Pesona Bukit Sikunir, Menyaksikan Indahnya Golden Sunrise dari Puncak Tertinggi

Menjadi salah satu destinasi favorit di Dataran Tinggi Dieng, objek wisata Bukit Sikunir sekarang ini memang semakin populer. Terkenal dengan keindahan golden sunrise-nya yang mempesona, tempat ini merupakan lokasi terbaik untuk berburu matahari terbit. Maka tidak heran bila banyak wisatawan memilih pergi ke bukit ini saat pagi buta demi bisa menyaksikan momen menakjubkan ini.

Terletak di Sembungan, Kejajar, Wonosobo, bukit ini berada di desa tertinggi dengan ketinggian 2.306 mdpl dan diapit oleh dua gunung, yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Karena letaknya inilah, bukit ini menjadi spot sempurna untuk menantikan sunrise. Indahnya transisi langit dari gelap menjadi terang ditambah dengan kabut tipis membuat sinar matahari terpancar sangat cantik dari atas bukit ini.

Tidak hanya sunrise, lanskap deretan gunung-gunung tinggi di Pulau Jawa yang eksotis juga dapat dilihat dari atas bukit ini. Selain itu, pemandangan berupa Telaga Cebong dan hamparan tebing-tebing juga bisa dijumpai sepanjang perjalanan mendaki bukit. Untuk mencapai puncaknya sendiri, pendaki harus melewati jalan setapak dengan medan yang terbilang memiliki tingkat kesulitan medium.

Jika berencana pergi ke Bukit Sikunir ini, disarankan datang saat musim kemarau pada bulan Juli-Oktober. Sebab pada waktu inilah pemandangan di bukit ini sedang cantik-cantiknya. Namun meski begitu, pastikan untuk menggunakan baju hangat karena suhu disana bisa sangat dingin mencapai 0 derajat.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.