Pekerjaan Yang Bisa Dilakukan Lulusan Sarjana Teknik Elektro

Sekarang ini prospek kerja lulusan sarjana elektro terbuka lebih luas lagi. Maka tidak heran banyak mahasiswa yang berminat untuk masuk di jurusan elektro.

Apalagi bagi mahasiswa yang mengambil jurusan elektro di universitas ternama, setelah lulus tentu memliki prospek kerja yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi jika kalian termasuk mahasiswa yang aktif tentu peluang kalian untuk dilirik perusahaan akan semakin besar.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai prospek kerja lulusan sarjana elektro. Kira-kira apa saja pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan sarjana elektro. Kalian tentu pensaran, daripada berlama-lama, simak saja informasi dibawah ini.

Pegawai Negeri Sipil

Pekerjaan yang menarik lainnya bagi lulusan sarjana elektro adalah menjadi pegawai negeri sipil. Adapun bidang yang bisa kalian ambil adalah bidang energi dan sumber daya mineral. Walaupun tidak menutup kemungkinan bidang lain juga membutuhkan lulusan sarjana elektro.

Dengan menjadi pegawai negeri sipil selain mendapat gaji yang cukup besar kalian juga sudah termasuk ikut serta dalam membangun bangsa ini menjadi lebih baik. Jadi bagi kalian lulusan sarjana  elektro yang masih bingung mau bekerja dimana, tidak ada salahnya kalian bekerja sebagai pegawai negeri sipil.

Badan Usaha Milik Negara

Selain bisa bekerja sebagai pegawai negeri sipil, lulusan sarjana elektro juga bisa bekerja di badan usaha miliki negara. Karena sekarang ini banyak sekali badan usaha milik negara yang membutuhkan lulusan sarjana elektro.

Di badan usaha miliki negara kalian bisa bekerja pada bidang yang berhubungan dengan telekomunikasi dan energi. Tapi tidak menutup kemungkinan bidang lain juga membutuhkan lulusan sarjana elektro.

pxhere.com

Pengajar

Lulusan sarjana elektro bisa juga menjadi pengajar di instansi pendidikan seperti SMA ataupun SMK. Dengan menjadi pengajar selain mendapatkan gaji kalian juga akan mendapatkan kebaikan karena sudah membagikan ilmu yang kalian miliki kepada orang lain.

Tapi untuk kalian yang ingin menjadi pengajar di sebuah kampus ataupun universitas. Kalian harus melanjutkan pendidikan kalian terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan syarat untuk bisa menjadi dosen adalah lulus S2.

Menjadi dosen ataupun guru merupakan salah satu pekerjaan yang mulia. Dan bisa dijadikan pilihan yang tepat setelah lulus sarjana elektro.

Jika kalian merasa suka dengan pekerjaan yang satu ini, mungkin kalian bisa mengirimkan surat lamaran kerja kepada instansi yang sedang membutuhkan seorang pengajar.

Perusahaan Swasta

Bagi kalian lulusan sarjana elektro, kalian juga bisa bekerja di perusahaan swasta. Bahkan jika prestasi kalian baik dan membanggakan tidak jarang perusahaan swasta dari luar negeri mau menggunakan jasa kalian.

Keahlian kalian sangat diperlukan sekali terutama untuk pengembangan hardware, komunikasi dan informasi, telekomunikasi dan masih banyak lagi lainnya. Selain medapatkan gaji yang tinggi jika bisa bekerja di perusahaan luar negeri. Kalian juga akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa selama bekerja di luar negeri.

Walaupun tidsk menutup kemungkinan banyak juga perusahaan swasta yang di dalam negeri juga berminat dengan kemampuan yang kalian miliki.

pxhere.com

Perminyakan Dan Pertambangan

Adapun pilihan pekerjaan lain bagi kalian lulusan sarjana elektro adalah bekerja di perusahaan pertambangan dan perminyakan. Tidak dipungkiri teknik elektro sangat dibutuhkan oleh perusahaan perminyakan dan pertambangan.

Pekerjaan yang bisa kalian lakukan di perusahaan perminyakan dan pertambangan antara lain bidang instrumen enginer dan bidang control. Pada bidang ini kalian akan bisa saja ditugaskan untuk  mengontrol kelistrikan dan lain sebagainya. Mengingat listrik sangat dibutuhkan oleh semua orang termasuk untuk operasional sebauh perusahaan.

Software Developer

Bagi kalian yang senang bereksperimen dan juga membuat sesuatu yang baru. Mungkin pekerjaan yang satu ini cocok untuk kalian.

Pasalnya dengan menjadi software developer kalian akan dituntut mengembangkan perngkat iOT(internet Of Thing). Dimana penggunaan iOT saat ini sudah mulai berkembang dimana-mana tanpa terkecuali di Indonesia.

Dengan iOT tentu akan mempermudah aktifitas ataupun pekerjaan manusia. Untuk menjadi software developer, selain memiliki kemampuan yang baik kalian juga harus memiliki logika serta kreatifitas yang tinggi. Sehingga bisa menghasilkan karya yang berkualitas serta bermanfaat bagi banyak orang.

Manufaktur

Salah satu pilihan pekerjaan bagi kalian lulusan sarjan elektro adalah bekerja di bidang manfaktur. Meskipun tidak hanya lulusan sarjana saja yang bisa bekerja di bidang manufaktur. Hal itulah yang membuat persaingan antar pencari kerja semakin berat.

Pekerjaan yang bisa kalian pada bidang manufaktur antara sebagai enginer, staf personalia, teknisi dan masih banyak lagi posisi lainnya yang bisa kalian tempati.

pxhere.com

Bidang Kelistrikan

Lulusan sarjana elektro tidak asing dnegan yang namanya kelistrikan. Untuk kalian lulusan sarjana elektro sepertinya bidang kelistrikan cocok untuk kalian.

Beberapa perusahaan bidang kelistrikan yang mungkin sesuai dengan kemampuan yang kalian miliki antara lain PLN. Kalian tentu tidak asing dengan perusahaan yang satu ini. Dimana PLN merupakan perusahaan listrik yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Hampir semua kebutuhan listrik yang ada di negara ini, berasal dari PLN. Dengan kemampuan yang kalian miliki sebagai lulusan sarjana elektro, tentu bukan hal yang sulit untuk bisa bergabung dengan PLN.

Di perusahaan ini kalian bisa juga ditempatkan dibagian elektro bahkan bisa juga ditugaskan untuk melakukan pemeliharaan transmisi dan gardu induk. Meskipun tidak menutup kemungkinan kalian bisa ditempatkan pada posisi lain sesuai dengan kompetensi yang kalian punya.

 

 

 

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.