Manfaat dan Keutamanan Sholat Dhuha

Seperti yang kita ketahui, sholat merupakan ibadah yang wajib di laksanakan oleh umat islam karena sholat merupakan tiang agama, bahkan dalam rukun islam pun sholat menjadi yang paling utama setelah syahadat karena sholat di lakukan seumur hidup dan merupakan ibadah yang tak boleh di tinggalkan sedikitpun oleh umat manusia.

Kecuali hal-hal tertentu yang dibolehkan meninggalkan sholat seperti jika belum akil baligh, mengalami gangguan jiwa (gila), ketika haid (untuk perempuan), ketika perjalan jauh dan lainnya. namun meskipun boleh meninggalkan sholat tapi harus tetap ada penggantinya. Selain salah wajib ada pula sholat sunnah dhuha yang akan kita bahas kali ini.

Hukum Sholat Dhuha

Hukum sholat dhuha adalah sunah muakad yakni sholat sunnah yang dianjurkan dan di tekankan untuk dikerjakan karena memiliki banyak manfaat dan pahala serta doa-doa ketika melaksankan sholat sunnah ini akan banyak yang di ijabah oleh Allah SWT.

Namun kalau tidak di kerjakan pun tidak apa-apa hanya saja sangat sayang sekali untuk di lewatkan apalagi jika anda memiliki waktu yang cukup luang atau sempat melakukan sholat dhuha maka akan lebih di anjurkan untuk menjalankan sholat dhuha ini daripada waktu luang anda terbuang sia-sia.

Keutamaan sholat dhuha

Meskipun sholat dhuha bukan sholat wajib, namun sholat dhuha memiliki keutamaan yang tak kalah luar biasa dari sholat fardhu.

Sholat dhuha menjadi salah satu sholat sunnah yang sangat di anjurkan untuk dikerjakan sehari-hari karena keutamaan sholat dhuha antara lain dapat membuka pintu rejeki, memperbanyak pahala untuk dunia maupun akhirat, menentramkan batin sehingga batin kita lebih tenang dan percaya akan rejeki adalah jaminan Allah SWT dan masih banyak lagi keutamaan lainnya.

Oleh karena itu perbanyaklah melaksankan ibadah sholat sunah dhuha agar semakin banyak berkah yang akan anda dapatkan dari Allah SWT untuk kehidupan kita sehari-hari.

unsplash.com

Waktu Sholat Dhuha

Waktu untuk mengerjakan sholat dhuha adalah setelah sholat subuh atau setelah fajar sampai waktu dhuzur tiba atau lebih tepatnya saat matahari telah naik sekitar 7 hasta dari terbit matahari.

Tapi untuk Waktu terbaik yang disarankan untuk melaksanakan sholat dhuha adalah saat akhir dari waktu dhuha atau disaat matahari hampir mendekati waktu sholat dzuhur.

Sholat dhuha dilakukan minimal 2 rakaat jika anda akan melakukan sholat dhuha lebih dari dua rakaat maka setiap dua rakaat anda mengucapkan salam kemudian bangkit lagi dan membaca niat lagi. Dan ketika melakukan sholat dhuha jangan lupa untuk membaca Doa sholat dhuha yang diajarkan sesuai dengan sunah. Jadi Anda bisa baca pada artikel tentang doa doa setelah sholat dhuha yang juga telah kami bagikan disini.

Niat Sholat Dhuha

Bacaan niat untuk sholat dhuha cukup simpel dan hampir sama dengan bacaan sholat niat yang lain pada umumnya, niat sholat dhuha yang harus anda baca sebelum anda mengerjakan sholat dhuha adalah sebagai berikut :

“ Ushalli Sunnatal Dhuha rak’ataini lillahi ta’ala”

Artinya : saya berniat melakukan sholat sunah dhuha dua rakaat karena Allah ta’ala

Setelah selesai membaca niat maka anda tinggal melaksakan sholat seperti biasa dengan jumlah rakaat terserah anda namun minimalnya adalah dua rakaat.

unsplash.com

Manfaat Sholat dhuha

Adapun manfaat dari sholat dhuha juga sangat banyak sekali dan karena hal itulah maka anda perlu mempertimbangkan untuk mulai rutin melakukan sholat dhuha setiap hari agar dapat merasakan manfaatnya secara langsung maupun tidak langsung, berikut adalah beberapa manfaat sholat dhuha yang perlu kita ketahui :

  • Sebagai wasiat rasululloh, karena sholat dhuha merupakan sholat yang di wasiatkan oleh rasululloh SAW maka kita sebagai umat islam dan pengikutnya dapat ikut melaksanakan sesuai apa yang telah di wasiatkan oleh rasululloh SAW nabi Muhammad. Dengan kita melaksanakan wasiat rasululloh maka kita akan lebih percaya akan Allah SWT dan utusannya rasululloh SAW.
  • Dua rakaat pada sholat dhuha setara dengan 360 sedekah yang mana arti yang di maksud dari 360 sedekah adalah dalam tubuh manusia terdapat 360 ruas tulang yang di haruskan bersedekah untuk setiap tulangya. Dengan kita melaksanakan dua rakaat sholat sunah dhuha maka kita sama saja telah bersedekah sebanyak ruas tukang kita yakni 360 ruas. Sangat luar biasa sekali bukan?
  • Sebagai penghapus dosa, barang siapa mengerjakan sholat dhuha dengan tepat waktu dan rutin setiap harinya maka Allah akan menghapuskan dosa-dosanya. Oleh karena itu perbanyakalah dan rutin melakukan sholat dhuha setiap hari agar dosa-dosa kita terhapus dan di ampuni oleh Allah SWT.

Demikianlah beberapa pembahasan tentang sholat dhuha, semoga dengan membaca ini kita akan tergerak untuk segera melakukan sholat dhuha secara rutin setiap harinya agar rejeki semakin lancar dan berkah. Dan apabila ada salah dalam penulisan artikel ini tentang sholat dhuha ini kami mohon maaf dan tolong ingatkan kami untuk memperbaikinya.  Dan jika artikel ini dianggap bermanfaat bisa Anda bagikan kepada keluarga, teman atau orang lain yang mungkin juga membutuhkan pengetahuan tentang sholat sunah dhuha.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.