Segudang Manfaat yang Dapat Diperoleh Melalui Jasa Ekspedisi

Di era sekarang ini, bisnis online shop makin hari makin merebak. Hal tersebut membuat masyarakat yang melakukan transaksi belanja online setiap harinya juga makin banyak dan membuat jasa ekspedisi pengiriman barang semakin di butuhkan. Baik untuk pengiriman barang ke pelanggan maupun pengiriman barang dari para supplier ke penjual. Terlebih lagi, sekarang ini banyak dari online shop yang menjual berbagai jenis barang yang berasal dari luar negeri yang tentunya membutuhkan adanya jasa ekspedisi pengiriman barang.

Perlu diketahui jasa ekspedisi sendiri merupakan jasa pengiriman berbagai macam jenis barang melalui berbagai jalur, mulai dari darat, laut maupun udara. Untuk pengiriman barang via jalur darat biasanya menggunakan kendaraan, seperti truk, tronton, maupun kereta api. Untuk jalur laut sendiri biasanya menggunakan kapal muatan kontainer, kapal feri, atau kapal barang (cargo). Dan untuk pengiriman barang melalui jalur udara biasanya jasa ekspedisi bekerjasama dengan pihak maskapai penerbangan.

Manfaat yang bisa di dapat melalui jasa ekspedisi

ilustrasi (photo: pixabay.com)
  1. Menghemat Waktu

Sekarang ini banyak jasa ekspedisi pengiriman barang yang menyediakan pick-up khusus untuk menjemput berbagai barang yang akan dikirim. Dengan seperti itu, pengirim tidak lagi kerepotan karena tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk perjalanan mengantar barang ke tempat jasa ekspedisi. Waktu yang biasanya terbuang untuk mengirim barang ke tempat jasa ekspedisi dapat digunakan untuk melakukan pengecekan barang, pengemasan barang, maupun membalas pesan para pelanggan. Yang tentunya dapat menghemat waktu yang biasanya terbuang sia-sia.

  1. Memangkas Jarak

Jika tiba-tiba keluargamu ingin makan lapis Bogor, dodol Garut, atau bahkan apel Malang, tidak mungkin langsung pergi jauh-jauh ke daerah asal makanan tersebut dengan mengeluarkan ongkos yang tidak sedikit hanya untuk mendapatkan makanan yang di inginkan. Namun, kini semuanya dimudahkan dengan adanya jasa ekspedisi. Hanya perlu menghubungi dan melakukan transaksi dengan penjual, maka semua pesananmu akan di antar.

  1. Barang Cepat SampaiTujuan

Ingin memesan barang untuk keperluan mendadak tapi jauh karena berada di kota Makasar? Tidak perlu panik, karena kini banyak jasa ekspedisi pengiriman barang yang menyediakan jasa pengiriman secara kilat yang membutuhkan waktu sekitar satu hari saja.

  1. Dilengkapi Dengan Asuransi

Sekarang ini banyak jasa ekspedisi pengiriman barang yang menyediakan asuransi, jadi para pengirim barang tidak perlu khawatir jika barang mengalami kerusakan atau bahkan hilang saat berada di perjalanan, karena dijamin dengan adanya asuransi. Tetapi, antara jasa ekspedisi yang satu dengan yang lainnya memilki tipe cover ganti rugi berbeda-beda antar satu sama lain.

  1. Dapat Mengirim Barang Dalam Jumlah yang Besar

Jasa ekspedisi pengiriman barang dapat mengirimkan barang dengan jumlah yang cukup besar dan juga banyak. Biasanya untuk pengiriman dengan jumlah yang banyak jasa ekspedisi menggunakan muatan kontainer. Dengan menggunakan kontainer, barang dengan ukuran besar pun dapat dengan mudah untuk dikirim.

  1. Dapat Dengan Mudah Untuk Dilacak

Setiap jasa ekspedisi pengiriman barang pasti akan memberikan nomor resi kepada pengirim barang. Nomor resi biasanya digunakan untuk melacak keberadaan barang, apakah masih berada di cabang jasa ekspedisi, sedang dikirim oleh kurir, atau bahkan sudah sampai ke tempat tujuan.

Selain itu, nomor resi juga dapat digunakan sebagai alat untuk komplain ke pihak jasa ekspedisi pengiriman barang, apabila terjadi kemungkinan seperti barang rusak, tertukar atau bahkan hilang saat proses pengiriman. Jadi, pastikan nomor resi di simpan dengan baik sampai barang sampai dengan selamat.

  1. Bisa Menjangkau Daerah Pelosok

Dengan adanya jasa ekspedisi pengiriman barang, tidak perlu lagi merasa khawatir jika sewaktu-waktu ingin mengirimkan barang ke rumah teman atau saudara yang berada di daerah pelosok. Sekarang ini, banyak jasa ekspedisi yang dapat mengirimkan barang ke berbagai wilayah di hampir seluruh wilayah Indonesia termasuk kota Makasar. Untuk pengiriman barang ke daerah yang tergolong jauh dan terpelosok biasanya jasa ekspedisi menggunakan jalur via laut atau udara.

ilustrasi (photo: pixabay.com)
  1. Tarif Pengiriman yang Cukup Murah

Jika ingin melakukan pengiriman barang ke luar kota atau bahkan luar negeri tidak usah takut akan menguras kantongmu. Karena dengan menggunakan jasa ekspedisi Surabaya Makassar untuk paket dengan berat di bawah 1 kg hanya memerlukan biaya kisaran Rp9.000,- sampai dengan Rp23.000,- saja. Sedang jika ingin mengirimkan barang dengan jumlah yang besar, bisa juga menggunakan jasa cargo laut yang dijamin tarifnya lebih murah dibandingkan dengan menggunakan cargo via jalur udara.

  1. Memudahkan untuk Ekspor Impor

Ingin menjual berbagai produk elektronik asal Jepang tapi tidak memungkinkan meyuplai barang secara langsung dari Jepang? Tidak perlu khawatir, karena jasa ekspedisi dapat membantu mengatasi masalah yang satu ini. Jasa ekspedisi yang paling sering digunakan untuk kegiatan ekspor impor yaitu menggunakan cargo via jalur laut. Karena cargo via jalur laut terkenal lebih mudah dalam hal perizinan masuk

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh melalui jasa ekspedisi pengiriman barang. Dengan menggunakan jasa ekspedisi, dijamin barangmu akan sampai dengan cepat dan waktu yang tepat.

 

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.