Cara Mencegah Muncul Jamur Di Toilet

Tempat paling waran dan paling sering di tumbuhi jamur adalah di kamar mandi atau toilet. Penyebab dari sering tumbuhnya jamur ditoilet adalah karena seringnya lantai atau dinding terkena air yang menyebabkan kelembapan menjadi tinggi. Karena kita sudah mengetahui bahwa perkembangan jamur akan meningkat dengan cepat apabila berada di daerah atau area yang memiliki kelembapan tinggi seperti di toilet atau kamar mandi. Sebelum kita ke cara pencegahan jamur berkembang di kamar mandi kita harus mengetahui dahulu penyebab adanya jamur di toilet, dan juga mengetahui efek yang bisa ditimbulkan oleh jamur tersebut.

Penyeban Muncul Jamur Di Toilet

Sebenarnya walaupun kamar mandi atau toilet memiliki kelembapan yang tinggi, tidak semua toilet ditumbuhi oleh jamur. Jika di toilet anda ditumbuhi oleh jamur mungkin penyebabnya ada dibawah ini.

Kondisi lantai atau dinding toilet yang selalu basah

Kondisi seperti ini merupakan kondisi yang sangat disenangi oleh jamur, karena memang semua jamur sangat senang dengan kondisi yang basah dan lembab.

Design toilet yang tidak tepat

Menggunakan bak mandi didalam toilet merupakan langkah yang kurang tepat, dimana jika adanya bak mandi di dalam toilet maka akan ada genangan air dan menyebabkan kelambapan di dalam toilet menjadi tinggi, ini bisa mengundang berkembangnya jamur di dalam toilet. Jika bisa kita bisa menggunakan sistem shower dimana kita bisa mengontrol penggunaan air sehingga kelembapan bisa kita jaga.

Kurangnya sirkulasi udara dan cahaya matahari

Kamar mandi atau toilet yang memiliki sirkulasi udara yang tidak mencukupi bisa menyebabkan udara tidak bisa keluar masuk secara baik yang bisa menyebabkan kelambapan udara terperangkap dan jamur mudah berkambang biak, dan cahaya matahari seharusnya bisa masuk kedalam kamar mandi agar sinarnya bisa mencegah berkembangnya jamur di dalam toilet.

pixabay.com

Dinding kamar mandi tidak tahan air

Biasanya dinding kamar mandi yang tidak dicat menggunakan cat yang tahan air menyebabkan air dari toilet merembes kedalam dinding toilet, ini menyebabkan kelembapan pada dinding cocok untuk perkembangan jamur, yang bisa mengakibatkan rapuhnya dinding kamar mandi

Jarang membersihkan toilet

Jika anda jarang sekali menyikat atau membersihkan makar mandi anda maka jamur akan sangat cepat berkembang, dimana jamur memang sangat menyukai derah yang lembab dan juga kotor.

Cara Mencegah Jamur Tumbuh di Toilet

Jika kita sudah mengetahui penyebab dari jamur yang berkembang di dalam toilet kita, sekarang kita bisa melakukan beberapa cara pencegahan agar kamar mandi atau toilet kita tetap bersih dan terhindar dari jamur.

Penggunaan exhaust Fan

Menggunakan alat elektronik berupa exhaust fan ini bisa menjaga kelembapan yang terjadi didalam kamar mandi, sehingga kelembapan yang ada didalam toilet bisa tetap terjaga, dan jamur tidak akan mudah tumbuh

pixabay.com

Percepat pengeringan toilet

Untuk melakukan pengeringan kondisi di kamar mandi kita bisa menggunakan exhaust fan atau bisa membuka jendela toilet selepas digunakan agar toilet menjadi cepat kering

Mencuci kain gorden atau handuk yang ada di toilet

Apabila kita menggunakan gorden atau menggunakan handuk sebaiknya sering-sering di cuci agar jamur tidak mudah untuk berkembang biak, atau apabila setelah menggunakan handuk langsung dikeringkan di bawah sinar matahari langsung.

Penggunaan cat anti air

Menggunakan cat yang anti air atau bersifat waterproof sangat dianjurkan, sehingga air dari toilet tidak meresap kedalam tembok dan tembok akan cepat kering.

Cara Membersihkan Jamur di Toilet

Apabila sudah ada jamur yang berkembang di dalam toilet kita bisa membersihkannya dengan cara sebagai berikut.

  1. Terlebih dahulu kita harus mengeringkan kamar mandi atau toilet, pengeringan ini bertujuan agar jamur bisa mudah untuk dibersihkan karena kekurangan air dan mati.
  2. Pada saat membersihkan jamur harus menggunakan sarung tangan yang tertutup rapat, ini bertujuan agar tangan kita tidak terkena spora dari jamur yang kita bersihkan
  3. Bila jamur sudah tebal dan banyak kita bisa menggunakan sekop untuk mengikie jamur tersebut.
  4. Penggunaan pembersih kamar mandi atai toilet yang kuat, kita bisa membelinya di pasaran atau jika tidak ada kita bisa menggunakan pemutih pakaian yang dicampur dengan air untk membersihkan tempat berkembangnya jamur
  5. Menggosok bagian kamar mandi atau toilet secara menyeluruh, dengan kita menggosok kamar mandi secara menyeluruh kita bisa mencegah toilet kita ditumbuhi jamur dimana pada saat jamur yang kita bersihkan tadi pasti akan menerbangkan sporanya di seluruh kamar mandi, dengan menggosoknya spora tersebut tidak akan bisa menempel lagi di dinding toilet.
pixabay.com

Sebelum kita membersihkan kamar mandi atau toilet kita ada baiknya juga kita mengetahui beberapa jamur yang berbahaya yang bisa ada di dalam toilet kita. Seperti jamur pink mold, dimana biasanya kita melihat ada bintik berwarna pink di sekitar toilet itu sebenarnya bukan sebuah jamur namun sebuah bakteri yang berkumpul dan berwarna merah muda, bakteri ini sangatlah berbahaya karena bakteri ini apabila terhirup bisa menyebabkan kita terkena radang pernafasan, bakteri ini biasanya muncul diakibatkan karena adanya sisa sabun atau sampo yang ada di toilet kita pada saat kita menggunakannya.

 

Itulah beberapa cara pencegahan yang bisa kita lakukan agar kamar mandi atau toilet kita tidak ditumbuhi oleh jamur dan tetap bersih.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.