Mengenal Manfaat Ikan Belida, Ternyata Mengandung Nutrisi yang Baik Untuk Kesehatan

Belida merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar. Namanya sendiri, belida diambil dari asal ikan tersebut yaitu di daerah Sumatera Selatan. Kita ketahui bersama kalau ikan ini memiliki banyak sekali nama lain. Ada yang menyebut kalau ikan belida ini disebut dengan ikan lobis, ada juga yang menyebutnya dengan ikan belido. Kalau orang Banjar menyebutkan kalau ikan ini adalah ikan pipih.

Belida ini banyak kita temui di daerah Kalimantan, Sumatera, Jawa, dan Semenanjung Malaya. Ikan ini sangat populer karena dagingnya digunakan sebagai bahan utama pembuatan kerupuk khas Palembang. Kerupuk itu disebut dengan kerupuk Kemplang. Selain digunakan untuk pembuatan kerupuk, daging ikan ini juga digunakan sebagai bahan pembuatan empek-empek Palembang. Namun saat ini bahan pembuatan empek-empek menggunakan ikan tenggiri.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai manfaat yang terkandung pada ikan belida.

  1. Kaya akan protein

Kita ketahui bersama kalau protein menjadi salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Maka dari itu agar tubuh anda sehat anda perlu memenuhi asupan protein. Sumber protein ini bisa anda dapatkan dari berbagai kacang-kacangan dan daging. Selain itu belida ini merupakan salah satu ikan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Kandungan protein pada ikan ini sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak, usia remaja dan orang dewasa.

  1. Mengandung kalsium dan fosfor

Belida ini merupakan ikan yang mengandung banyak nutrisi mineral yang tinggi sehingga sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Nutrisi tersebut adalah fosfor dan kalsium yang sangat berperan dalam menjaga kesehatan tulang. Sehingga membuat tulang anda akan lebih kuat dan tidak mudah keropos.

  1. Zat besi

Kemudian nutrisi yang sangat penting bagi tubuh adalah zat besi. Kita ketahui bersama kalau zat besi ini dibutuhkan sebagai bahan pembentukan darah. Nah apabila anda ingin mendapatkan nutrisi zat besi maka anda bisa mengkonsumsi belida. Maka dari itu ketika mengalami sakit anemia maka disarankan untuk rutin mengkonsumsi belida.

Demikianlah beberapa manfaat penting dari mengkonsumsi ikan belida. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan anda tentang pentingnya mengkonsumsi belida.

 

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.