Sektor-Sektor Unggulan Provinsi Jawa Tengah

Jawa Tengah adalah provinsi yang berada di tengah pulau Jawa. Daerah yang memiliki ibu kota Semarang ini banyak sector-sektor yang bisa dimanfaatkan untuk penunjang ekonomi masyarakat. Dengan luas wilayah 32,548 km², serta juga memiliki tanah yang subur dan beberapa tempat yang bagus. Kondisi tersebut membuat terciptanya sector-sektor diberbagai tempat, seperti pertanian, perkebunan, perikanan, pariwisata dan lainnya.

Sektor Pertanian dan Perkebunan

Banyak komoditi unggul yang bisa kita dapatkan dari pertanian dan perkebunan di Jawa Tengah seperti padi, jangung, kopi, karet, kelapa, teh, dan kakao. Kecamatan Wanareja, Cilacap, Banyumas, Banjarnegara memiliki komoditas dalam hal karet. Ada daerah Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Kudus, Pati yang memiliki sentra produksi tebu. Bahkan Cilacap dan Pemalang juga memiliki komiditi kakao yang dihasilkan dari masyarakat atau industry swasta. Sektor Perikanan dan Industri, Karena Jawa Tengah juga merupakan provinsi yang berbatasan langsung dengan laut luas. Komoditi perikanan juga banyak tersebar di beberapa daerah yang berhadap langsung dengan pantai. Misalnya Brebes, Cilacap, Jepara, Pati, Rembang merupakan sentra perikanan tangkap di Jawa Tengah. Ada juga industry pengalengan ikan dengan teknologi yang sudah canggih. Industri pabrik gula tumbu yang terdapat di daerah Rembang. Ada juga industri yang memproduksi minyak atsiri yang dihasilkan dengan cara ekstraksi daun nilam dan cengkeh. Serta beberapa mitra usaha yang juga melirik komoditi getah pinus, batik, logam, garam, peternakan sapi, dan lainnya.

Sektor Pariwisata

Objek wisata pun juga tidak akan luput menjadi salah satu sector yang menguntungkan. Banyak tempat-tempat periwisata yang ada di Jawa Tengah. Seperti Kota Semarang yang memiliki beberapa bangunan kuno, ada pula Taman Mini dan Museum Rekor Muri. Bahkan salah satu kebanggaan dari Provinsi Jawa Tengah yakni Candi Borobudur yang menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Ada juga Candi Mendut, Candi Prambanan yang di perbatasan dengan kabupaten Klaten, candi-candi Hindu yang berada di kawasan Dieng yang diduga sudah ada sebelum era Mataram Kuno. Selain itu juga ada objek wisata alam seperti gunung, pantai, air terjun dan banyak yang lainnya.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.