Klasifikasi Belalang Emas

 

Belalang emas termasuk dalam keluarga Acrididae yang dapat mencapai panjang 13–26 milimeter (0,51 – 1,02 inci). Warna tubuhnya kuning kehijauan dan mengkilap. Kilapan belalang ini bisa terang ketika malam hari atau kondisi gelap. Sayap belalang emas jantan mencapai sangat lebar sehingga bisa mencapai pusat perut sedangkan sayap betina sangat kecil dan biasanya berwarna keunguan. Spesies belalang ini memiliki kemiripan yang besar dengan Euchorthippus declivus dan Chrysochraon dispar.  Namun meskipun hampir sama namun belalang emas dengan dua spesies ini dapat dibedakan pada bagian atas kepala yang memiliki bentuk lebih tajam dan mata yang lebih kecil secara proporsional. Belalang dewasa dapat ditemukan di habitatnya dari Juli hingga September.

Spesies belalang emas hadir di sebagian besar Eropa khususnya Daerah Timur. Belalang emas lebih suka hidup di gunung, padang rumput dengan rumput yang tinggi, kebun dengan berbagai tanaman, dan pembukaan hutan. Sehingga jika mencari belalang emas di daerah-daerah tersebut sangat mudah untuk kita jumpai. Jenis makanan belalang emas adalah daun dan batang sayuran sampai biji kopi. Namun umumnya ditemukan belalang emas yang memakan berbagai jenis tanaman di perkebunan dan persawahan. Hal tersebut menandakan bahwa belalang emas ini mampu beradaptasi dengan baik terhadap habitat hidupnya.

Meskipun belalang emas tidak hidup berkoloni, namun belalang emas memiliki daur hidup yang serentak. Sehingga kita sering melihat belalang emas dalam populasi yang tidak sedikit di musim-musim tertentu seperti musim kering dan musim panas. Hal tersebut dikarenakan telur belalang mati pada tanah yang terlalu lembab sehingga proses penetasan yang baik ada pada musim semi. Siklus ini bisa menjadi ancaman besar bagi petani sehingga penting bagi petani untuk dapat mengendalikan populasi belalang emas guna keselamatan tanamannya.

Belalang emas memiliki klasifikasi yang hampir sama dengan belalang lainnya yaitu berasal dari keluarga Acrididae namun memiliki perbedaan pada genusnya. Berikut merupakan klasifikasi lengkap dari belalang emas.

  1. Kingdom : Animalia
  2. Phylum : Athropoda
  3. Class : Insecta
  4. Family : Acrididae
  5. Sub Family : Gomphocerinae
  6. Tribe : Chrysochraontini
  7. Genus : Euthystira
  8. Spesies : E. Brachyptera

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.