Inilah Caranya Ternak Burung Kenari Paling Sederhana!

Ternak burung kenari bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan. Mengembangbiakkan sendiri dipandang sebagai salah satu upaya menjaga eksistensi burung itu sendiri. Selain itu, berternak sendiri akan menguntungkan dari segi financial.

Di dalam menternakkan burung, ada metode tertentu yang harusnya dipahami. Pahami tentang kapan usia burung siap kawin, kemudian pastikan waktu ideal untuk proses perkawinan burung. Baru kemudian siapkan kandang dan lain sebagainya.

Kesemuanya harus diperhatikan sejak awal. Pertimbangan ini menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam menternakkan burung.

Alasan Menternakkan Burung Kenari

Penggemar kenari tentu memiliki alasan tersendiri kenapa ingin menternakkan sendiri. Alasan ini sebenarnya sangat klasik. Tapi sangat masuk akal. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

unsplash.com
  1. Ingin Menyediakan Kenari Terbaik

Ternak burung kenari ditujukan untuk menghasilkan anakan yang lebih baik lagi. Anakan ini nantinya diharapkan bisa lebih berkualitas. Misalnya diharapkan bisa berkicau lebih bagus dan ngeroll.

Ini menjadi pilihan yang menarik ketimbang harus membelinya sendiri. Membeli sendiri dari orang lain tentunya tidak bisa memastikan apakah yang dibelinya sesuai harapan atau tidak. Kalaupun kenari memiliki kekhasan dan istimewa, biaya yang harus dikeluarkan bisa menguras isi kantong.

  1. Permintaan Pasar Tinggi

Alasan selanjutnya ialah tingginya permintaan akan burung kenari. Ini dibuktikan dengan banyaknya permintaan akan anakan burung kenari di tiap tahunnya. Bahkan terus meningkat seiring dengan banyaknya penghobi dan aktifitas perlombaan.

Menariknya lagi, cukup banyak penggemar baru yang juga ingin memeliharanya. Ini berarti bahwa jumlah kenari ini bisa saja terbatas. Makanya, menternakkan sendiri bisa sedikitnya membantu dalam penyediaan burung untuk penghobi baru.

  1. Harga Jual Menjanjikan

Alasan yang ketiga ini berkaitan langsung dengan keuntungan. Anda yang sukses menyediakan kenari bakalan dicari oleh penggemar burung. Secara tidak langsung, rekening akan terus terisi.

Tak tanggung-tanggung, rekening akan cepat menebal. Pasalnya, harga kenari ini terbilang cukup menjanjikan. Apalagi kenari yang sudah menjadi langganan juara.

Meskipun bukan kenari langganan juara yang dijual, tapi anakan dari langganan juara inilah yang biasanya diincar. Setidaknya, penggemar burung tahu betul bahwa gen dari burung juara akan menular pada anakannya nanti.

pickupimage.com

Tahapan Untuk Menternakkan Kenari

Bila Anda serius menekuni di bidang ini, keuntungan Anda akan berlipat ganda. Selain dijadikan sebagai tempat menyalurkan hobi, ternak kenari juga menjanjikan keuntungan. Anda yang ingin mengembangbiakkannya sendiri bisa melakukannya dengan mempraktekkan hal berikut ini.

  1. Menyediakan Indukan

Poin paling krusial dalam menternakkan burung ialah menyediakan indukan yang siap atau sudah memasuki masa perkawinan. Indukan yang dipilih seharusnya memiliki riwayat yang baik pula seperti memiliki kualitas suara yang unggul serta penampilannya yang menawan.

Anda bisa memulainya dengan sepasang indukan. Indukan yang sudah siap kawin biasanya berusia antara 8-9 bulanan. Dan untuk beberapa jenisnya, ada yang mencapai umur 10 bulanan.

Usahakan untuk menyediakannya yang baru siap kawin. Minimal, ini akan memperpanjang usaha dalam memperbanyak burung. Secara, usianya masih sangat produktif dan bisa berkali-kali untuk bertelur.

  1. Sediakan Kandang Khusus

Kandang khusus untuk proses kawin indukan wajib disediakan. Jangan sampai dicampur dengan komunitasnya. Bisa-bisa, burung akan saling berkelahi sehingga perkawinannya akan terganggu.

Kandang khusus ini hanya digunakan khusus ketika akan menjalani proses perkawinan. Manakala tidak berada di masa kawin, ada baiknya dipindahkan ke kandang seperti biasanya.

Untuk memindahkannya ke kandang khusus, Anda sedari awal perlu memahami kenari yang siap kawin. Kenari yang siap kawin biasanya terlihat dari prilakunya. Misalnya suka menabrak kandangnya, serta bulu atau sayapnya sering berkembang (betina).

Kalau sudah seperti ini, coba dekatkan kenari jantan dan betina dalam satu kandang. Kemudian biarkan proses perkawinannya berjalan.

  1. Waktu Perkawinan

Sebagai peternak, wajib untuk mengetahui waktu yang pas untuk proses perkawinannya. Waktu ideal ini jangan sampai terlewat. Tujuannya agar proses perkawinannya berjalan lebih maksimal.

Waktu terbaik untuk menyatukan indukan adalah pukul 7 sampai 9:30 pagi hari. Sebelum menjodohkannya, usahakan untuk memandikannya terlebih dahulu. Begitu pula, berikan pakan yang berkualitas tinggi.

Jika sudah, Anda tinggal membiarkannya dalam satu kandang yang sama. Proses perkawinan akan berlangsung, kenari betina akan mulai bertelur sebagaimana proses alamiahnya.

Itulah cara yang bisa diterapkan sejak awal. Anda tinggal melakukan berbagai perawatan seperti pemberian pakan, sampai pemeliharaan anakan yang dilahirkan oleh kenari. Perawatan lanjutan ini bisa dilihat di duniakicau.net. Jadi, sudah siap untuk ternak burung kenari saat ini?

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.