Lokasi Bandara Aceh dan Sejarahnya

Bandara? Kata ini terdengar sudah tidak asing lagi di telinga kita, ya. Jika yang kita tahu selama ini tentang bandara adalah tempat berlabuhnya pesawat terbang, Aceh oun juga menyediakan tempat yabg disebut Bandar Udara. Di Aceh sendiri, Bandara yang tersedia sudah masuk ke taran internasional, di mana namanya adalah Bandae Udara Internasional Sultan Iskandar Muda atau dalam wilayah Aceh masyarakat biasanya menyebut dengan istilah Bandar Udara Antar Nanggroe Sultan Iskandar Muda. Udara Internasional ini melayani beberapa kota di Banda Aceh. Di mana pengelola Bandara Aceh ini adalah sebuah PT bernama PT Angkasa Pura.

1. Sejarah Bandara Aceh

Tahukah kamu jika pada masanya atau sekitar tahun 2004 ini Aceh pernah menjadi bandar udara yabg dialih fungsikan sebagai tempat pengiriman obat-obatam setelah terjadinya Gempa bumi Samudra Hindia di tahun 2004? Bandara yang dibangun pada kisaran tahun 1943 ini memiliki landasan pacu sekitar 1400 dengan lebar 30 meter. Pada tahun 1954, nama bandara ini masih dikenal dengan nama Bandara Plang Bintang yang kemudian dibuka kembali oleh pemerintan Indonesia sebagai tempat landasan pendaratan berbagai pesawat. Bandara Aceh yang semula hanya memiliki landasan pacu 1400 dengan lebar 30 meter ini pada tahun 1999 telah memilii landasan pacu mencapai 2500. Landasan pacu dengan angka mencapai 2500 tersebut mamou menampung sebuah pesawat A330. Lalu pada tahun 2009, landasan pacu bandara aceh ini digenapkan menjadi 3000 dengan lebar kisaran mencapai ukuran 45 meter. Lalu, pada berbagai bangunan terminal lama juga tergantikan oleh terminal yang baru.

2. Pemegang Kendali Bandara Aceh

Bandar udara ini memiliki sistem pengendalian operasional oleh PT Angkasa Pura ll. 11 bandar udara lainnya juga telah dinaungi oleh PT Angkasa.

3. Maskapai penerbangan

Pada kendaraan udara yang memiliki bandara Aceh ini juga memiliki atau menhediakan beberapa Maskapai penerbangan, seperti:

Maskapai penerbangan dengan tujuan ke Air Asia Kuala lumpur-International Bangkok Airways Phuket Batik Air Jakarya – Halim Persana Kusuma, Jakarta – Soekarno -Hatta – City, dan lain-lain.

Itulah sedikit penjelasan mengenai bandara international sultan iskandar muda. Buat kamu hang ada di wilayah aceh, tidak perlu susah-susah dalam waktu yang lama untuk pergi jauh meski lintas negara atau pulau. Kamu bisa menggunakan bandara inis ebagai oelabujan pertam menuju negara atau kita berikutnya.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.