Panduan Cara Ternak Kelinci bagi Pemula

Apakah Kamu memiliki niat untuk membuka usaha? Apabila iya direkomendasikan untuk ternak kelinci. Alasannya karena sangat menjanjikan dan merupakan hewan yang sangat mudah dijinakkan. Sebagai pemula sebaiknya terlebih dahulu harus mengetahui cara ternak kelinci.

Jenis Kelinci Pedaging

Pada saat Kamu memutuskan ternak kelinci sebagai usaha, sebaiknya ditentukan terlebih dahulu ingin berorientasi pada daging, kulit atau bulu. Jenis-jenis kelinci berbeda-beda serta memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika ingin mengambil dagingnya bisa memilih jenis New Zealand White, Himalaya, Californian, Havana, Belgian dan Flemish Giant.

Cara Ternak Kelinci Bagi Pemula

  1. Menyiapkan Kandang Kelinci

Untuk ternak kelinci, pertama-tama harus menyiapkan kandangnya, lengkap dengan tempat makan, minum dan khusus kotoran. Sebagai pemula cukup menyediakan satu atau du kandang terlebih dahulu.

  1. Memilih Indukan Kelinci Jantan dan Betina

Jika tujuan ternak kelinci adalah untuk mendapatkan dagingnya maka perlu memilih jenis pedagang. Kemudian cari bibit jantan dan betina yang berkualitas dan bagus supaya mendapatkan hasil maksimal.

  1. Memberi Makanan yang Sehat

Setiap Kamu ternak hewan jenis apapun, tentu perlu memberikan makanan yang sehat. Perlu diketahui jika kelinci merupakan hewan herbivora, tetapi tidak semua jenis tumbuhan dikonsumsi. Beri mereka makan dua kali dalam sehari pagi dan sore.

  1. Proses Mengawinkan Kelinci

Setelah menyediakan kandang yang nyaman dan memilih bibit yang berkualitas. Cara ternak selanjutnya adalah dengan mengawinkan kelinci. Kelinci yang sudah siap pada proses tersebut berusia 6-8 bulan. setelah dikawinkan maka akan hamil dan melahirkan banyak anak.

 

 

 

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.