sudah memiliki kucing Persia jenis ini, Anda wajib mengusahakan untuk memeliharanya dengan telaten. Sebagai gambaran sederhana saja, perawatan yang Anda perlukan adalah sebagai berikut ini.

Pola Pemberian Pakan

Satu hal yang pasti, Anda perlu menyediakan makanan utamanya. Pemilihan makanan sangat menentukan pada prilaku hewan peliharaan tersebut. Begitu pula menentukan kesehatannya.

Secara umum, Anda bisa menyediakan beberapa variasi makanan untuk kucing. Diantaranya adalah keju, ikan, serta biji-bijian. Masing-masing makanan ini perlu diberikan secara bergantian agar tidak membuat kucing mengalami kebosanan.

Intinya, pemberian pakan ini harus berimbang. Anda perlu menjadwalkan pemberiannya agar penampilan kucing semakin baik. Begitu pula untuk menghindarkan turunnya nafsu makan kucing tersebut.

Kebanyakan, kucing ras Persia ini sangat menyukai keju. Keju ini mengandung nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuhnya. Misalnya protein yang bisa menjaga tubuhnya agar semakin sehat. Namun harus dipahami bahwa tidak semua jenisnya menyukai keju sehingga Anda perlu lebih bijak manakala akan memberikannya makanan.

Kemudian sesekali berikan asupan makanan berupa ikan. Ikan ini tidak perlu diberikan terlalu sering. Anda minimal bisa memberikannya 2 kali dalam seminggu. Ikan ini akan mendukung pada pertumbuhannya sehingga kucing akan semakin sehat.

Sementara itu, jadwalkan pemberian makanan berupa biji-bijian. Contohnya adalah jagung dan beras. Biji-bijian ini nantinya akan berguna untuk meningkatkan energi si kucing sehingga hewan peliharaan Anda akan lebih aktif.

Yang perlu Anda pahami adalah memberikan pakan secara terjadwal. Kemudian jumlahnya juga harus diperhatikan. Tujuannya agar makanan ini tidak tersisa yang membuat kandangnya semakin kotor.

Pembersihan Kandang

Hewan menggemaskan ini tentunya butuh tempat tersendiri di rumah. Anda tidak bisa membiarkannya untuk meninggali berbagai tempat. Karena kenyataannya, hewan peliharaan ini butuh tempat yang nyaman, jauh dari gangguan saat istirahat.

Menyediakan kandang adalah solusinya. Namun harus dipahami bahwa kandang Kucing Persia Himalaya ini juga wajib dijaga kebersihannya. Jika tidak, dikhawatirkan kucing akan terjangkiti virus ataupun penyakit yang menyebabkan pada kematian.

Pembersihan kandang ini perlu dijadwalkan. Pembersihannya juga meliputi berbagai faktor. Mulai dari area kandang, kotak pasir dan lain sebagainya. Kesemuanya wajib dibersihkan secara rutin.

Untuk bagian sisi kandangnya, Anda diminta untuk menyemprotkannya dengan cairan disinfektan. Cairan ini berguna untuk mencegah munculnya virus akibat terlalu kotor.

Penyemprotannya ini bisa dilakukan sehabis kandang dibersihkan. Normalnya, pemiliknya disarankan untuk membersihkan kandang 2 kali dalam sehari. Fungsinya agar kandang semakin bersih dan nyaman.

Kemudian bagian yang juga perlu dibersihkan adalah pasir maupun wadahnya. Pasir ini adalah tempat untuk kucing beristirahat ataupun tempat bermain selama di kandang. Dengan kata lain, seluruh aktifitasnya dilakukan di atas pasir.

Pasir ini tentunya akan sangat mudah kotor. Misalnya dari air seninya, kotorannya sampai sisa makanan yang dimakan kucing.

Kalau sudah seperti ini, Anda tentunya harus lebih telaten. Bersihkan pasir dan wadahnya dari kotoran tersebut. Gunanya jelas untuk mencegah kondisi yang bisa memicu ketidaknyaman kucing sekaligus mencegah datangnya penyakit.

Pasirnya sendiri sebaiknya selalu diganti setiap 3 hari sekali. Anda bisa mencucinya dan mengeringkannya sebelum dimasukkan ke dalam kandang.

Sementara untuk wadahnya, Anda juga disarankan untuk mencucinya. Kalau ingin lebih bersih, gunakan cairan disenfektan untuk mencegah kemunculan virus. Baru kemudian keringkan dan letakkan kembali ke dalam kandangnya.

Rutinlah Membawanya Ke Dokter Hewan

Kebanyakan pemilik akan menyukai bermain-main dengan kucing peliharaannya. Jika demikian, Anda tentunya wajib untuk memperhatikan kesehatannya. Karena kesehatannya akan mencegah Anda dari masalah kedepannya.

Untuk memastikan kesehatannya, Anda perlu membawanya ke dokter hewan. Usahakan untuk menjadwalkan kontrol kesehatan. Tujuannya bila terjadi masalah, dokter hewan akan memberikan langkah penanganan secepatnya.

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, rajinlah untuk menjaga moodnya. Caranya dengan mengajaknya bermain. Dengan cara demikian, Kucing Persia Himalaya akan merasa lebih nyaman dan terhindar dari depresi.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.