Info Lengkap Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan

Seiring bertambahnya zaman semakin banyak pula perusahaan air minum dalam kemasan yang berdiri. Air minum dalam kemasan menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini tentunya tidak jauh dari kebutuhan air minum pada manusia yang terus meningkat seiring meningkatnya jumlah penduduk.

Modal yang diperlukan dalam membuka perusahaan air kemasan pun tidak terlalu besar dibanding pabrik lainnya. Kurangnya air bersih akibat lingkungan yang kotor membuat air minum dalam kemasan lebih diminati. Selain itu, penggunaannya yang praktis membuat masyarakat lebih memilih air minum dalam kemasan daripada merebus air di rumah.

Latar Belakang Berkembangnya Perusahaan AMDK

pxhere.com

Air Menjadi Kebutuhan Vital Manusia

Salah satu hal yang menjadi latar belakang banyak perusahaan air minum dalam kemasan yang menjamur adalah karena air merupakan kebutuhan vital. Air sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia.

Kebutuhan manusia akan air tidak akan pernah berhenti hingga kahir zaman. Hal ini tentunya dimanfaatkan dengan baik oleh beberapa pihak. Potensi dari menjalankan perusahaan AMDK pun cukup tinggi ditambah semakin meningkatnya populasi penduduk. Hal ini tentu akan membuat permintaan air minum semakin meningkat pula.

Kondisi lingkungan yang buruk membuat banyak rumah tangga yang lebih memilih membeli air minum untuk konsumsi daripada merebusnya sendiri. Melihat kondisi tersebut para produsen AMDK tentu memanfaatkannya dengan baik. Hal itu terbukti dari semakin banyaknya perusahaan air kemasan yang bermunculan.

Lebih Praktis dan  Banyak Peminat

Sebagian besar masyarakat menganggap air minum dalam kemasan jauh lebih praktis dan mudah ditemui di berbagai tempat. Hal ini membuat peminat dari air kemasan semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Banyak orang yang enggan membawa air dari rumah saat berpergian dan memilih membelinya di luar.

Meski terbilang praktis dan lebih mudah, tetapi perlu dikeatahui penggunaan botol plastik pada AMDK juga berdampak buruk bagi lingkungan. Sayangnya meski merugikan lingkungan, AMDK masih memiliki banyak penggemar hingga saat ini. Potensi pertumbuhan bisnis ini pun terus meningkat.

pixabay.com

Peralatannya Banyak Dijual

Perlu diketahui dalam membuka perusahaan air minum dalam kemasan hal yang paling vital adalah mesing pengelolaannya. Mesin yang berkualitas bagu tentu akan menghasilkan air minum dengan kualitas baik pula.

Bisnis air minum dalam kemasan banyak diminati oleh perusahaan karena salah satunya adalah alat atau mesinnya yang banyak dijual di pasaran. Saat sudah banyak mesin pengelolaan AMDK yang memiliki kualitas baik dapat dengan mudah dijumpai di pasaran.

Cara Membuka Perusahaan AMDK

Terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum membuka perusahaan air minum dalam kemasan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Mendesain Bagunan Pabrik AMDK

Sebelum memutuskan untuk membuka perusahaan AMDk, penitng untuk memperhatikan desain yang digunakan pada bangunan. Perencanaan serta peletakkan mesin dan peralatan lainnya harus sesuai dengan ketentuan dari pemerintah.

pxhere.com

Izin Membuka Perusahaan

Izin yang harus diurus sebelum membuka perusahaan air minum dalam kemasan tidaklah sedikit. Banyak hal berkaitan yang diperlukan untuk sebuah perusahaan. Dokumen seperti, NPWP, SIUP, Akta Perusahaan, SIPA, HO, TDP, dan sebagainya harus diurus untuk mendapatkan izin membuka usaha.

Tidak hanya itu perusahaan juga harus memiliki izin untuk melakukan distribusi produknya kepada konsumen melalui agen dan distributor. Sebelum melakukan pengedaran izin edar sudah harus dimiliki sebagai salah satu pemenuhan standar pengedaran amdk.

Selain izi edar, sebelum didistribusikan ke berbagai daerah. Air minum dalam kemasan juga harus  lolos uji dari Departemen Kesehatan dan berlabel BPOM. Hal ini penting karena air merupakan unsur yang masuk dalam tubuh, maka sebelum beredar setidaknya perusahaan telah melewati standar kesehatan dari Depkes RI.

Peralatan Laboratorium Pabrik

Agar perusahaan yang dijalankan mendapat sertifikasi dari BPOM, salah satu hal yang harus dpernuhi  adalah terdapat laboratorium pengetesan air. Keberadaan laboratorium di dalam pabrik menunjukkan bahwa air yang diproduksi telah melewati berbagai uji sehingga terhindar dari zat kimia berbahaya.

Laboratorium juga berguna untuk melakukan pengecekan pada kualitas air yang digunakan sebelum maupun sesudah diproduksi. Hal ini membuat perusahaan dapat lebih mudah memilah air yang diproduksinya layak atau tidak untuk diperjualbelikan.

Demikianlah informasi lengkap mengenai perusahaan air minum dalam kemasan. Meski telah menjamur perlu diperhatikan bahwa penggunaan botol plastik sebagai kemasannya sangat berbahaya bagi lingkungan. Oleh karena itu, perusahaan wajib menjamin untuk melakukan daur ulang pada kemasan produknya.

 

 

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.