Ketahui Tentang Fungsi Bronkiolus di Sistem Pernafasan

Bronkiolus merupakan cabang dari bronkus. Terdapat 3 bronkiolus yang berada di sebelah kanan dan terdapat 2 bronliolus yang berada sebelah kiri dari bronkus. Bronkiolus memiliki ujung pangkal berupa gelembung-gelembung kecil yang di kenal dengan istilah alveolus. Alveolus ini merupakan gelembung kecil yang menjadi tempat pertukuran keluar masuknya oksigen dan karbon dioksida.

Ketika oksigen masuk ke alveolus, maka oksigen tersebut akan langsung di sebar luaskan ke seluruh tubuh melalui perantara pembuluh kapiler yang terletak di dinding-dinding pada alveolus. Sedangkan karbon dioksida yang di hasilkan dari ereksi sel akan di seret oleh pembuluh kapiler dan di hempaskan melalui hidung maupun mulut.

Fungsi Bronkiolus

Pada sistem pernafasan bronkiolus berperan untuk membantu perhafasan yang di proses di dalam organ paru-paru. Adapun fungsi-fungsi lain dari bronkiolus antara lain adalah sebagai berikut.

1. Sebagai saluran udara

Fungsi pertama dari bronkiolus adalah sebagai saluran udara dari bronkus menuju alveolus. Karena, ketika udara terhirup dari hidung dan masuk ke bronkus, agar dapat masuk ke alveolus maka harus melewati terlebih dahulu bronkiolus. Setelah udara melewati bronkiolus maka akan di bawa menuju alveolus dan terakhir akan di sebarluaskan oleh pembuluh kapiler ke seluruh tubuh.

2. Melakukan controling

Fungsi berikutnya dari bronkiolus adalah melakukan kontrol terhadap jumlah udara yang di distribusikan oleh paru-paru. Hal ini menjadi penting karena paru-paru pada manusia memiliki kapasitas yang telah di tentukan. Untuk itu, bronkiolus akan melakukan kontrol terhadap jumlah udara yang masuk sehingga tidak over kapasitas ataupun kekurangan pasokan udara.

Peran bronkiolus ini akan membuat paru-paru berfungsi lebih optimal dan stabil. Karena hal itulah ketika kita menghirup nafas dalam-dalam maka udara tidak akan semuanya masuk ke paru-paru di karenakan telah di kontrol oleh bronkiolus terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam paru-paru.

Yang terjadi ketika bronkiolus rusak adalah dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang mengganggu sistem pernafasan seperti halnya sesak nafas dan lain sebagainya.

Nah itulah ulasan mengenai bronkiolus. Sekian dan terima kasih.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.