Yuk Pelajari Surat Luqman Lebih Jauh: Surat Luqman Ayat 14

Dalam bacaan surat Luqman ayat ke 14, dikatakan bahwa Tuhan memerintahkan manusia untuk berbuat baik pada kedua orang tuanya, ibu yang telah mengandung dalam keadaan lemah dan menyapihnya selama dua tahun. Selalu bersyukur kepada Tuhan dan kedua orang tua karena hanya kepada Tuhan kamu akan kembali. Dari satu ayat tersebut, yuk pelajari surat Luqman lebih jauh sehingga anda bisa mendapakan hikmah dari kisah Luqman yang dijelaskan dalam surat Luqman.

Mengkaji Surah Luqman

Di era digital seperti sekarang, dimana teknologi sudah berkembang sedemikian rupa sehingga anda bisa mendapatkan informasi dengan mudah, tidak ada salahnya menggunakan teknologi tersebut untuk mengkaji surah Luqman. Ada berbagai sumber yang bisa anda gunakan untuk mencari mengenai surah Luqman, mulai dari ebook, artikel, tafsir dari berbagai ulama dan lain sebagainya. Karena tidak banyak orang yang bisa memahami Alquran tanpa adanya bantuan.

Yang namanya informasi memang sudah bisa diakses dengan lebih mudah, namun kalau anda tidak memanfaatkannya dengan baik maka anda tidak akan bisa merasakan kenikmatannya. Oleh sebab itulah tidak ada salahnya sekali-kali menggunakan internet untuk mempelajari Alquran terutama surah Luqman. Anda tidak akan kecewa karena ada banyak sekali hal yang bisa anda dapatkan dengan mempelajari surah Luqman. Dan khusus dalam artikel ini akan dijelaskan makna dari surah Luqman ayat ke 14. Yuk pelajari surat Luqman lebih jauh!

pixabay.com

Makna Surah Luqman

Mengapa harus membahas makna surah Luqman ayat ke 14? Karena sudah diketahui oleh banyak orang bahwa orang tua harus dihormati, terutama ibu. Tanpa adanya ridho dari orang tua, anda tidak akan bisa mendapatkan ridho dari Tuhan. Untuk itulah dalam artikel ini akan membahas makna surah Luqman yang membahas perintah Tuhan untuk berbakti dan berbuat baik pada kedua orang tua.

Ada banyak sekali tafsir yang menjelaskan mengenai makna dalam surah Luqman ayat ke 14, anda bisa membaca dan memahaminya perlahan-lahan. Yuk pelajari surat Luqman lebih jauh dengan membaca penjelasan tafsir-tafsir di bawah ini:

pxhere.com
  1. Tafsir Al-Muyassar

Tafsir ini menjelaskan bahwa Tuhan mewasiatkan pada manusia agar menaati, berbakti kepada orang tuanya. Pertama karena ibunya sudah mengandung dengan berbagai kesusahan dan kemudian menyapih selama 2 tahun. Kedua karena orang tua telah memberikan pendidikan serta perhatian. Oleh sebab itulah umat manusia harus berterima kasih kepada kedua orang tuanya. Di akhir ayat juga dikatakan bahwa hanya Tuhan lah tempat untuk kembali, dan nantinya Tuhan akan memberikan balasan kepada umatnya sesuai dengan haknya masing-masing.

  1. Tafsir Al-Mukhtashar/ Markaz Tafsir Riyadh

Dalam ayat ke 14, disebutkan bahwa Tuhan memerintahkan umat manusia untuk berbuat baik pada kedua orang taunya. Tuhan juga meminta umatnya untuk bersyukur pada orang tuanya dengan bersyukur pada Tuhan. Karena hak kedua orang tua merupakan salah satu hak yang ditanggung oleh anak-anaknya. Perintah Tuhan untuk bersyukur kepadaNya dan kedua orangnya merupakan perintah Tuhan untuk semua umatnya. Selain itu juga disebutkan bahwa seorang ibu telah mengandung dalam keadaan lemah, maksudnya adalah seorang perempuan adalah makhluk yang lemah dan kehamilan membuatnya menjadi lebih lemah.

pixabay.com
  1. Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir/ Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar

Dalam tafsir ini dijelaskan bahwa Tuhan memerintahkan umat manusia untuk selalu berbakti dan juga berbuat baik pada kedua orang tuanya. Selain itu juga selalu bersyukur pada Tuhan dengan ungkapan syukur pada orang tuanya. Perintah Tuhan untuk berbakti dan juga bersyukur merupakan bukti bahwa hak orang tua itu sangatlah besar. Karena ibu telah mengandung dengan susah payah, kemudian masih menyapihnya selama dua tahun. Orang tua juga menjadi sumber kehidupan karena telah mendidik anak-anaknya hingga hari kiamat tiba. Oleh sebab itulah Tuhan mengilhamkan pada umatnya untuk bersyukur padaNya karena Tuhan adalah sumber segala nikmat.

  1. Tafsir Al-Wajiz/ Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Tafsir ini menjelaskan jika Tuhan memberi kabar kepada umatnya untuk berbuat baik pada kedua orang tuanya, berbuat ihsan kepada orang tuanya. Kemudian Tuhan menjelaskan bila umatnya harus berbakti karena ibunya telah mengandung dalam perutnya hingga lahir, dan semakin bertambah umur kehamilannya maka bertambah pula keletihannya dalam mengandung hingga ia menjadi lemah. Setelah itu Tuhan juga menjelaskan bahwa seorang ibu juga menyapih anaknya hingga berusia dua tahun. Untuk itulah umat manusia harus berbuat baik dan bersyukur pada orang tuanya dengan cara menegakkan hak kedua orang tuanya.

  1. An-Nafahat Al-Makkiyah/ Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Tuhan telah memerintahkan umatnya untuk memenuhi hakNya dengan cara mentauhidkanNya dan menjauhi syirik. Lalu dalam surah Luqman ayat ke 14, Tuhan memerintahkan umatnya untuk memenuhi hak kedua orang tuanya dengan cara berbakti pada keduanya. Kemudian Tuhan juga menjelaskan mengapa umatnya harus berbakti pada orangnya terutama ibu. Karena seorang ibu telah mengandung dengan susah payah hingga ia menjadi lemah, setelah itu seorang ibu juga masih harus menyapih selama 2 tahun. Tidak hanya itu saja, kedua orang tua juga memberikan pendidikan pada anak-anaknya, oleh sebab itulah seorang umat harus bersyukur.

Dari berbagai tafsir di atas, apakah anda sudah paham mengenai surah Luqman ayat ke 14? Jika ya, maka hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan apa yang diperintahkan oleh Tuhan dalam ayat tersebut.

 

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.