Pengertian Statistik Dan Hal Lengkap Lainnya Mengenai Statistik

Seperti yang diketahui cara menjumlahankan telah banyak macamnya mulai dari menjumlahankan dasar, akuntansi hingga statistik. Namun menjumlahkan yang sangatlah populer dikalangan mahasiswa adalah statistik. Semua itu karena statistik biasa digunakan untuk mendapatkan hasil pada sebuah penelitian kuantitatif. Hal itulah yang membuat banyak mahasiswa mencari tahu pengertian statistik dan hal lainnya.

Tentunya hal tersebut berguna untuk mempermudah dalam proses pembuatan skripsi, sehingga segala hal mengenai statistik harus dipahami dengan jelas. Hal itulah yang membuat mahasiswa saat ini tidak hanya mengandalkan dosen saja dalam mencari ilmu.

Namun juga sumber-sumber lainnya yang memiliki ilmu statistik lengkap seperti webite yang menyediakan berbagai informasi yang menunjang dalam pembuatan skripsi. Contohnya seperti rumus.co.id yang berisikan banyak informasi mengenai Office, lamaran kerja hingga bahan skripsi.

Apa Itu Statistik?

Pengertian statistik yaitu sebuah kumpulan dari data yang bentuknya berupa angka yang telah tersusun baik dalam bentuk tabel ataupun diagram. Biasanya statistik berisikan penjelasan mengenai suatu permasalahan tertentu.

Jadi jika ada pertanyaan seperti itu cukup mudah bukan Anda menjelaskan karena intinya statistik berhubungan dengan hasil sebuah jumlah yaitu angka. Statistik sendiri biasa dipergunakan oleh berbagai bidang mulai dari bisnis, ekonomi, pemasaran, manufaktur dan lain sebagainya.

pxherpxhere.come.com

Beberapa Tujuan Dari Statistik

Setelah mengetahui pengertian statistik tidaklah lengkap jika Anda tidak mengetahui juga tujuan dari statistik.

1.      Membuat Deskripsi

Dalam sebuah penelitian baik itu skripsi, tesis atau penelitian lainnya tentunya membutuhkan sebuah deskripsi. Di sinilah statistik berguna sebagai penjelas data yang ada guna untuk menunjukan populasi yang diselidiki pada sebuah penelitian.

Tentu saja data yang dibahas di sini adalah data yang nyata, di mana dapat dibuktikan dengan ilmu statistik ini. Ada rumus dan hal lainnya yang akan ada pada statistik yang akan membantu seseorang yakin dan percaya denga hasil penelitian.

2.      Membuat Estimasi Nilai

Pada penelitian kuantitatif yang bermainnya dengan angka tentu saja membutuhkan sebuah nilai yang dapat dipertanggungjawabkan serta sesuai atau nyata. Biasanya nilai estimasi ini belum diketahui pada sebuah penelitian ataupun data yang sedang dianalisis.

Jadi dengan adanya ilmu statistik estimasi nilai tersebut akan dengan mudah didapatkan dengan mencocokan rumus dan data yang ada. Hal itu tentu saja telah diatur dan sesuai dengan pedoman sehingga layak untuk digunakan.

3.      Membuat Perkiraan Konsekuensi

Sebuah penelitian tentu saja memerlukan sebuah hipotesis atau biasa dikenal dengan dugaan sementara. Peneliti memiliki sebuah dugaan dan cara menyelesaikan dan membuktikanya adalah dengan diadakannya sebuah penelitian. Inilah yang membuat Anda akan mampu membuat perkiraan konsekuensi berdasarkan hipotesis.

4.      Mengurangi Populasi Besar

Pada sebuah penelitian tentu Anda tahu bahwa ada sebuah populasi yang nantinya digunakan sebagai data guna penelitian. Tentunya semua paham bahwa penelitian kuantitatif memiliki khalayak yang lebih luas dari kualitatif. Hal itu tentu saja akan membuat populasi menjadi semakin besar.

Untuk itu perlu diperkecil lagi guna membuat penelitian jauh lebih mudah untuk dipahami. Dengan menggunakan statistik hal tersebut dapat dilakukan karena populasi yang besar tadi akan bisa diperkecil kembali.

pxherpxhere.come.com

Fungsi Utama Statistik

Setelah mengetahui pengertian statistik, tujuan statistik, selanjutnya yang perlu diketahui adalah fungsi utama.

1.      Fungsi Inferensial

Pertama yang menjadi fungsi statistik yang utama adalah fungsi inferensial, dimana fungsi ini akan membantu dalam memprediksi seluruh populasi yang ada. Selain memprediksi fungsi ini akan membantu dalam pengendalian seluruh populasi.

Semua hal tersebut dapat dipertanggungjawabkan karena telah berdasarkan gejala yang ada, data, serta peristiwa pada sebuah penelitian. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membuat hipotesis serta estimasi terlebih dahulu.

2.      Fungsi Deskriptif

Berikutnya adalah fungsi yang akan mampu memberikan gambaran dari suatu peristwa yang diteliti. Di mana penjelasannya akan dapat dilakukan sesuai dengan data serta peristiwa yang telah dikumpulkan. Sehingga tanpa perlu menggeneralisasi atau menarik sebuah kesimpulan sudah akan mendapatkan gambaran.

Hal itu semua karena fungsi ini mengharuskan Anda melakukan penelitian serta sebuah investigasi terlebih dahulu. Setelah itu kesimpulan sementara akan didapatkan berdasarkan populasi penelitian.

Nah pengertian statistik dan berbagai hal lainnya mengenai statistik telah diketahui. Tentunya Anda cukup langsung mempraktikkannya saja bukan.

 

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.