Ketahui Lebih Jelas Tugas dan Wewenang DPRD Kabupaten

DPRD atau Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, adalah sebuah lembaga perwakilan rakyat daerah yang memiliki tiga fungsi. Fungsi DPRD berkaitan dengan legislasi atau pembentukan suatu daerah, anggaran, dan pengawasan perda dan peraturan lainnya. Melihat fungsi tersebut, Sebenarnya seberapa penting DPRD Kabupaten ?

Wewenang dan Tugas DPRD untuk Kabupaten

Pada dasarnya, DPRD untuk  Kabupaten memiliki tugas yang hampir sama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah untuk Kota. Tujuan dibuatnya DPRD  untuk Kabupaten adalah untuk membentuk sebuah peraturan daerah Kabupaten yang sesuai dengan rakyat dan masyarakat daerah. Peraturan tersebut wajib dibahas terlebih dahulu, bersamaan dengan pimpinan daerah.

DPRD untuk Kabupaten dibuat agar penanganan dalam sebuah Kabupaten dapat lebih rapi dan teratur, hal ini karena DPRD Kabupaten dapat lebih fokus terhadap satu wilayahnya saja. Selain untuk membuat sebuah peraturan yang menyesuaikan warga setempat, DPRD untuk Kabupaten pun memiliki tugas untuk menghimpun dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat Kabupaten.

DPRD Menjadi Faktor Berjalanya Sebuah Kabupaten

DPRD memiliki fungsi utama yang menjadi bagian operasional sebuah daerah, maka dapat dikatakan adanya lembaga DPRD ini dapat menjadi faktor berkembangnya kabupaten suatu wilayah. DPDRD umumnya memiliki tiga fungsi yaitu fungsi legislasi, fungsi anggara, dan fungsi pengawasan.

Fungsi legislasi adalah fungsi DPRD dalam pembentukan peraturan daerah. Untuk fungsi anggaran tersebut adalah untuk melakukan perbaikan atau revisi mengenai APBD yang telah diajukan oleh pimpinan daerah. Selanjutnya untuk tugas pengawasan adalah untuk mengawasi pelaksanaan peraturan yang telah dibuat.

Hak yang dimiliki oleh DPRD

DPRD untuk kabupaten memiliki hak interpelasi, hak angket, hingga hak untuk menyatakan pendapat. Anggota DPRD dapat mengajukan rancangan peraturan daerah yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. DPRD pun memiliki hal untuk memilih dan dipilih,menyampaikan usul dan pendapat, serta mengikuti orientasi dan pendalaman tugas.

Setiap daerah pantasnya memiliki sebuah lembaga atau seseorang yang memimpin, untuk mengatur wilayah tersebut. Apabila negara telah memiliki presiden yang mengatur keamanan dan perkembangan negara ini, maka setiap kabupaten akan memiliki wakil rakyat daerah kabupaten. Dengan adanya DPRD untuk kabupaten, sebuah peraturan dapat berfokus untuk untuk watu wilayah sehingga lebih cepat untuk mengembangkan wilayah tersebut.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.