Tata Cara Salat Jumat Yang Harus Anda Ketahui

Sebagai seorang Muslim, menunaikan shalat adalah kewajiban yang paling utama. Dalam satu pekan, terdapat satu waktu shalat yang hukumnya fardhu ‘ain bagi setiap laki-laki umat Islam. Namun hukum tersebut hanya berlaku bagi laki-laki, tidak berlaku bagi wanita dan seseorang yang sedang melakukan perjalanan (musafir). Bagi kedua golongan orang ini, shalat jumat dapat diganti niatnya dengan niat shalat dzhuhur.

Kewajiban melaksanakan shalat Jumat terdapat dalam Alquran surat Al-Jumuah ayat 9, yang intinya para umat diwajibkan melaksanakan shalat Jumat sesaat ketika mendengar adzan dan meninggalkan urusan duniawi sejenak. Hukum menunaikan shalat Jumat juga tercantum di dalam hadist riwayat Imam Nasssa’i dan Hafsah RA, dimana Rasulullah perna bersabda bahwa salat Jumat hukumnya wajib bagi laki-laki.

Sholat Jumat terdiri dari 2 rakaat yang diawali dengan 2 khotbah dan ditutup kembali dengan khotbah. Berikut ini akan dibahas tata cara melaksanakna shalat Jumat.

  1. Khutbah Wajib Sebelum dilaksanakan Shalat

Sebelum melaksanakan shalat jumat, wajib hukumnya bagi jamaah untuk mengikuti khutbah, yang didalamnya terkandung puji-pujian bagi Allah, shalawat kepada Rasulullah SAW, nasihat agama dan permasalahan duniawi, serta membaca beberapa ayat Alquran.

  1. Iqamah

Sebelum dimulainya shalat jumat, muazin akan mendengungkan iqamah sebagai tanda shalat akan segera dilakukan. Disini, setiap jamaah segera berdiri untuk bersiap melaksanakan shalat.

  1. Shalat Jumat

Tata cara sholat Jumat sama seperti sholat fardu pada umumnya, yakni dibuka dengan takbiratul ikhram, membaca surat Al Fatihah dan suratan pendek, dilanjut rukuk, i’tidal, sujud dan duduk di antara dua sujud. Lalu berdiri lagi mengulangi setiap gerakan untuk rekaat kedua dan diakhiri dengan salam.

Adapun niat shalat Jumat adalah sebagai berikut jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia :

Saya niat melaksanakan shalat Jumat sebanyak 2 rakaat, menghadap kiblat, sebagai makmum dan dilakukan karena Allah SWT.

  1. Zikir dan Doa

Setelah selesai dilaksanakannya shalat jumat sebanyak 2 rakaaat dan ditutup dengan salam, maka hal selanjutnya yang dilakukan adalah memanjatkan doa dan dzikir kepada Allah SWt yang dipimpin oleh Imam sholat.

Sunnah-Sunnah Shalat Jumat

Adapun beberapa sunnah yang boleh dilakukan ketika melaksanakan sholat jumat. Sunah ini apabila dilakukan maka mendapat pahala, dan tidak berdosa bila ditinggalkan. Sunnah-sunnah ini dilakukan sebagai tanda bahwa seorang Muslim memberikan yang terbaik dari dirinya untuk berhadapan dengan Allah. Berikut adalah sunnah-sunnahnya :

  1. Mandi
  2. Bersiwak/sikat gigi
  3. Mencukur kumis
  4. Menggunakan wewangian/ parfum
  5. Memakai pakaian rapi, harum dan yang paling bagus
  6. Merapikan kuku
  7. Bershalawat

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui seputar shalat jumat. Apabila Anda tertarik dengan info-info Islami, maka dapat mengunjungi website hasana.id.

 

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.