Mengenal Lebih Jauh Tentang Nefron Ginjal dan Fungsinya

Kita ketahui bersama kalau ginjal itu memiliki tiga bagian utama yaitu korteks, medulla, dan pelvis. Dimana ada unit fungsional terkecil dari ginjal yang disebut nefron ginjal. Jadi nefron ini terdiri dari tubulus kontirtus proximal, duktus koligentesm dan tubulus kontortus distal. Di dalam ginjal ini ternyata memiliki 1juta nefron yang mampu membentuk urin.

Ginjal ini tidak mampu membentuk nefron baru, jadi ketika ada kerusakan pad anefron maka jumlahnya akan berkurang. Jumlah nefron ini akan menurun sekitar 10% setiap 10 tahun. Berikut ini akan dijelaskan mengenai bagian penting pada nefron dan fungsinya:

  1. Badan Malpighi

Badan malpighi ini merupakan bagian yang berperan untuk menyimpan kapsula bowman dan glomerulus untuk menyaring kandungan darah. Jadi fungsi utama dari malpighi ini untuk menyaring darah.

  1. Kapsula Bowman

Kapsula bowman ini merupakan sebuah kantong atau kapsul yang bertugas untuk membungkus glomerulis. Fungsi utama dari kapsula ini yaitu untuk mengumpulkan cairan dari hasil proses penyaringan glomerulus.

  1. Glomerulus

Glomerulus merupakan pembuluh darah kecil yang terlihat seperti bola benang yang memiliki fungsi untuk tempat penyaringan darah. Penyaringan ini terpusat untuk menyaring glukosa, air, asam amino, urea, garam, untuk menghasilkan urin primer.

  1. Tubulus kontortus proksimal

Tubulus kontortus proksimal merupakan tempat untuk menyerap kembali urin primer untuk menyerap air, glukosa, garam, dan asam amino. Tubulus ini berfungsi untuk menghasilkan urin sekunder yang tinggi.

  1. Lengkung henle

Lengkung henle ini merupakan saluran yang memiliki bentuk U dan sebagai penghubung antara tubulus kontortus distal dan tubulus kontortus proksimal. Lengkung henle bertugas untuk memastikan urine tidak kembali lagi ke tubulus kontortus proksimal.

 

 

  1. Tubulus kontortus distal

Tubulus kontortus distal merupakan tempat dimana untuk melepaskan zat yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh. Proses ini disebut dengan proses augmentasi atau pengumpalan. Sehingga cairan yang sudah melewati tubulus kontortus distal ini merupakan urin yang sebenarnya.

  1. Tubulus Koliktivus

Tubulus kolektivus ini merupakan tabung sempit yang panjang yang ada didalam gunjal yang berfungsi untuk mengumpulkan urin dari nefron. Kemudian disalurkan ke pelvis dan langsung menuju kandung kemih.

Demikianlah penjelasan mengenai bagian dari nefron ginjal dan fungsinya. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah pengetahuan anda tentang bagian-bagian penting yang ada dalam organ ginjal.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.