Panduan Lengkap Tata Cara Umroh Sesuai Sunnah

Meskipun tampak mudah, terkadang ada ha-hal paling mendasar mengenai tata cara umroh yang justru belum dipahami. Hal semacam ini tentunya bisa berakibat sangat fatal bagi jamaah umroh. Terlebih lagi jika yang dilanggar adalah rukun umroh.

Sama halnya dengan rukun haji, ketika seseorang tidak melaksanakan salah satu rukun dari umroh maka secara otomatis umrohnya akan batal atau rusak. Artinya seseorang tersebut sama saja tidak menjalankan ibadah umroh.

Oleh sebab itu kenapa menjadi hal yang sangat vital bagi semua calon jamaah umroh untuk paham betul bagaimana tata cara umroh sesuai denagn syariat yang sudah ditetapkan. Dan bagi Anda yang masih awam terkait dengan tata cara ibadah umroh, mungkin ulasan ini bisa cukup membantu Anda.

Jangan Hanya Berburu Paket Umroh Saja

pixabay.com

Semakin ke sini, hampir semua travel umroh memberikan penawaran yang sangat menarik terkait dengan biaya umroh. Banyaknya pilihan Paket umroh yang ditawarkan oleh para biro perjalanan umroh pastinya akan sangat menguntungkan. Terlebih lagi dari segi biaya umroh.

Pasalnya dalam paket tersebut banyak penawaran menarik yang selain bisa membuat ibadah umroh Anda semakin lancar, terdapat berbagai fasilitas penunjang yang akan membuat ibadah umroh Anda semakin nyaman. Dan yang paling menguntungkan dari semua itu adalah biaya umroh menjadi semakin murah.

Namun terlepas dari itu semua, tahu dan paham terkait dengan tata cara umroh menjadi sesuatu yang tidak bisa ditawar lagi. Jangan sampai karena kemalasan Anda untuk belajar, ibadah umroh Anda secara hukum tidak sah.

Tata Cara Niat dalam Ibadah Umroh

Sebelum menjalankan rangkaian ibadah yang ada di dalam umroh, meluruskan niat adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Jangan sampai ibadah umroh yang dikerjakan sia-sia dan hanya membuang waktu, tenaga, dan materi saja.

Pertanyaannya kapan waktu pelaksaan niat umroh? Niat umroh ini dilaksanakan pada saat Anda pertama kali mengenakan pakaian ihrom yang dimulai pada saat sudah berada di miqat.

Tata Cara Ihrom dalam Ibadah Umroh

Pada saat jamaah umroh sudah sampai di miqot, yakni batas tempat sebelum memasuki kota Haram untuk menjalankan ibadah umroh, para jamaah umroh diwajibkan untuk niat umroh dan mengenakan pakaian ihrom.

Hal ini sekaligus menandakan jika ibadah umroh Anda sudah dimulai. Artinya perbuatan yang dilarang saat mengenakan pakaian ihrom sudah harus Anda tinggalkan. Dan jika Anda tetap melanggaranya maka siap-siap untuk membayar dam atau denda.

Tata Cara Thawaf dalam Ibadah Umroh

pixabay.com

Thawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali. Thawaf hendaknya dimulai dari sudut ka’bah yang terdapat hajar aswadnya. Artinya jika dimulai setelah sudut ka’bah yang terdapat hajar aswadnya maka putaran pertama terbilang tidak sah.

Pada saat melakukan thawaf, para jamaah umroh disyaratkan suci dari hadas besar maupun kecil. Dan pada saat melakukan thawaf, dianjurkan untuk melakukan istilam, yakni mencium dan mengusap Hajar Aswad.

Namun jika hal ini tidak memungkinkan karena begitu ramainya jamaah umroh yang sedang melakukan thawaf, maka cukup melambaikan tangan saat berada di sudut ka’bah yang terdapat hajar aswadnya.

Tata Cara Sa’i dalam Ibadah Umroh

Setelah selesai thawaf, maka jamaah umroh bisa melanjutkan dengan melaksanakan sa’i. Apa itu sa’i? Sa’i adalah berjalan atau lari-lari kecil antara bukti Shafa ke Bukit Marwah sebanyak 7 kali.

Yang penting untuk dipahami di sini adalah dari bukti Shafa ke bukit Marwah dihitung satu kali. Artinya saat Anda kembali dari bukit Marwah menuju ke Bukti Shafa juga dihitung satu kali. Dan pada akhirnya kegiatan sa’i ini akan diakhiri di Bukit Marwah.

Hal lain yang perlu diperhatikan lagi adalah diantara Bukti Shafa dan Marwah ada area yang ditandai dengan lampu berwarna hijau. Nantinya ketika para jamaah berada di area lampu berwarna hijau ini dianjurkan untuk mempercepat langkahnya sampai batas lampu hijau habis.

Tata Cara Tahallul dalam Ibadah Umroh

Pada saat jamaah umroh sudah selesai sa’i, artinya posisi Anda kini tengah berada di Bukit Marwah. Maka Anda bisa langsung melakukan tahallul. Artinya ibadah umroh Anda kini sudah selesai yang ditandai dengan tahallul ini. Memangnya apa itu tahallul? Tahallul adalah memotong sebagian rambut kepala. Atau memotong keseluruhan rambut kepalapun diperbolehkan.

Setelah para jamaah umroh melakukan tahallul, segala perbuatan yang diharamkan ketika tengah mengenakan pakaian ihrom pun kini sudah tidak diharamkan lagi. Dan tahallul ini sekaligus sebagai akhir dari rangkaian tata cara umroh juga.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.