Sejarah dan Keanggotaan Forum Akreditasi Internasional (International Accreditation Forum)

Akreditasi adalah sebuah pengesahan yang dilakukan oleh pihak ketiga terhadap sebuah lembaga penilaian kesesuaian yang sudah ada. Lembaga ini melakukan penilaian terhadap berbagai hal seperti di bidang kompetensi, integritas, dan juga mengenai kredibilitasnnya untuk melakukan berbagai tugas penilaian kesesuaian yang ada. Jika di Indonesia sendiri lebih dikenal dengan KAN atau Komite Akreditasi Nasional yang mana mengakreditasi sebuah badan sertifikasi tertentu. Setiap negara tentu mempunyai badan akreditasinya masing – masing. Dengan adanya badan akreditasi tersebut maka diharapakan badan penilaian kesesuaian harus tunduk terhadap pengawasan sebuah badan otoritas, mampu memberikan penilaian yang objektif, dan juga memberikan sebuah sertifikasi yang mampu dipercayai oleh konsumen dan berbagai pihak lainnya yang terkait.

Karena keberadaan dari lembaga ini sangat penting untuk bisa dipercayai semua pihak maka dibentuklah sebuah Forum Akreditasi Internasional (International Accreditation Forum). Forum ini juga lebih dikenal dengan singkatan IAF. IAF sendiri adalah sebuah Lembaga Penilaian Kesesuaian Akreditasi dan juga berbagai badan yang tertarik kepada sebuah penilaian kesesuaian di salah satu bidang yakni manjemen. IAF sendiri mempunyai fokusnya terhadap akreditasi lembaga inspeksi dan juga lembaga laboratorium. Fugsi dari IAF sendiri adalah untuk melangsungkan pengembangan program dan juga kerangka kerjasama yang saling berhubungan dengan penilaian kesesuaian sehingga nantinya bisa diterima oleh dunia.

Sejarah International Accreditation Forum (IAF)

IAF sendiri adalah sebuah forum yang dibentuk pada tanggal 28 Januari 1993. Pada tanggal tersebut dilakukan sebuah pertemuan yang dihadiri dari berbagai perwakilan negara. Pada saat itu dihadiri oleh pihak Amerika Serikat, Belanda, Australia, Kanda, Inggris, dan juga Jepang. Pada pertemuan tersebut dihasilkan sebuah kesepakatan bahwa akan dibentuk sebuah organisasi yang bekerjasama dengan sebuah badan akreditasi antar negara. Badan tersebut dikenal dengan sebutan International Accreditation Forum (IAF).

Dari pertemuan tersebutlah pada akhirnya bisa mengeluarkan sebuah komunike yang mana memuat berbagai konsep yang sangat penting. Konsep – konsep tersebut terbagi menjadi beberapa bagian seperti consensus, kerjasama, kepercayaan, kesetaraan penilaian, kesetaraan akreditasi, sertifikasi, dan juga kepentingan perdagangan internasional. Lembaga ini sudah berdiri cukup lama dan bahwa perjalanannya yang panjang mampu mencatat beberapa tanggal yang sangat bersejarah untuk forum tersebut. Nah di bawah ini adalah beberapa tanggal yang dianggap sangat penting dalam berjalannya IAF :

  1. Januari 1998, pada tanggal ini secara resmi IAF mengadopsi Anggaran Rumah Tangga
  2. 22 Januari 1998, adanya Multilateral Recognition Agreement yang digunakan untuk sistem manajemen mutu
  3. 27 September 1998, IAF mempunyai badan hukum yang pada saat itu ada di Negara Bagian Delaware AS
  4. November 2000, IAF Charter diadopsi dan juga diterbitkan secara resmi
  5. November 2001, dibentuknya struktur baru di IAF yang mana seperti yang ada saat ini. Struktur tersebut diumumkan dan dilaksanakan.
  6. 11 November 2003, adanya IAF kode etik
  7. 9 Oktober 2004, adanya MLA yang ditunjukan kepada EMS.

Itulah berbagai hal mengenai sejarah dari Forum Akreditasi Internasional (International Accreditation Forum). Tidak semua orang tahu dan paham mengenai organisasi IAF ini. Dari penjelasan di atas anda akan lebih paham mengenai latarbelakang dibentuknya IAF dan juga IAF mempunyai beberapa tanggal yang bersejarah untuk melengkapi perjalanannya yang sangat panjang. Hal penting lainnya yang perlu anda ketahui mengenai IAF adalah keanggotannya.

Keanggotaan Forum Akreditasi Internasional

IAF sendiri telah mampu berkembang menjadi enam badan akreditasi. Hal ini bisa diperhatikan dari sejak pertama kalinya IAF didirikan hingga sekarang ini. Untuk saat ini sendiri IAF telah mempunyai badan sebanyak 66 badan akreditasi, 18 anggota asosiasi dan juga 4 lainnya yang bekerjasama dengan regional. Keanggotaan dari IAF sendiri sangat terbuka bagi badan akreditasi yang melakukan pengelolaan terhadap program akreditasi lembaga sertifikasi sistem mutu, produk, personil, jasa, dan program lainnya yang berhubungan dengan penilaian kesesuaian. Semua anggota dari badan akreditasi harus mempunyai niat untuk bergabung dengan IAF Multilateral recognition Agreement dan juga mengakui sebuah kesetaraan akreditasi anggota yang lainnya.

Bagaimana caranya menjadi anggota dari IAF? Untuk bisa menjadi anggota badan akreditasi ini maka badan akreditasi dievaluasi mengenai standar dan juga persyaratan yang diperlukan untuk bergabung menjadi IAF di ruang lingkup yang sudah ada. Ruang lingkup ini sendiri seperti akreditasi standar yakni Sistem Manajemen Lingkungan ISO dan juga beberapa ruang lingkup lainnya. Keanggotaan dari sebuah IAF ini sangat bergantung dengan MLA dari tiga kelompok akreditasi regional. Beberapa kelompok akreditasi regional tersebutlah bisa digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan besar.

Itulah beberapa informasi mengenai keanggotaan dari Forum Akreditasi Internasional (International Accreditation Forum). Dari penjelasan di atas maka anda sudah bisa menyimpulkan berbagai informasi terkait dengan sejarah dari IAF dan juga keanggotannya. Mengetahui informasi mengenai forum akreditasi tersebut akan membuat anda tahu seberapa pentingnya sebuah perusahaan mempunyai badan sertifikasi ISO. Dengan adanya informasi ini anda bisa segera menentukan badan ISO yang akan anda gunakan untuk menjalankan perusahaan anda. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda semua.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.