Ternak Kambing India

Sudah dengar yang namanya kambing india? Iya kambing india sebenarnya adalah kambing jenis etawa yang saat ini banyak berkembang di Indonesia. Iya kambing etawa yang saat ini banyak diternak oleh masyarakat Indonesia merupakan hasil persilangan antara kambing etawa asal India dengan kambing Kaligesing. Kambing etawa saat ini memang banyak diminati karena memiliki tubuh yang tinggi besar. Kambing India atau kambing etawa memiliki bulu yang halus dengan warna yang cukup variatif. Di Jawa Tengah, kebanyakan kambing etawa bukan dijadikan sebagai kambing bahan konsumsi, namun lebih dijadikan sebagai bintanag peliharaan yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Ciri Khas Kambing India

Kambing India atau yang lebih dikenal dengan kambing etawa memiliki ciri khusus yakni bentuk mukanya agak cembung dengan telinganya yang panjang menggelambir. Tanduk dari kambing jenis ini juga cukup panjang serta ukurannya yang ramping. Adapun kambing jenis ini akan dapat berkembang dengan baik di daerah yang dingin.

Tips Ternak Kambing India

Ternak kambing india sebenarnya bukanlah hal yang sulit, namun harus telaten dalam mengatasi setiap permasalahan yang muncul. Nah jika ditempat Anda memiliki sumber pakan yang berlimpah, maka beternak kambing india akan menjadi sangat mudah mengingat daya tahan tubuh kambing ini yang cukup baik. Adapun beberapa penyakit yang sering muncul pada kambing india adalah penyakit kulit yang cukup mudah diatasi. Iya penyakit kulit pada kambing india dapat diatasi dengan cara dibalur dengan belerang yang ditumbuk dan dicampuri minyak.

Nah yang terpenting selain pakan, dalam berternak kambing india yang wajib diperhatikan adalah kandang. Iya kandang harus dibuat seperti panggung dengan jarak antara lantai dengan panggung sekitar 1 meter, hal ini untuk memudahkan kita dalam menjaga kebersihan kandang. Adapun ukuran kandang yang ideal adalah 4,5 x 20 meter untuk memuat 50 ekor indukan kambing. Sedangkan perbandingan antara jantan dan betina adalah satu jantan untuk 15 betina. Dan yang paling penting adalah upayakan jarak kandang agak jauh dari rumah sehingga baunya tidak mengganggu.

Yono

Leave a Reply

Your email address will not be published.