Mengenal Sejarah Coklat Cadbury

Cadbury merupakan perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman yang memiliki kantor pusat di London, Inggris. Cadbury sendiri sudah berdiri lebih dari seratus tahun yang lalu dengan nama awal Cadbury’s.

Bagi para pecinta coklat pasti sudah tidak asing dengan salah satu produsen coklat asal Inggris ini. Coklat dengan bungkusan berwarna ungu yang sangat khas, yang banyak dijual diswalayan – swalayan.

Warna ungu pada kemasan ini sudah menjadi ciri khas tersendiri pada coklat cadbury. Apabila kita ingin membeli coklat, pasti kita sudah dapat langsung mengenali coklat cadbury ini dari kejauhan, hanya dengan melihat bungkusan berwana ungu.

Sejarah Cadbury

Cadbury didirikan oleh John Cadbury pada sekitar tahun 1824, yang mana pada awalnya dia menjual kopi,teh serta minuman coklat didaerah Birmingham, Inggris. Dia membuka kedai minuman dipinggir jalan hingga tahun 1831, yang mana pada tahun itu akhirnya dia bisa membuka sebuah pabrik didaerah Bridge Street.

Yang pada awalnya John Cadbury hanya memasarkan produknya kepada konsumen kelas menengah kebawah, dengan berdirinya pabrik ini dia mulai menyasar konsumen kelas atas.

Pada tahun 1847 John Cadbury mengajak Benjamin Cadbury untuk bermitra, yang mana Benjamin merupakan saudaranya sendiri. Dengan bergabungnya Benjamin, mereka memberikan nama Cadbury Brothers untuk perusahan ini.

John sendiri mengajak saudaranya untuk bermitra lantaran membutuhkan dana tambahan. Karena untuk memproduksi coklat dengan pangsa pasar kelas atas membutuhkan biaya yang tidak sedikit Pada tahun 1854 Cadbury Brothers dipercayakan Royall Warent sebagai pengolah coklat serta kakao resmi untuk Ratu Victoria.

Produk

Dari sejak awal berdirinya cadbury telah banyak memproduksi beberapa varian coklat yang dieksport keseluruh dunia.

Cadbury dairy milk sendiri merupakan varian yang paling terkenal, yang mana pada varian ini komposisi susu lebih ditonjolkan daripada pada varian coklat cadbury lainnya.

Sejak awal kemunculannya pada tahun 1905 varian cadbury dairy milk sudah menggunakan bungkusan berwarna unggu, bahkan hingga saat ini penggunaan warna ungu pada cadbury dairy milk masih dipertahankan.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.