Ketahui Pengertian Presentasi dan Fungsinya

Pastinya kalian pernah melakukan presentasi di sekolah atau kampus bukan ? Presentasi memang sebuah kegiatan yang selalu ada dalam belajar pembelajaran, hal ini karena dengan presentasi maka guru akan melatih cara berbicara dalam memberikan informasi atau materi kepada audience. Mungkin ada beberapa dari kalian yang belum mengetahui jenis, fungsi,  serta pengertian presentasi. Oleh karena itu, yuk simak ulasannya berikut.

Apa itu Presentasi ?  

pixabay.com

Pernahkah kalian berbicara di depan kelas, menjelaskan tugas yang telah kalian kerjakan ? Kegiatan tersebutlah yang dinamakan dengan presentasi. Dari arti katanya sendiri presentasi adalah dimana kalian akan menunjukkan, menjelaskan, serta menjabarkan sebuah pendapat atau informasi dalam bentuk komunikasi.

Presentasi akan selalu kita temui dan alami, entah itu sekolah maupun dalam dunia kerja. Kegiatan ini pasti telah dipupuk sejak awal, yaitu sejak bangku sekolah. Hal ini bertujuan agar kelas menjadi lebih hidup, dan siswa menjadi aktif menyimak serta mendiskusikan materi yang disampaikan.

Pada kegiatan presentasi tersebut, nantinya akan muncul sebuah forum diskusi. Hal ini karena presentasi akan memancing sebuah pertanyaan, dari audience ke presenter. Sehingga pengertian presentasi bukan hanya untuk menjelaskan, namun juga menjawab pertanyaan audience jika dirasa ada yang kurang jelas dalam penjabaran sebelumnya.

Dengan memupuk kebiasaan serta pengalaman berbicara di depan umum seperti ini, maka seseorang secara pribadi akan tumbuh menjadi berani secara perlahan. Hal ini pula lah yang secara tidak langsung ditanamkan oleh intansi pendidikan, untuk mempersiapkan serta membantu siswa tumbuh secara akademik dan non akademik.

Sehingga siswa tersebut akan siap, maupun terbiasa ketika harus melakukan presentasi dalam bekerja. Menjelaskan di depan audience dalam perkantoran memang keadannya cukup berbeda, yaitu lebih formal dan serius. Akhir dari presentasi tersebut bukan hanya untuk menjabarkan serta memberikan informasi saja, melainkan untuk disetujui atau tidaknya sebuah inovasi yang di presentasikan.

Beberapa Jenis Presentasi

Dalam presentasi, sesungguhnya ada beberapa jenis yang perlu diketahui. Jenis dari presentasi ini dibedakan menjadi 3 macam yaitu presentasi dadakan, hafalan, serta naskah.  Ketiga macam dari presentasi ini dibedakan dari cara melakukan presentasinya. Pada presentasi dadakan, merupakan kegiatan yang dilakukan tanpa adanya persiapan. Sehingga, presenter harus dituntut untuk dapat menguasai materi dengan spontan atau langsung.

Untuk presentasi hafalan, merupakan jenis presentasi yang dilakukan dengan cara materi teks yang telah disediakan. Umumnya presentasi hafalan ini dilakukan pada mereka, yang ingin berinteraksi secara langsung dengan audience. Presenter akan melakukan latihan untuk menguasai seluruh materi, dan menghafal beberapa hal penting yang harus dijabarkan.

Sedangkan pengertian presentasi naskah, merupakan kegiatan yang dilakukan dengan cara membaca naskah untuk para audience. Jenis presentasi ini adalah jenis yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang, sehingga kata kata yang dikeluarkan pun sama seperti teks pada naskah yang telah dibuat atau dipersiapkan.

Setiap jenis dari cara presentasi tersebut, tentu memiliki kelebihannya masing-masing. Seperti pada presentasi mendadak, dapat menjadi sebuah tantangan bagi pembicara dalam mengembangkan informasi yang didapat tanpa ada persiapan sebelumnya. Pembicara pun dapat secara bebas dan santai, menyampaikan sesuatu yang dirasakan olehnya.

