MENGENAL KARAKTERISTIK AKAR PADI

Tanaman padi memiliki usia yang relative pendek, usia maksimal tanaman ini berkisar antara 140 hingga 150 hari untuk varietas biasa. Sedangkan untuk varietas padi unggulan padi dapat dipanen pada usia kurang dari atau maksimal 120 hari. Masing-masing bagian dari tanaman padi memiliki fungsi dan peranan yang berbeda-beda, mulai dari ujung akar, batang tanaman hingga daun.

Buah padi yang disebut dengan gabah memang diproses pada bagian batang dan daun, akan tetapi hasil buah tanaman padi tersebut tidak akan bisa muncul tanpa adanya peran penting dari akar padi. Salah satu keunikan tanaman padi terletak pada akar tanamannya, akar padi berjumlah 4 buah meskipun pada awalnya hanya terlihat satu saat berupa benih.

AKAR PRIMER

Akar primer disebut juga sebagai Radikula, akar ini muncul ketika pada benih yang disemai pada usia 3-4 hari, munculnya radikula juga akan diikuti dengan tumbuhnya batang padi serta daunnya. Batang dan daun yang kecil serta menjalar inilah yang nantinya akan bertransformasi menjadi padi dewasa. Akar primer juga merupakan akar yang paling tua pada tanaman padi, akar ini akan menancap pertama pada tanah dan menghidupi satu tanaman padi hingga berbuah.

AKAR SERABUT

Akar serabut merupakan akar tanaman padi yang berfungsi menyerap nutrisi pada awal tanaman padi di tancapkan dalam tanah, akar ini memiliki fungsi utama sebagai penyerap nutrisi dan berbagai kandungan yang dibutuhkan oleh tanaman, akar serabut memiliki umur yang sangat lama, mengikuti usia padi hingga dipanen.

AKAR RAMBUT

Akar rambut merupakan akar yang menyerupai akar serabut, fungsinya juga hampir sama yaitu menyerap berbagai nutrisi. Akar serabut memiliki usia yang relative lebih pendek daripada akar serabut, akar ini juga selalu berganti dan tumbuh mengikuti tumbuh kembang tanaman padi. Fungsi terbesar dari akar rambut adalah menyerap berbagai nutrisi baru yang diberikan oleh petani dari kandungan berbagai pupuk.

AKAR TAJUK

Akar tajuk merupakan akar tanaman padi yang berada pada bagian ujung bawah batang, akar ini memiliki bentuk yang lebih besar jika dibandingkan akar serabut dan akar rambut. Fungsi utama akar ini adalah sebagai pengatur sirkulasi oksigen dari dalam tanah yang akan diolah sebagai salah satu bahan fotosintetis tanaman.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.