Susunan Acara Pernikahan Akad dan Resepsi Yang Urut

Pernikahan merupakan sebuah acara yang sakral yang melibatkan pengucapan janji antara mempelai laki-laki dan perempuan di depan para tamu undangan. Persiapan menuju pernikahan sangatlah banyak, mulai dari tanggal pernikahan lalu menentukan biaya budget untuk harga sewa tenda pernikahan, catering, souvenir, undangan, pakaian dan masih banyak yang lainnya.

Namun, hal tersebut bukanlah mustahil dilakukan jika dipersiapkan jauh hari sebelum hari H pernikahan, sepeti minimal 3 atau 4 bulan menjelang pernikahan. Selain itu, pernikahan masing-masing pasangan juga biasanya mengusut tema atau adat tersendiri. Tema atau adat tersebutlah yang akan mempengaruhi jalannya pernikahan nanti.

Jika acara pernikahan tersebut menggunakan adat istiadat daerah tertentu, maka acara yang berlangsung juga akan melibatkan serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan adat tersebut. Acara pernikahan juga biasanya menyuguhkan sejenis kegiatan hiburan tertentu yang dapat berkaitan dengan adat atau tema pernikahan.

Cara Membentuk Susunan Acara Pernikahan yang Urut

Sebelum acara berlangsung, pastikan Anda telah menentukan susunan acara secara urut. Dalam menentukan susunan acara pernikahan, biasanya akan ada dua jenis acara yang diadakan dalam suatu pernikahan, yakni acara akad nikah dan resepsi. Berikut akan dijelaskan secara singkat dan jelas mengenai susunan kedua acara tersebut secara runtut.

  1. Memastikan semua sudah siap

Sebelum Anda memulai acara pernikahan, pastikan semua pihak yang berkaitan seperti keluarga dari kedua pihak dan juga masing-masing calon pengantin serta para tamu undangan.

  1. Pembukaan

Setelah memastikan semuanya sudah siap, maka acara pun dapat segera dimulai. Selain melakukan salam pembukaan, acara akad nikah juga biasanya dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran bagi pasangan muslim.

  1. Khutbah

Setelah pembecaan ayat suci Al-Quran berakhir, Anda dapat melanjutkan acara selanjutnya yakni melaksanakan khutbah nikah. Biasanya khutbah nikah akan diwakilkan oleh penghulu.

Bagian ini merupakan bagian yang penting yakni berisi wejangan mengenai kehidupan pernikahan kepada kedua mempelai. Maka, jangan sampai Anda melewatkan bagian penting ini.

  1. Ijab Kabul

Inilah bagian inti dari acara pernikahan. Pembacaan ijab Kabul atau janji dari sang mempelai pria kepada wanita dengan bantuan penghulu, perwakilan keluarga wanita dan para tamu undangan yang datang.

  1. Proses sahnya pernikahan

Proses sahnnya pernikahan tidak begitu  saja selesai setelah pembacaan ijab Kabul. Setelahnya, kedua pasangan perlu menandatangani buku nikah, lalu menyerahkan mahar yang telah disebutkan pada ijab Kabul dan bertukar cincin, simbol dari pernikahan mereka.

  1. Penutup

Biasanya sebelum penutup, akan ada nasihat pernikahan serta beberapa kegiatan yang berkaitan dengan tradisi atau adat. Namun, jika tidak ada, maka Anda dapat mulai membaca doa penutup untuk mendoakan para mempelai sekaligus menutup acara ijab Kabul.

Susunan Acara Resepsi Pernikahan

Sebelumnya telah dijelaskan mengenai susunan acara akad nikah. Tentunya acara akad nikah akan berbeda dengan resepsi..

1. Pembukaan

Setiap jenis acara pasti dibuka dengan pembukaan yang diawali dengan salam, ucapan rasa syukur terhadap kedua mempelai dan juga ucapan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang telah menyempatkan diri untuk hadir.

2. Sambutan

Sambutan juga merupakan salah satu acara pembuka yang penting karena biasanya sambutan tersebut akan terdiri dari beberapa  jenis sambutan  seperti sambutan yang ditujukan kepada datangnya rombongan keluarga dan disusul dengan pengantin lalu sambutan dari masing-masing perwakilan keluarga.

3. Acara Hiburan

Dalam acara resepsi pernikahan biasanya akan menampilkan sebuah penampilan spesial berkaitan dengan adat atau tradisi dari kedua belah pihak keluarga, pada umumnya mereka akan menampilkan tarian daerah ataupun tradisi daerah lainnya.

Namun, terkadang juga acara ini diselingin dengan hiburan-hiburan umum yang dipadukan dengan kesenian daerah sehingga dapat memberikan sebuah tontonan yang menghibur bagi para tamu undangan begitupula dengan kedua pengantin dan keluarga.

4. Pengucapan Selamat

Setelah acara hiburan selesai, maka waktunya untuk mengucapkan selamat kepada mempelai pria dan wanita beserta perwakilan keluarga. Acara selamat ini tidak hanya disampaikan oleh MC saja, namun para tamu undangan akan datang satu persatu menuju ke tempat pengantin berada dan akan menyalami serta mengucapakan selamat kepada mereka.

5. Photo Time

Ucapan selamat dan salam-salaman akan dilanjutkan dengan foto bersama. Biasanya foto bersama akan dilakukan secara serentak dengan beberapa tamu undangan seperti bersama sanak saudara, teman sekantor, tetangga dan lain sebagainya.

6. Menikmati Hidangan

Setelah selesai bersalaman dan berfoto, maka para tamu undangan dipersilahkan untuk mencicipi hidangan yang telah disiapkan. Beragam  sajian makanan telah disiapkan khusus sehingga para tamu undangan dapat memilih serta mengambil sendiri jenis hidangan apa yang mereka inginkan.

7. Penutupan

Jika para tamu undangan telah menyelesaikan hidangan mereka, maka acara selanjutnya adalah acara bebas karena dalam acara resepsi biasanya tidak ada penutupan yang begitu formal.

Pada umumnya proses selamat dan berfoto akan memakan waktu lama karena akan banyak sekali tamu undangan yang mengucapkan selamat sehingga bagi mereka yang telah menyelesaikan aktifitas mereka akan memiliki waktu bebas, baik untuk dihabiskan dengan bersilaturahmi dengan keluarga mempelai atau dengan tamu undangan lainnya.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.