Kelebihan pada presentasi hafalan, memang sangat riskan. Akan tetapi  menghafal juga dapat memberikan kelebihan agar pembiacara dapat berinteraksi langsung, namun tetap menjelaskan informasi yang seharusnya. Hal ini pun akan dimiliki oleh jenis naskah, hanya saja pada jenis naskah akan mengurangi interaksi dan daya tarik pada audience.

Kegunaan atau Fungsi Presentasi

pixabay.com

Ada beberapa fungsi atau tujan dalam melakukan presentasi, yang tentunya sesuai dengan pengertian presentasi itu sendiri. Tujuan utama dari melakukan presentasi sudah pasti untuk menyampaikan informasi atau materi. Informasi tersebut umumnya sangat penting, seperti untuk menyamakan pendapat atau memperkuat pengetahuan akan suatu hal.

Tujuan atau fungsi lainnya dari presentasi adalah untuk membuat sebuah ide, maupun gagasan yang baru. Umumnya tujuan ini lebih diterapkan kepada sebuah organisasi, yang sedang mengalami masalah dan mencari solusi dari masalah tersebut.

Pada rapat organisasi, setiap anggota yang dianggap penting akan memberikan solusi serta pendapatnya masing – masing untuk memecahkan masalah tersebut.

Tidak hanya untuk menyampaikan informasi, nyatanya menghibur juga masuk dalam tujuan dari presentasi. Apabila dalam menyampaikan informasi terlalu serius, maka audience dan suasan pun menjadi jenuh dan kurang menarik.

Sehingga presenter harus dapat mengarahkan serta membimbing pesertanya untuk memahami apa yang disampaikan, dengan cara yang santai dan mengangkat semangat mereka.

Apabila presenter dapat melakukan presentasi dengan baik dan menaik,maka audience pun akan memberikan ketertarikan atau fokus kepada penyampaian yang dilakukan. Sehingga presentasi pun, dapat membantu ketika melakukan promosi.

Dengan presentasi yang menarik dan dapat mengambil ketertarikan customer, sudah pasti produk yang ditawarkan pun dapat dikenal dengan cepat.

Unsur dalam Presentasi

Selain jenis, fungsi, dan pengertian presentasi, kini saatnya anda mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mepersiapkan presentasi. Terdapat 4 hal yang harus dipersiapkan, serta dipastikan tersedia ketika hendak melakukan presentasi.

Beberapa hal tersebut adalah moderator, pembicara, audience, serta tools atau peralatan. Untuk kelancaran jalannya presentasi, ke empat hal tersebut perlu dipersiapkan terlebih dahulu.

Seorang moderator adalah seseorangyang memimpin jalannya suatu diskusi, agar tepat waktu dan lebih terarah tema yang dibahas dalam presentasi. Pembicara tentu saja mereka yang hendak melakukan presentasi, atau menyampaikan informasi. Sedangkan audience adalah, peserta yang mendengari presentasi.

Selain pengertian presentasi, unsur terakhir yang perlu anda tahu adalah tools atau peralatan.  Media yang digunakan dapat berupa kerta yang disebar kepada audience, menggunakan power point, atau menggunakan papan tulis.

Dalam menggunakan power point, presenter dapat mencari beberapa free powerpoint template secara online untuk mempercantik tampilan power point.

Dengan tampilan power point yang menarik, maka dapat dengan mudah untuk mengambil perhatian dari audience. Power point yang memiliki template unik dan cantik, juga dapat menghilangkan kesan jenuh dan monoton pada jalannya presentasi. Namun pastikan untuk tidak menggunakan template yang berlebihan, agar fokus tetap kepada inti informasi.

Presentasi adalah sebuah kegiatan yang sudah pasti sering untuk kita lakukan baik dalam lingkup sekolah, organisasi, maupun dunia kerja. Dengan sering melakukan presentasi, maka anda dapat menjadi pribadi yang berani dan pintar dalam berkomunikasi.

Pastikan untuk terus menarik perhatian audience, melalui hiburan atau menggunakan power point yang menarik. Anda dapat menemukan beberapa free power points templates yang unik dan menarik, di beberapa situs online.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.