Penyebab Anak Menangis Tengah Malam Tanpa Sebab

 

Anak menangis tengah malam tanpa sebab biasanya akan membuat kita sebagai orang tua merasa cemas dan stres. Bagaimana tidak malam hari adalah waktunya untuk beristirahat, jika anak menangis maka bukan hanya anak yang tidak nyaman tetapi seluruh keluarga juga terganggu.

Penyebab Anak Menangis Tengah Malam

Kelelahan

Jika anak menangis tengah malam bisa jadi karena terlalu kelelahan akibat aktivitas fisik yang dilakukannya di siang hari. Mereka terlalu banyak bermain yang menguras tenaga,akibatnya pada malam hari merasa kelelahan dan membuat tidak nyaman.

Teror Malam dan Mimpi Buruk

Selain itu anak menangis tengah malam juga bisa disebabkan karena mengalami teror malam dan mimpi buruk. Antara teror malam dan mimpi buruk itu sesuatu yang berbeda tetapi sama-sama membuat anak menangis tengah malam.

Jika anak mengalami teror malam maka biasanya anak akan tiba-tiba menangis dan berteriak tanpa sebab di malam hari,selain itu juga biasanya ditandai dengan mengeluarkan keringat dingin. Jika kita menghampiri anak,maka biasanya anak tidak akan bisa menceritakan tentang hal yang dialaminya.

Beda halnya jika anak mengalami mimpi buruk. Mimpi buruk terjadi di akhir fase tidur anak-anak. Biasanya terjadi karena imajinasi anak mengenai monster,bencana alam ataupun yang lainnya. Apabila anak mengalami mimpi buruk maka anak akan dengan mudah menceritakan tentang kejadian yang membuat mereka merasa takut.

Cara Mengatasi Anak Menangis Tengah Malam

Batasi Apa Yang Anak Tonton

Sementara itu untuk mengatasi jika anak menangis tengah malam maka kita sebagai orangĀ  tua perlu mengontrol aktivitas anak di siang hari. Batasi tontonan yang menampilkan adegan kekerasan dan belum layak untuk ditonton.

Jangan Biarkan Anak Terlalu Lelah

Selain itu usahakan di siang hari anak tidak boleh terlalu capek dalam bermain. Agar pada malam harinya bisa beristirahat dengan tenang dan nyaman.

Ajak Bicara

Lain halnya jika anak mengalami teror malam dan mimpi buruk, maka orang tua perlu mendekati anak sekaligus mengajaknya berbicara. Mintalah anak untuk meminum air putih serta kalau perlu ajaklah anak untuk ke toilet.

Beri Penjelasan Kepada Anak

Jangan lupa untuk memberi penjelasan kepada anak bahwa semua yang dilalui tersebut tidak benar adanya dan hanya mimpi saja. Setelah semuanya kembali tenang maka orang tua mengajaknya untuk tidur kembali.

 

 

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.