Sejarah Klub Sepak Bola Persija Jakarta dan Prestasinya

Salah satu klub sepak bola yang masih tetap eksis dan konsisten di dunia sepak bola Indonesia adalah Persija Jakarta. Persija merupakan sebuah klub sepak bola yang bermarkas di ibu kota Jakarta. Sampai saat ini Persija Jakarta terus konsisten mewarnai dan berlaga di LIga tertinggi di Indonesia. Bagi anda pecinta sepak bola Persija, apakah anda sudah tahu mengenai sejarah dan profil klub Persija Jakarta.

Profil klub Persija Jakarta :

  1. Nama klub : Persija Jakarta dengan julukan Macan Kemayoran
  2. Tanggal berdiri : 28 NOvember 1928
  3. Alamat : Jl. Lingkar Stadion Utama Gelora Bung Karno
  4. Staduium : Stadium Gelora Bung Karno
  5. Nama Supporter : Jakmania

Sejarah singkat mengenai klub Persija Jakarta. Pada awalnya tim ini namanya bukan Persija namun VIJ atau Voetbalbond Indonesische Jacatra. Setelah Indonesia merdeka dan menjadi negara kesatuan, VIJ mulai digantikan namanya menjadi Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta (Persija).

Klub Persija Jakarta kini dikenal dengan julukan Macan Kemayoran. Sama seperti dengan klub-klub sepak bola lainnya yang juga memiliki julukan yang melekat dan menjadi ciri khas dari klub sepak bola tersebut. Kapan pertama kali Persija mendapatkan julukan Macan Kemayoran ? kalau secara pasti belum jelas. Naman Macan Kemayoran ini bisa anda telusuri di cerita kota Jakarta atau Batavia.

Terdapat dua versi yang berkembang yaitu nama ini lahir dari kisah pemuda Batavia yang memiliki nama Murtado. Pemuda ini merupakan seorang sosok yang pemberani dan suka bela diri. Ketika ada kejahatan, pemuda ini tampil menjadi seorang jagoan yang bisa mengatasi semua penjahat tersebut. Hal inilah yang akhirnya menginspirasi julukan Macan Kemayoran melekat pada klub sepak bola Persija Jakarta.

Prestasi yang sudah pernah di raih oleh Persija Jakarta :

  1. Menjadi juara perserikatan pada tahun 1934, 1938,1954, 1964,1973 sebagai VIJ Jakarta
  2. Menjadi juara perserikatan bersama PSMS Medan 1975
  3. Menjadi juara Liga 1 musim 2018
  4. Menjadi runner-up Copa Indonesia pada tahun 2005
  5. Juara Piala Presiden 2018

Demikianlah penjelasan mengenai sejarah singkat klub sepak bola Persija Jakarta. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan anda tentang klub raksasa di Liga 1 Indonesia.

 

 

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.